Kategori: Tips Otomotif

Gunakan 5 Fitur Mobil Ini Saat Musim Hujan

Saat musim hujan, tentu saja kamu harus meningkatkan kewaspadaan ketika hendak berkendara. Sebab, dalam kondisi seperti ini tingkat kecelakaan berlalu lintas biasanya sering terjadi. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi, sebaiknya kamu perlu memahami terlebih dahulu fitur mobil apa saja yang dapat kamu gunakan saat musim hujan sebagai antisipasi.

Apa saja fitur mobil yang dapat digunakan saat musim hujan?

Berkendara saat musim hujan memang memiliki resiko yang lebih besar karena berpotensi membahayakan. Ada banyak faktor yang dapat membahayakan diri kamu saat berkendara, mulai dari jalanan yang licin, jalanan penuh genangan air, dan terbatasnya penglihatan pengendara. Oleh sebab itu, berikut di bawah ini beberapa fitur mobil yang dapat kamu gunakan.

Fog Lamp (Lampu kabut)

Lampu kabut bermanfaat untuk membantu menjaga pandangan kamu saat mengemdi tetap terjaga. Sebab, lampu ini dapat digunakan sebagai pencahayaan ekstra ketika menembus kabut saat hujan. Namun, perlu kamu ketahui bahwa lampu kabut ini membutuhkan arus listrik yang lebih besar jika digunakan terlalu sering.

Defogger (Penghilang embun)

Defogger merupakan fitur pemanas yang berfungsi untuk menghilangkan embun yang menempel di kaca mobil saat hujan, sehingga tidak menghalangi pandangan pengemudi. Biasanya, defogger memiliki dua fungsi, yaitu untuk kaca depan dan kaca belakang. Keduanya memiliki fungsi yang sama sebagai pemberi energi panas.

Traction Control (KontrolTraksi )

Saat musim hujan, fitur traksi kontrol sangat berguna untuk membantu putaran roda tetap terjaga. Sebab, mobil akan lebih mudah mengalami sliding atau spin saat jalanan sedang licin. Fitur ini sangat bermanfaat untuk membantu menstabilkan putaran roda mobil saat mengemudi. Untuk mengetahui lebih dalam, simak artikel mengenai traksi kontrol lebih detail.

Rem Anti lock Braking System (ABS)

Fitur ABS ini merupakan fitur penting yang dapat membantu kamu mengontrol kendali ketika sedang berada dalam kecepatan yang tinggi melewati jalanan yang licin. Rem ABS memiliki peran utama dalam melakukan pengeraman secara mendadak ketika mobil hilang kendali saat digunakan ketika hujan.

Intermittent wiper

Fitur ini berfungsi untuk mengatur wiper dengan jeda waktu beberapa saat, sehingga pengemudi tidak perlu repot-repot mengatur kecepatannya dan menggunakan wiper terus-menerus. Beberapa mobil bahkan telah dilengkapi denga rain sensor. Rain sensor ini akan mengatur kecepatan wiper yang dibutuhkan dengan membaca tingkat intensitas hujan yang turun secara otomatis.

Pos Terbaru

Kesulitan Buka Baut Velg, Hindari dengan 4 Tips Ini!

Baut (lug nut) velg merupakan komponen yang sangat penting walaupun ukurannya terbilang kecil. Baut velg… Read More

3 jam lalu

Perbedaan Poles,Waxing, dan Sealant pada Cat Mobil

Mobil yang ingin tampil kinclong tak cukup jika hanya dicuci saja. Kamu juga bisa melakukan… Read More

1 hari lalu

Ketahui Fungsi Towing Bar Pada Mobil

Towing bar merupakan salah satu aksesoris atau perlengkapan menderek yang digunakan beberapa orang untuk pemilik… Read More

2 hari lalu

Jenis-Jenis Antena Mobil yang Beredar di Pasaran

Antena mobil digunakan untuk menangkap sinyal pada perangkat elektronik yang berada di dalam mobil, seperti… Read More

3 hari lalu

“Ingat Velg, Ingat HSR” Official Theme Song HSR Wheel

HSR Wheel telah meluncurkan official theme song-nya yang berjudul “Ingat Velg, Ingat HSR”. Lagu ini… Read More

4 hari lalu

Cairan Water Repellent, Bikin Kaca Mobil Lebih Jelas Saat Hujan

Kaca mobil merupakan salah satu komponen penting penunjang keselamatan saat berkendara. Sebab, hal ini sangat… Read More

5 hari lalu