Tips Otomotif

Gurah Mesin Mobil Apakah Aman Untuk Mobil Avanza?

Gurah Mesin Mobil – Apa yang kamu rasakan saat mobil Avanzamu sudah tidak bisa berlari kencang dan suara mesin menjadi kasar? Mungkin kamu akan merasa cemas saat performa mesinnya mulai turun. Lalu apakah perlu turun mesin untuk mengembalikan performa mobil Avanzamu?

Jawabannya tidak perlu karena kamu bisa membersihkan kotoran-kotoran yang ada di dalam mesin mobil menggunakan gurah mesin mobil dan harganya lebih terjangkau. Apakah aman menggunakan gurah mesin mobil untuk mobil Avanza?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas lebih lanjut, HSR Wheel akan menjelaskan beberapa poin, seperti:

  • Pengertian Gurah Mesin Mobil
  • Alasan Kenapa Perlu Melakukan Gurah Mesin Mobil
  • Resiko Dari Gurah Mesin Mobil

Simak ulasan di bawah ini sampai selesai, ya sobat HSR !

Baca Juga: Ini Dia Cara Membersihkan Kerak Piston

Pengertian Gurah Mesin Mobil

Apabila kamu terus menerus menggunakan kendaraanmu namun tidak melakukan perawatan, otomatis performanya akan mulai menurun. Akibatnya RPM mobil tidak stabil bahkan sampai tidak bertenaga dan tarikan gas mobil semakin berat. Oleh karena itu, perlu suatu inovasi untuk meningkatkan performa mobil yang sudah mulai menurun. Salah satunya dengan menggunakan gurah mesin mobil.

Gurah mesin mobil atau carbon cleaner engine adalah inovasi terbaru dari segi perawatan mobil. Gurah mesin mobil bermanfaat untuk mengembalikan performa mesin yang sudah mulai melemah agar bisa responsif kembali. Secara umum gurah mesin mobil berfungsi untuk membersihkan tumpukan deposito karbon yang berasal dari sisa-sisa pembakaran untuk di dorong keluar. 

Alasan Kenapa Perlu Menggunakan Gurah Mesin Mobil Untuk Kendaraanmu?

Menggunakan gurah mesin mobil dapat mengembalikan performa mesin yang sudah mulai melemah. Penyebab dari melemahnya mesin karena adanya endapan lumpur serta kotoran lain yang menempel di dalam ruang mesin. Sehingga membuat mesin mobil ngelitik

Misalnya mobil Avanza 2020 yang berkode 1.3L 1NR-VE dengan kompresi 11,5 disarankan menggunakan BBM yang memiliki kandungan oktan 92 (pertalite). Namun, apabila Avanzamu menggunakan BBM dengan kandungan oktan lebih rendah mengakibatkan terjadinya sisa-sisa pembakaran yang menumpuk pada mesin mobil.

Selain itu, sering terjebak macet juga dapat menyebabkan penumpukan kerak karbon. Oleh karena itu, diperlukannya solusi untuk mengatasi permasalahan di atas, yaitu dengan menggunakan gurah mesin mobil tanpa harus turun mesin.

Kotoran-kotoran yang mengendap di dalam ruang bakar akan didorong keluar sehingga tumpukan karbon akan hilang. Dengan begitu, tenaga mesin mobilmu akan meningkat kembali. Proses gurah mesin mobil akan semakin optimal jika kamu juga mengganti oli mesin.

Baca Juga: Inilah 5 Cairan Pembersih Mesin Mobil

Resiko Dari Gurah Mesin Mobil

Meski gurah mesin mobil bermanfaat untuk membersihkan endapan yang ada di dalam ruang bakar. Namun, bukan berarti gurah mesin mobil ini aman digunakan kapan saja ya! Berikut ini resiko gurah mesin mobil yang harus kamu tahu.

1. Dapat Merusak Mesin

Gurah mesin mobil dapat merusak mesin mobil jika kamu memilih cairan yang sudah tidak layak digunakan. Sebab cairan gurah mesin mobil memiliki potensi untuk terkontaminasi dan mengandung amonia yang membahayakan untuk kendaraanmu.

Ketika amonia menempel pada ruang bakar maka bisa mengakibatkan terjadinya kebakaran dan merusak mesin kendaraan.

2. Menyebabkan Korosi

Apabila terlalu sering menggunakan gurah mesin mobil maka bisa menyebabkan terjadinya korosi. Terutama saat proses pembersihan tidak dilakukan secara sempurna. Oleh karena itu, kamu harus memastikan bahwa proses pembersihan dilakukan secara sempurna ya!

Sekarang kamu sudah tahu jawaban mengenai gurah mesin mobil apakah aman untuk mobil Avanzamu? Selain itu, kamu juga sudah tahu resiko penggunaan gurah mesin mobil. Biaya gurah mesin mobil diperkirakan sekitar Rp 275.000. Tentunya setiap bengkel mematok harga yang berbeda-beda.

Baca Juga: Penyebab Mesin Mobil Tidak Bertenaga, Cek 4 Komponen Ini!

 

Artikel Terbaru

Simak Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Online!

Plat nomor kendaraan merupakan identitas bagi setiap pemilik kendaraan. Dengan adanya nomor polisi atau plat… Selengkapnya

7 Juli 2022

Ini Dia, Cara Ganti Plat Mobil 5 Tahunan & Biayanya!

Plat nomor atau nomor polisi merupakan suatu identitas atas kepemilikan dari suatu kendaraan. Fungsi utamanya… Selengkapnya

7 Juli 2022

6 Cara Beli Mobil Online Yang Perlu Kamu Tahu

Seiring berkembangnya teknologi, membeli mobil sudah dapat dilakukan secara online. Pembeli tidak perlu datang langsung… Selengkapnya

6 Juli 2022

5 Perbedaan Oli Motor dan Mobil, Simak Ya!

Pada dunia otomotif, oli mobil dan motor seringkali disamakan. Padahal kedua zat cair tersebut jelas-jelas… Selengkapnya

5 Juli 2022

5 Penyebab Mobil Terbakar Saat Parkir

Penyebab mobil terbakar terdiri dari berbagai faktor. Salah satu penyebabnya karena korsleting listrik. Misalnya karena… Selengkapnya

5 Juli 2022

Gimana Sih Tips Memilih Ban Mobil Agar Awet & Nyaman?

Tips memilih ban mobil yang sesuai dengan jenis kendaraan merupakan sesuatu yang penting. Hal ini… Selengkapnya

4 Juli 2022