Horsepower: Pengertian dan Cara Kerjanya

Pengertian Horsepower dan cara kerjanya

Horsepower adalah salah satu spesifikasi penting dalam suatu kendaraan. Istilah ini sering kali muncul ketika orang-orang hendak ingin membeli sebuah mobil. Istilah ini merupakan suatu istilah yang sering digunakan oleh kebanyakan orang-orang untuk mengetahui performa dan laju kendaraan. Dengan begitu kamu akan bisa mempertimbangkan apakah kendaraan tersebut sesuai dengan kebutuhanmu atau tidak.

Pada artikel kali ini kamu akan diajak untuk memahami apa itu horsepower, bagaimana cara kerjanya, dan apakah horsepower sama dengan torsi. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, simak artikel di bawah ini sampai habis ya teman-teman HSR Wheel!

Baca Juga: Transmisi Otomatis Mobil: Definisi, Jenis-Jenis, Fungsi, & Cara Kerjanya

Pengertian Horsepower

Definisi Horsepower
Definisi Horsepower

Horsepower atau tenaga kuda adalah suatu istilah yang sering digunakan untuk mengetahui performa mobil dan laju kendaraan. Semakin tinggi nilai horsepower maka semakin tangguh mobil tersebut. Saat kamu ingin membeli sebuah mobil, penting sekali untuk mengetahui horsepower dari mobil tersebut. Tujuannya untuk mempertimbangkan performa mobil tersebut sudah sesuai belum dengan kebutuhan kamu.

Berdasarkan data dari wikipedia, 1 horsepower mempunyai kekuatan sebesar 735,5-745,7 watt. Tenaga ini berfungsi agar kendaraan bisa tetap melaju meskipun beban yang pikul semakin berat. Sehingga kegiatan bisa dilakukan dengan lancar.

Cara Kerja Horsepower

Cara kerja horsepower
Cara kerja horsepower

Setelah kamu mengetahui definisi horsepower, pada bagian ini kamu akan belajar tentang cara kerja dari horsepower atau tenaga kuda. Ketika mobil kamu melaju. horsepower akan bekerja untuk menentukan tingkat kecepatan kendaraan tersebut agar sesuai dengan mesin.

Tenaga horsepower baru akan muncul ketika mesin kendaraan sudah dihidupkan dan mobil sudah melaju. Semakin cepat laju kendaraan maka tenaga kuda yang diperlukan akan semakin besar juga. Lantas apakah horsepower sama dengan torsi? pada sub bagian berikutnya kamu akan diajak untuk mengetahui perbedaan antara torsi dan horsepower.

Perbedaan Tower dan Horsepower

Horsepower dan torsi merupakan dua istilah yang berbeda. Namun seringkali banyak orang yang menyamakan kedua istilah tersebut. Padahal dari pengertian maupun cara kerjanya saja sudah berbeda. Meskipun keduanya saling berhubungan satu sama lain.

Horsepower merupakan tenaga yang dikeluarkan oleh mesin kendaraan agar bisa mencapai kecepatan tinggi. Sedangkan torsi merupakan gaya yang dikeluarkan oleh mesin mobil yang berperan untuk memutar suatu mobil agar bisa bergerak. Semakin besar torsi maka akan semakin cepat laju kendaraan tersebut.

Horsepower biasanya bekerja setelah torsi selesai melakukan perannya. Torsi berperan memberikan dorongan kepada suatu kendaraan agar bisa bergerak. Ketika ruang bakar mesin terjadi pembakaran dan mobil dalam keadaan idle (diam), kendaraan tersebut akan tetap menghasilkan gaya yang didapatkan dari roda belakang. Sehingga mobil dapat bergerak dan setelah itu akan muncul tenaga yang dihasilkan oleh horsepower untuk kecepatan tertentu.

Penutup

Berdasarkan artikel di atas dapat disimpulkan bahwa horsepower merupakan suatu istilah yang digunakan untuk mengetahui performa mobil dan laju kendaraan. Komponen ini memiliki pengaruh besar dalam menentukan performa dan kecepatan laju kendaraan.

Sehingga pemilik kendaraan perlu memperhatikan dengan baik agar  mobil yang dibeli sesuai kebutuhan kamu. Horsepower berbeda dengan torsi meski keduanya saling berhubungan. Horsepower biasanya bekerja setelah torsi bekerja terlebih dahulu.

 

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan