Ingat, Ganti 5 Suku Cadang Mobil Ini Secara Berkala

Setiap pemilik mobil, idealnya harus rutin melakukan servis berkala agar kondisi mobil tetap prima dan sehat. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kerusakan-kerusakan yang terjadi saat digunakan. Apalagi mobil tersebut sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Selain itu, ada beberapa suku cadang atau spare part mobil yang juga harus rutin diganti secara berkala. Sebab, jika tidak dilakukan hal ini akan merusak komponen-komponen tertentu dan menganggu tingkat kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

Ganti Suku Cadang Mobil Ini Secara Berkala

Ada beberapa suku cadang yang harus diganti secara rutin dan berkala. Sebab, terkadang suku cadang yang harus diganti bisa berdasarkan masa pakai, penggunaan sehari-hari, dan yang lainnya. Simak penjelasannya, apa saja suku cadang yang harus diganti berkala.

Kampas Rem

Kampas rem merupakan komponen yang wajib diganti secara berkala. Sebab, hal ini berkaitan dengan sistem pengereman. Kampas rem harus segera diganti jika sudah aus ataupun tipis. Kamu harus mengganti kampas rem jika terdengar bunyi decitan saat mengerem mobil, pedal rem terasa lebih dalam dari sebelumnya saat diinjak, dan melihat volume ketinggian minyak rem.

Busi

Busi merupakan suku cadang mobil yang memiliki fungsi yang cukup penting dalam sebuah mobil. Sebab, jika busi telah kotor maka akan sulit menyalakan api pada ruang pemantik atau pembakaran pada mesin. Akibatnya, kinerja mesin terganggu dan mempengaruhi penggunaan bahan bakar kendaraan menjadi lebih boros akibat kurang optimalnya pembakaran. Biasanya, kamu harus mengganti busi setiap pemakaian mobil 20.000 kilometer.

Filter Oli

Oli memiliki fungsi untuk melumasi antargesekan setiap komponen yang berada pada bagian dalam kendaaraan saat mesin dihidupkan. Sedangkan, filter oli berfungsi untuk menyaring kotoran yang ditimbulkan dari gesekan antar komponen sebelum disalurkan ke seluruh bagian mesin. Filter oli termasuk suku cadang yang harus rutin diganti, apalagi jika sering digunakan sehari-hari. Biasanya, direkomendasikan untuk mengganti filter oli berdasarkan kilometer. Umumnya, kamu harus mengganti di 10.000 kilometer untuk mobil lama, dan 1000 meter untuk mobil baru yang pertama kali dipakai.

Filter Udara

Filter udara merupakan salah satu suku cadang yang wajib diganti berdasarkan kilometer. Filter udara berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran udara di sekitar untuk masuk ke ruang bakar. Sebab, jika filter udara ini kotor akan menyebabkan pemakaian bahan bakar menjadi lebih boros dan membuat mobil menjadi tidak bertenaga. Direkomendasikan untuk mengganti setiap 40.000 kilometer atau tergantung penggunaan mobil, apakah sering melintasi jalanan berdebu atau tidak.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan