Ingin Ganti Wiper? Perhatikan Dulu 4 Hal Ini

wiper1

Wiper adalah komponen yang sangat penting dalam menunjang visibilitas pengemudi, apalagi ketika berkendara dalam cuaca hujan. Tentu saja peran wiper semakin diandalkan. Selain itu, wiper juga digunakan untuk membersihkan kotoran yang mengganggu pandangan dan menempel di kaca. Walaupun wiper berukuran kecil, perannya sangat penting untuk keselamatan.

Oleh sebab itu, jika wiper tidak berfungsi dengan baik maka kamu sangat dianjurkan untuk segera ganti wiper dengan unit yang baru. Kamu juga akan menemukan berbagai macam merek wiper untuk mobil kesayangan kamu. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk ganti wiper, penting bagi kamu untuk memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

Perhatikan 4 Hal Ini Saat Ganti Wiper

ganti wiper

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli wiper baru. Simak uraiannya di bawah ini .

Ukuran Wiper

Setiap mobil memiliki ukuran wiper yang berbeda-beda. Maka, kamu harus memastikan terlebih dahulu ukuran wiper mobil yang akan kamu gunakan. Kamu bisa mencocokan panjang wiper lama dengan yang baru. Sebab, salah memilih ukuran wiper akan berdampak pada kerusakan pada bagian dynamo wiper dan komponen lainnya di sekitaran wiper.  

Berat Wiper

Walaupun terlihat sepele, berat wiper juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Sebab, berat wiper dapat mempengaruhi beban kerja di motor wiper jika ternyata beratnya tidak serupa dengan yang lama. Pastikan kamu menggunakan wiper yang beratnya sama atau lebih ringan dari sebelumnya.

Karet Wiper

Jika ukuran dan berat wiper sudah sesuai, kamu juga harus memperhatikan karet wiper agar mendapatkan wiper yang kualitasnya baik. Pastikan permukaan dan ketebalan karet wiper rata dengan tekstur yang cukup halus dan kesat.

Kerangka Wiper

Untuk mencegah kecacatan atau kesalahan saat membeli wiper, kamu bisa memperhatikan secara seksama kerangka wiper terlebih dahulu sebelum terburu-buru membelinya. Sebab, wiper yang cacat atau mengalami kerusakan akan ditandai dengan bengkoknya kerangka pada wiper.

Mengganti wiper memang dibutuhkan ketelitian sebelum benar-benar memutuskan untuk membelinya. Apalagi jika kamu membeli wiper secara online. Akan tetapi, hal-hal di atas juga sangat penting dilakukan jika kamu membeli wiper dengan cara datang langsung ke toko. Sebab, kamu bisa melakukan tes produk dan memastikan wiper akan terpasang dengan baik pada mobil.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan