Ingin Kredit Mobil? Coba Aturan 20-4-10

Kredit mobil

Mobil merupakan salah satu kebutuhan bagi sebagian orang. Selain sebagai alat kebutuhan transportasi, mobil juga bisa dijadikan sebagai investasi, seperti direntalkan ataupun bisa dijadikan sebagai taksi online. Namun, membeli satu unit mobil tidak semurah dengan membeli satu unit motor. Butuh biaya besar untuk mendapatkan satu unit mobil baru atau bekas.

Meski harganya cukup tinggi, tapi tenang saja karena kamu masih bisa memilikinya dengan cara kredit. Tidak ada yang salah dengan kredit mobil. Apabila itu, bisa meningkatkan produktivitas kamu atau bahkan bisa menjadi sumber penghasilan utama maupun tambahan. Kamu bisa menggunakan metode 20-4-10. Aturan ini digunakan agar tidak memberatkan kamu dalam menyicilnya setiap bulan. Lalu Apa itu aturan 20 4 10?

Kali ini HSR Wheel akan membahas mengenai skema kredit menggunakan aturan 20 4 10. Untuk mengentahui lebih jelasnya. Simak ulasan di bawah ini sampai selesai ya!

Baca Juga: Jual Mobil Over Kredit, 4 Hal Ini Perlu Kamu Perhatikan

Metode Kredit Mobil 20 4 10

Sebelum kredit mobil, kamu harus memilih mobil yang sesuai dengan keadaan kondisi keuangan. Jangan sampai, kamu memilih mobil yang cicilannya melebihi pendapatanmu perbulannya. Nah, kamu bisa menggunakan aturan 20 4 10 dalam kredit suatu barang. Aturan 20 4 10 adalah suatu metode budgeting yang bisa kamu gunakan saat kamu kredit suatu barang. Berikut ini aturannya!

Down Payment (DP) 20%

Ketika kamu kredit mobil baru atau bekas. Usahakan untuk mengambil DP 20 persen atau bahkan lebih. Karena semakin besar DP yang kamu bayarkan maka cicilan bisa lebih murah atau lebih cepat selesainya. Contohnya: Ketika kamu mengambil mobil seharga 150 juta. Kamu bisa membayar uang muka atau DP sebesar 20 persen dari Rp 150 juta, yakni Rp 30 juta atau bahkan lebih.

Cicil Maksimal 4 Tahun

Dalam mengambil kredit kendaraan, sebaiknya mengambil dalam jangka waktu 4 tahun. Karena semakin lama jangka waktu yang kamu ambil, harga mobilnya akan semakin mahal. Meski, biaya cicilan lebih murah. Dan kamu harus ingat bahwa mobil adalah tipe aset yang nilainya akan turun setiap tahunnya.

Mengambil kredit dalam waktu yang pendek juga bisa membebaskan pikiranmu dari cicilan per bulan. Selain itu, kamu juga bisa bebas menjual mobil, tukar tambah, atau melakukan apapun terhadap mobil tersebut.

10 Persen Dari Penghasilan

Dalam kredit mobil, selain memikirkan cicilan per bulannya. Kamu juga harus memikirkan mengenai biaya perawatan dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kamu harus memastikan biaya untuk mobilmu tidak melebihi 10 persen dari total pendapatanmu. Apabila melebihi, kamu akan kesulitan untuk menabung setiap bulannya.

Kapan Aturan 20 4 10 Digunakan?

Aturan ini seharusnya digunakan saat kamu menginginkan mobil baru dalam waktu yang cepat.

Nah, itu dia aturan kredit mobil 20 4 10. Aturan ini berguna sekali bagi kamu yang ingin memiliki mobil namun juga ingin tetap menabung setiap bulannya.

Baca Juga: 5 Mobil yang Cocok untuk Wanita

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan