Ini Dia 3 Tips Merawat Mobil Saat Musim Kemarau

Pada dasarnya, merawat mobil saat musim kemarau dapat dikatakan relatif lebih mudah. Oleh karena itu, banyak orang yang menyepelekannya. Padahal, jika kamu tidak merawatnya maka dapat menimbulkan masalah untuk mobil kamu.

Masalah Mobil Saat Musim Kemarau

Masalah Mobil Saat Musim KemarauAda beberapa masalah yang biasanya terjadi pada mobil kamu saat musim kemarau tiba. Nah, berikut ini penjelasannya.

Kinerja Aki Menjadi Lebih Berat

Pada saat musim kemarau, kinerja aki mobil menjadi lebih berat. Hal tersebut tentunya membuat aki menjadi lebih cepat aus atau mengalami kerusakan. Ini biasanya disebabkan karena pada saat musim kemarau, AC mobil akan bekerja lebih sering sehingga membutuhkan banyak tenaga dari aki.

Filter Udara Mesin

Jalan yang berdebu membuat filter udara pada mesin bekerja lebih keras. Nah, ketika filter udara terus menerus menyaring udara yang berdebu maka akan menumpuk dan berubah menjadi kotoran. Dengan demikian, kamu perlu melakukan pembersihan kembali secara maksimal.

Eksterior Mobil Cepat Rusak

Cat mobil yang terlalu lama dan sering terkena sinar matahari langsung, maka akan membuat eksterior mobil menjadi kusam dan mengelupas. Sinar matahari juga bisa membuat komponen lain seperti karet pada pintu atau wipers lama kelamaan akan aus dan rontok.

Tips Merawat Mobil Saat Musim Kemarau

Setelah mengetahui beberapa masalah yang sering terjadi pada saat musim kemarau, kamu perlu untuk mengetahui bagaimana cara merawat mobil yang tepat khususnya ketika memasuki musim kemarau. Berikut ini penjelasannya.

Parkir di Tempat Teduh

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, jika mobil kamu terlalu lama terpapar sinar matahari maka dapat membuat eksterior mobil menjadi kusam. Dengan demikian, sebisa mungkin kamu mencari tempat teduh untuk memarkir mobil. 

Periksa Kondisi Ban

Pastikan jika ukiran pada ban terlihat jelas dan cukup dalam. Jika ban mobil kamu sudah gundul atau aus, maka kamu perlu menggantinya dengan yang baru. Sebab, hal tersebut bertujuan agar cengkraman ban pada aspal tetap bisa menggigit. Jika tidak diganti, maka bisa menyebabkan potensi kecelakaan.

Bersihkan Filter Udara

Pada dasarnya, filter udara sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin. Jika filter udara kotor, maka segera bersihkan agar pasokan udara ke mesin tidak tersumbat kotoran. Termasuk juga pada selang, belt, wiper, dan rem juga perlu kamu periksa secara berkala sehingga kinerjanya tetap maksimal.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan