Ini Dia 5 Persiapan Mobil Saat Musim Hujan

Pada saat musim hujan, terdapat sejumlah persiapan yang perlu dilakukan pada mobil kamu. Hal tersebut disebabkan karena berkendara saat hujan tentu memiliki resiko yang lebih tinggi dibandingkan berkendara pada musim panas. 

Apa Saja Persiapan Mobil Saat Menghadapi Musim Hujan?

Nah ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk melakukan persiapan mobil saat musim hujan agar semua komponennya bisa berjalan secara maksimal. Nah berikut ini penjelasannya.

Baterai dan Kaki-Kaki MobilBaterai dan Kaki-Kaki Mobil Untuk Persiapan Saat Musim Hujan

Komponen ini merupakan salah satu bagian penting yang tidak boleh kamu lewatkan saat musim penghujan tiba. Hal ini dikarenakan baterai akan bekerja lebih banyak seperti untuk menggerakan wiper, radio, AC, lampu depan maupun lampu belakang.

Selain itu, kamu juga perlu memeriksa bagian kaki-kaki mobil. Termasuk pada bagian ban. Sebab, pada saat musim penghujan maka kondisi jalan bisa dikatakan lebih licin. Dengan demikian, kamu perlu memperhatikannya dengan baik sehingga meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Wiper Mobil

Wiper Kendaraan Roda EmpatPada saat musim hujan, wiper memiliki peranan yang sangat penting bagi pengendara. Maka dari itu, kamu perlu memeriksa pada wiper kaca depan mobil kamu. Nah jika kondisi wiper rusak, maka kamu harus menggantinya.

Rem Mobil

Rem MobilSelain itu, kamu juga perlu melakukan pengecekan pada rem mobil. Sebab, komponen rem wajib diperiksa secara berkala agar tetap aman saat berkendara. Kamu perlu memeriksa apakah kondisi kampas rem butuh diganti atau tidak. Jika memang kondisinya tidak baik, maka kamu perlu menggantinya dengan segera.

Periksa Sistem Kelistrikan Mobil

Periksa Sistem Kelistrikan MobilKelistrikan pada mobil merupakan bagian yang bisa dikatakan sensitif jika terkena air. Sebab, dapat menyebabkan terjadinya korsleting pada mobil. Nah untuk menghindari hal tersebut, lebih baik kamu memeriksa kondisi kabel-kabel pada mesin mobil tersebut. Apabila terkelupas, maka kamu perlu memperbaikinya.

Lampu Mobil

Lampu Kendaraan Roda EmpatLampu merupakan komponen penting untuk membantu penglihatan pengemudi. Apalagi, jika sedang mengendarai mobil pada saat hujan deras. Pastikan seluruh lampu kendaraan, baik depan maupun belakang berada dalam kondisi baik. Sebab, saat hujan deras maka keterbatasan jarak pandang menjadikan peran lampu sangat penting bagi pengendara.

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan