Kategori: Tips Otomotif

Ini Dia 5 Persiapan Mobil Saat Menghadapi Musim Hujan

Pada saat musim hujan, terdapat sejumlah persiapan yang perlu dilakukan pada mobil kamu. Hal tersebut disebabkan karena berkendara saat hujan tentu memiliki resiko yang lebih tinggi dibandingkan berkendara pada musim panas.

Apa Saja Persiapan Mobil Saat Menghadapi Musim Hujan?

Nah ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk melakukan persiapan mobil saat musim hujan agar semua komponennya bisa berjalan secara maksimal. Nah berikut ini penjelasannya.

Baterai dan Kaki-Kaki Mobil

Komponen ini merupakan salah satu bagian penting yang tidak boleh kamu lewatkan saat musim penghujan tiba. Hal ini dikarenakan baterai akan bekerja lebih banyak seperti untuk menggerakan wiper, radio, AC, lampu depan maupun lampu belakang.

Selain itu, kamu juga perlu memeriksa bagian kaki-kaki mobil. Termasuk pada bagian ban. Sebab, pada saat musim penghujan maka kondisi jalan bisa dikatakan lebih licin. Dengan demikian, kamu perlu memperhatikannya dengan baik sehingga meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Wiper Mobil

Pada saat musim hujan, wiper memiliki peranan yang sangat penting bagi pengendara. Maka dari itu, kamu perlu memeriksa pada wiper kaca depan mobil kamu. Nah jika kondisi wiper rusak, maka kamu harus menggantinya.

Rem Mobil

Selain itu, kamu juga perlu melakukan pengecekan pada rem mobil. Sebab, komponen rem wajib diperiksa secara berkala agar tetap aman saat berkendara. Kamu perlu memeriksa apakah kondisi kampas rem butuh diganti atau tidak. Jika memang kondisinya tidak baik, maka kamu perlu menggantinya dengan segera.

Periksa Sistem Kelistrikan Mobil

Kelistrikan pada mobil merupakan bagian yang bisa dikatakan sensitif jika terkena air. Sebab, dapat menyebabkan terjadinya korsleting pada mobil. Nah untuk menghindari hal tersebut, lebih baik kamu memeriksa kondisi kabel-kabel pada mesin mobil tersebut. Apabila terkelupas, maka kamu perlu memperbaikinya.

Lampu Mobil

Lampu merupakan komponen penting untuk membantu penglihatan pengemudi. Apalagi, jika sedang mengendarai mobil pada saat hujan deras. Pastikan seluruh lampu kendaraan, baik depan maupun belakang berada dalam kondisi baik. Sebab, saat hujan deras maka keterbatasan jarak pandang menjadikan peran lampu sangat penting bagi pengendara.

Pos Terbaru

Isi Air Radiator, Lebih Baik dengan Apa?

Ketika mengisi air radiator mobil, maka tak jarang banyak orang yang menggunakan cairan khusus atau… Read More

2 hari ago

Mau Tampil Sporty? Inilah Tips Modifikasi Honda City!

Sebelum melakukan modifikasi Honda City, biasanya kamu akan mencari berbagai referensi berkaitan dengan hal itu.… Read More

3 hari ago

Tarif Pajak Plat Nomor Cantik Terbaru

Saat di jalan raya, kamu pasti pernah melihat atau menginginkan plat nomor cantik dengan angka… Read More

5 hari ago

Ayla Modifikasi, Berani Tampil Beda di Kelas LCGC!

Pada dasarnya, Ayla modifikasi sering kali menjadi pilihan yang tepat untuk membuat tampilan mobil LCGC… Read More

5 hari ago

Bengkel Modifikasi Mobil

Melakukan modifikasi sangat lazim dilakukan oleh para pecinta mobil. Selain bertujuan untuk keindahan atau estetika,… Read More

6 hari ago

Inilah 4 Tips Memilih Tempat Kursus Setir Mobil!

Pada dasarnya, kamu tidak bisa sembarangan dalam memilih tempat kursus setir mobil. Apalagi, kamu perlu… Read More

6 hari ago