Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED Pada Mobil

Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED Pada Mobil

Lampu depan mobil merupakan bagian terpenting di setiap kendaraan yang berperan untuk menerangi kendaraan saat terutama pada malam hari. Seiring dengan berkembangnya zaman, lampu depan mobil semakin berkembang, mobil keluaran dahulu kebanyakan menggunakan lampu halogen.

Namun, untuk mobil keluaran sekarang lebih banyak menggunakan lampu LED. Lampu Light-emitting Diode (LED) merupakan lampu semikonduktor yang bisa memancarkan cahaya saat ada arus listrik. Lampu LED diinilai lebih unggul daripada lampu halogen. Berikut ini kelebihan dan kekurangan lampu LED. Simak artikel di bawah ini sampai habis teman-teman HSR Wheel!

Baca Juga: 5 Penyebab Relay Lampu Mobil Panas

Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED

Lampu LED merupakan komponen elektronik yang dapat menebarkan cahaya monokromatik saat ada tegangan listrik. Lampu ini banyak dijumpai pada mobil-mobil modern, baik sebagai lampu depan (headlamp), foglamp, maupun lampu belakang, dan kabin. Sebab lampu LED dinilai memiliki beberapa kelebihan dibanding dengan lampu halogen.

Kelebihan Lampu LED

Berikut ini kelebihan dari lampu LED:

1. Cahaya Lampu Dinilai Lebih Terang

Kelebihan lampu Light-emitting Diode (LED) yang pertama dilihat dari cahaya lampunya. Lampu ini dinilai lima puluh persen lebih terang cahayanya dibanding dengan lampu halogen. Sehingga dengan menggunakan lampu LED sangat membantu penglihatan pengemudi terutama di malam hari.

2. Lebih Hemat Daya

Kelebihan kedua dari lampu LED adalah lebih hemat daya. Sebab lampu LED tidak terlalu membutuh aliran listrik dalam jumlah banyak dibanding dengan lampu halogen.

Pada umumnya lampu halogen cukup menguras aliran listrik yang dihasilkan dari alternator. Sementara lampu LED lebih sedikit menghabiskan aliran daya listrik, semakin kecil aliran daya yang dihasilkan maka akan menjadi lebih stabil.

3. Lebih Tahan Lama

Kelebihan lampu LED yang ketiga adalah usia pakainya lebih tahan lama daripada lampu halogen. Biasanya lampu LED bisa bertahan sampai 5 tahun atau lebih. Bahkan banyak produsen aftermarket yang memberi jaminan tahan hingga 50 ribu jam pemakaian.

4. Dimensi Lampunya Terlihat Lebih Kompak

Kelebihan lampu LED selanjutnya adalah terlihat dari dimensi lampu kendaraan yang terlihat lebih kompak dibandingkan halogen.  Hal ini akan berpengaruh pada desain lampu pada mobil modern yang terlihat lebih cantik dan menawan.

Selain memiliki kelebihan, lampu LED juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini kekurangan dari lampu LED. Simak informasi di bawah ini sampai habis ya!

Kekurangan Lampu LED

Selain memiliki keunggulan, menggunakan lampu LED juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini kekurangan dari lampu LED. Simak informasi di bawah ini sampai habis ya!

1. Harga Lampu LED Mahal

Kekurangan pertama dari lampu LED adalah harganya lebih mahal daripada lampu halogen. Harga lampu halogen ukuran H4 yang kapasitasnya 60 watt Rp 30.000 sampai Rp 40.000 per pcs.  Sedangkan untuk harga lampu LED dengan ukuran dan kapasitas yang sama bisa mencapai Rp 100.000 per pcs.

Apabila kamu menginginkan pencahayaan yang terang untuk mobil kamu, maka lampu LED menjadi solusinya. Namun, jika kamu ingin harganya yang murah maka lampu halogen solusinya.

2. Pencahayaan Kurang Begitu Optimal Saat Hujan

Kekurangan kedua dari lampu halogen adalah pencahayaan yang kurang begitu optimal saat hujan. Meskipun banyak yang bilang bahwa lampu LED pada mobil memiliki kelebihan ketika melalui kabut. Namun, banyak yang bilang bahwa ini juga merupakan kekurangannya. Sebab cahaya yang dihasilkan lampu LED mobil lebih putih. Sehingga agak bisa digunakan saat hujan datang.

Sementara pencahayaan lampu halogen menghasilkan warna yang lebih kuning. Oleh sebab itu, pencahayaan lampu LED kurang dapat diandalkan saat hujan lebat. Bahkan pencahayaan lampu LED sering menyatu dengan air hujan di jalan. Hal ini tentu berbeda dengan lampu halogen yang akan lebih terang saat digunakan pada malam hari sewaktu hujan.

3. Panas Pada Bagian Dalam

Kekurangan lampu LED yang ketiga adalah panas pada bagian mesin atau dekat dengan kabel. Sementara lampu halogen, panasnya terletak pada bagian kaca yang melindungi kawat. Oleh sebab itu, beberapa produsen menyediakan heatsink atau fan yang digunakan sebagai pendingin agar lampu tidak mudah rusak

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas dapat disimpulkan bahwa lampu LED merupakan salah satu lampu yang bisa digunakan pada mobil kamu. Sebab lampu ini memiliki pencahayaan yang lebih terang dan lebih hemat daya. Meskipun harga lampu LED dinilai lebih mahal dari lampu bohlam.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan