Berita Otomotif

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Mobil Taruna!

Mobil Taruna merupakan salah satu jenis mobil SUV yang diproduksi oleh perusahaan Daihatsu dan diperkenalkan pertama kali pada tahun 1999. Mobil ini, pernah menjadi andalan bagi masyarakat Indonesia. Daihatsu Taruna merupakan mobil penerus dari Daihatsu Feroza yang telah mengalami banyak perubahan dari segi desain interior, eksterior maupun mesin.

Pada bagian eksterior, Daihatsu Taruna memiliki penampilan yang cukup ganteng. Sehingga membuat banyak orang memburu mobil yang satu ini. Meski tergolong mobil kuno namun untuk bagian interior, tidak kalah jauh dengan mobil-mobil masa kini. Mobil ini memiliki berbagai tipe, seperti tipe CL, CX, CSX, CSR, FL, FX, FGX, FGZ dan Oxxy. Berikut ini kelebihan dan kekurangan Daihatsu Taruna yang wajib kamu tahu, sebelum memutuskan untuk membeli mobil ini!

Baca Juga: Kelebihan Dan Kekurangan Jazz 2005 Yang Wajib Kamu Tahu!

Kelebihan Mobil Daihatsu Taruna

1. Performa Mesin

Meski tergolong mobil jadul namun untuk performa mesinnya masih bisa diandalkan untuk berpergian jarak jauh maupun untuk berpetualang. Daihatsu Taruna memiliki 3 jenis mesin. Tipe pertama adalah tipe 1.6 liter karburator HD-Cr yang mempunyai tenaga maksimal sebesar 94 Hp atau setara dengan 5700 rpm. Sementara untuk torsi 127 Nm, setara dengan 4800 rpm.

Tipe kedua adalah tipe 1.6 liter injeksi HD-E yang mempunyai tenaga maksimal sebesar 103 Hp atau setara dengan 6000 rpm dan untuk torsinya sebesar 134 Nm atau setara 4.800 rpm. Tipe ketiga adalah tipe 1.5 liter injeksi HE-E yang memiliki tenaga maksimal sebesar 98 HP atau setara dengan 5800 RPM dan torsinya sebesar 127 Nm atau setara dengan 4700 RPM.

2. Interior

Interior Daihatsu Taruna tergolong modern dibanding mobil pada zamannya. Sementara itu, kabin dari Taruna tergolong cukup luas, sehingga nyaman untuk berpergian jarak jauh. Daihatsu Taruna juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti AC, audio, tape, dan lain sebagainya.

3. Eksterior

Pada bagian eksterior, mobil ini memiliki penampilan yang gagah dan simple. Pada bagian grill diselipkan garis chrome berbentuk horizontal yang mengelilingi bagian depan. Sementara pada bagian samping, Taruna telah dilengkapi dengan berbagai aksesoris dekoratif seperti  side molding sampai side kick. Ban dilengkapi dengan velg 16 inci, tergantung pada varian dan tipe kendaraan.

4. Irit Konsumsi BBM

Daihatsu Taruna tergolong sebagai mobil yang irit BBM. Jantung pacu mobil ini 1.6 L dan 1.5 L dan telah dilengkapi oleh teknologi injeksi. Hal ini mangakibatkan angka konsumsi BBM 9-10 km/liter untuk penggunaan dalam kota-nya. Berpergian ke luar kota melaju dalam kecepatan konstan, angka konsumsi BBM yang diraihnya akan terasa lebih irit, yakni 12-14 km/liter.

5. Harganya Relatif Murah

Harga mobil Daihatsu Taruna masih sangat murah. Kisaran sekitar 60-80 juta. Namun, meski tergolong relatif murah performa mesin masih bisa diandalkan dan desain eksterior maupun interiornya tergolong sangat menarik.

Selain memiliki kelebihan, mobil Taruna juga memiliki kekurangan seperti mobil-mobil lain pada umumnya. Berikut ini kekurangan mobil Taruna yang perlu kamu tahu.

Kekurangan Mobil Taruna

1. Koplingnya Keras

Kopling Daihatsu Taruna tergolong cukup keras dibanding kopling jenis mobil lain pada zaman itu. Sehingga membuat pemilik kesusahan untuk mengurangi kecepatannya.

2. Performa Hadling Masih Belum Optimal

Perfoma hadling Daihatsu Taruna akan tidak stabil pada saat melaju di kecepatan tertentu. Sehingga, membuat pemilik kendaraan kurang nyaman saat mengendarai terutama saat berada pada jalan yang menikung.

3. Peredam Kabin Mobil Yang Belum Sempurna

Selain performa hadling yang belum optimal, peredam kabin juga masih berufngsi kurang optimal. Sehingga suara-suara yang berasal dari luar mobil akan terdengar cukup jelas dan tidak hanya itu saja, suara mesin juga akan terdengar ketika dalam kecepatan tinggi.

Nah itu dia, kelebihan dan kekurangan mobil Taruna yang wajib kamu ketahui.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Air Suspension

 

Artikel Terbaru

5 Perbedaan Oli Motor dan Mobil, Simak Ya!

Oli mobil dan motor seringkali disamakan. Padahal kedua zat cair tersebut jelas-jelas memiliki kandungan yang… Selengkapnya

5 Juli 2022

5 Penyebab Mobil Terbakar Saat Parkir

Penyebab mobil listrik terbakar terdiri dari berbagai faktor. Salah satu penyebabnya karena korsleting listrik. Misalnya… Selengkapnya

5 Juli 2022

Gimana Sih Tips Memilih Ban Mobil Agar Awet & Nyaman?

Tips memilih ban mobil yang sesuai dengan jenis kendaraan merupakan sesuatu yang penting. Hal ini… Selengkapnya

4 Juli 2022

Kenapa Harus Mengisi Tekanan Angin Ban Mobil Pakai Nitrogen?

Ban mobil memiliki peranan yang penting dalam mengontrol laju kendaraan. Oleh karenanya, penting sekali untuk… Selengkapnya

4 Juli 2022

Ini Dia 4 Varian Mobil Tesla di Indonesia

Tesla merupakan salah satu perusahaan otomotif yang mengalami perkembangan paling pesat. Meski berdiri pada tahun… Selengkapnya

1 Juli 2022

Gini Cara Daftar MyPertamina Untuk Beli Pertalite

BBM bersubsidi adalah BBM yang disubsidi oleh Pemerintah melalui dana APBN, contohnya Pertalite. Meningkatnya harga… Selengkapnya

30 Juni 2022