Inilah 3 Jenis Air Wiper Untuk Merawat Kaca Mobil!

Pada saat musim penghujan, wiper mobil tentunya memiliki peranan yang sangat penting. Wiper mobil dapat berfungsi untuk membersihkan kaca mobil dari air ataupun kotoran yang dapat menghalangi penglihatan pengendara saat menyetir. Sehingga, kamu perlu memastikan jika keadaan wiper mobil kamu berada dalam keadaan yang baik. Untuk memastikannya, tentu saja kamu perlu merawatnya. Salah satunya dengan menggunakan jenis air wiper yang tepat.

Jenis Air Wiper Mobil

Jenis Air Wiper MobilAda beberapa jenis air wiper mobil yang bisa kamu pilih. Nah, berikut ini penjelasannya.

Wiper Fluid

Pada dasarnya, wiper fluid merupakan jenis wiper yang banyak dijual di pasaran. Wiper fluid ini berbentuk konsentrat sehingga kamu perlu mencampurkannya terlebih dahulu dengan air. Untuk perbandingannya, umumnya sudah dituliskan pada kemasannya sehingga kamu bisa mengikuti petunjuk yang sudah tersedia.

Air Destilasi atau Air Suling

Air wiper jenis ini dapat dikatakan harganya cukup murah dibandingkan dengan wiper fluid. Jika dilihat dari kemasannya, air suling ini botolnya sama dengan air aki, yakni ditempatkan di botol dengan tutup berwarna biru.

Air Campuran

Untuk jenis wiper terakhir ini, kamu bisa mencampurkan air dengan cairan pembersih piring, sampo atau teh yang sudah diseduh. Namun, kamu juga tetap harus memperhatikan pH balance-nya. Hindari penggunaan deterjen karena dapat menimbulkan kerak pada lubang semprot wiper.

Cara Mudah Merawat Wiper Mobil

Cara Mudah Merawat Wiper MobilAgar bisa bekerja secara maksimal, kamu perlu mengetahui cara yang tepat untuk merawat wiper mobil. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Berhati-hati Saat Mencuci Wiper

Pada saat mencuci wiper, kamu harus berhati-hati saat membilas bagian karetnya. Jangan sampai kamu membilasnya dengan menggunakan sabun cuci mobil. Selain itu, jangan sampai kamu mengelap pada bagian pinggir karet wiper karena akan mempengaruhi keelastisannya.

Beri Pelumas Pada Poros Wiper

Pada bagian poros wiper, kamu dapat memberikan pelumas secara berkala. Hal ini bertujuan agar perputaran wiper untuk menyapu air dan kotoran pada kaca tidak terhambat. Kamu juga bisa menyemprotkan cairan khusus untuk menjaga agar wiper tetap bekerja dengan lancar.

Melakukan Pengecekan Secara Rutin

Pada dasarnya, kondisi wiper perlu dilakukan pengecekan secara rutin. Jika wiper sudah mulai berdecit, mungkin sudah waktunya kamu perlu menggantinya. Pada umumnya, karet wiper perlu diganti minimal setiap 1 tahun sekali.

 

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan