Inilah 5 Komponen Mobil Yang Harus Rutin Diganti

Mengapa komponen mobil harus rutin diganti? Ya, bagi pemilik kendaraan, sudah merupakan sebuah keharusan untuk melakukan perawatan rutin pada seluruh komponen mobil. Sebab, perawatan yang rutin dapat menunjang performa mobil menjadi lebih optimal.

Saat melakukan perawatan yang rutin, biasanya beberapa komponen harus diganti juga secara berkala. Beberapa komponen tersebut dapat menunjang kelancaran dalam berkendara, kenyamanan, bahkan keselamatan. Oleh sebab itu, kamu harus mengganti beberapa komponen mobil secara rutin.

komponen mobil

5 Komponen Mobil Yang Harus Rutin Diganti

Komponen mobil yang harus rutin diganti meliputi beberapa suku cadang. Pergantian ini bukan hanya terjadi akibat kerusakan, melainkan telah memiliki tenggat waktu yang dianjurkan untuk dipakai. Dampak yang ditimbulkan jika terlambat atau tidak diganti bisa merugikan pengendara. Berikut beberapa komponen yang harus rutin diganti.

Ban mobil

Ban merupakan komponen yang selalu bersentuhan dengan permukaan jalan. Sehingga, ban yang sering tergesek semakin lama digunakan akan mulai menipis dan mengalami keausan.

Walaupun ban memiliki masa pakai bertahun-tahun, namun kamu perlu menggantinya juga secara rutin jika telah mencapai batas maksimum kilometer. Rata-rata untuk pemakaian normal dari ban mobil biasanya mencapai 12.000 hingga 15.000 kilometer. Namun, kamu bisa menggantinya secara rutin jika telah mencapai 40.000 kilometer.

Oli mesin

Oli mesin merupakan komponen yang vital dalam sebuah kendaraan. Pasalnya, jika oli mesin tidak diganti akan berdampak buruk pada performa mobil. Bahkan, paling parah dapat menyebabkan mobil mengalami turun mesin akibat gesekan yang dapat merusak secara perlahan.

Jika kondisi oli sudah berwarna pekat hitam, tidak licin lagi, dan juga jumlahnya berkurang, wajib kamu ganti secepatnya. Minimal sebulan jika mobil kamu sering digunakan.

Accu mobil

Accu kering atau accu basah di kendaraan kamu termasuk komponen yang rutin diganti. Jika kamu menggunakan accu kering, kamu harus mengganti 1 hingga 2 tahun jika sering digunakan. Sedangkan, untuk accu basah, jika kondisinya masih bagus, kamu cukup mengecek daya dan menambahkan air accu.

Kanvas rem

Kanvas rem harus rutin kamu ganti, sebab jika sudah mulai menipis tentu saja dapat membahayakan keselamatan kamu saat berkendara. Pergantian kanvas rem umumnya ditentukan oleh jarak tempuh, jika sudah mencapai 20.000 kilometer artinya kamu harus segera menggantinya.

Busi mobil

Busi mobil, walaupun tergolong komponen mobil yang paling kecil, tapi sangat penting.  Kamu harus rutin mengganti busi jika telah menempuh jarak minimal 20.000 kilometer. Jika tidak,  siap-siap mobil kamu mogok atau mengalami masalah lainnya.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan