Inilah Faktor yang Menyebabkan Ban Bocor Halus

Kamu pasti pernah merasakan betapa menjengkelkannya ketika mobil kamu mengalami ban bocor halus. Jika kamu paksakan berjalan, ban mobil kamu makin lama akan semakin kekurangan angin. Hal ini membuat perjalanan kamu pastinya menjadi tidak nyaman.

Selain itu, berkendara dengan ban mobil yang mengalami bocor halus itu menyebabkan mesin mobil menjadi bekerja lebih keras dan berdampak pada bensin mobil yang menjadi lebih boros. Bahkan, berkendara dengan mobil yang mengalami bocor halus juga memiliki risiko besar untuk keamanan dan keselamatan  berkendara kamu.

Faktor-Faktor yang Menyebabkan Ban Bocor Halus

Pastinya berkendara dengan kondisi ban yang mengalami kebocoran yang halus cukup menyebalkan. Untuk itu kamu perlu mengetahui apa saja yang bisa membuat ban mobil kamu menjadi bocor halus. Kamu bisa simak penjelasan faktor-faktor penyebab ban bocor halus berikut ini.

Kondisi Ban yang Sudah Botak atau Tipis

Faktor pertama yang menyebabkan kebocor halus yaitu kondisi ban mobil yang sudah sangat tipis atau botak. Bahkan jika benang baja pada ban sudah keluar, semakin besar risiko untuk terjadi bocor halus.

Batu yang Tajam

Kemudian faktor selanjutnya yang membuat bocor halus adalah batu yang menyelip di sela-sela ulir. Mungkin terlihat biasa saja, namun jika yang menyelip adalah batu yang memiliki tekstur tajam bisa menusuk ke dalam batu tersebut bisa membuat bocor halus. Untuk mencabut batu tersebut juga kamu harus berhati-hati dan jangan menggunakan benda yang tajam.

Bekas Tambalan

Faktor selanjutnya yang membuat bocor halus adalah bekas tambalan. Biasanya terjadi karena tambalan tersebut kurang baik pengerjaannya atau lem yang digunakan untuk menambal sudah tidak menempel lagi dengan kuat.

Velg Penyok

Untuk yang satu ini biasaya terjadi pada ban tubeless, sebab velg yang penyok mempunyai kemungkinan terdapat rongga sehingga membuat angin keluar melalui rogga tersebut mekipun ukuran rongganya sangat kecil.

Kerusakan Pentil

Faktor terakhir ini merupakan faktor yang sulit untuk dideteksi, sebab tidak terlihat secara signifikan. Biasanya terjadi pada pentil yang terbuat dari bahan besi atau terjadi kerusakan pada bagian dalamya yang membaut bagian tengah pentil tenggelam.

Jadi itulah, beberapa penyebab bocor halus. Daripada mobil kamu terus-terusan mengalami kebocoran halus, sebaiknya kamu mengganti ban tersebut dengan ban mobil yang baru, untuk mengganti dan mendapatkan ban mobil berkualitas, kamu bisa langsung datang ke toko cabang TKB Group Indonesia terdekat yang ada di kotamu.

Pos Terbaru

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Sigra

Daihatsu Sigra adalah mobil MPV yang pertama kali diluncurkan pada GIIAS 2016 lalu. Kehadirannya dengan… Read More

8 jam lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic - Mobil matic adalah mobil yang saat ini sedang banyak… Read More

9 jam lalu

3 Tips Merawat Bodi Mobil Selama PSBB

Tips Merawat Bodi Mobil - Pada tanggal 14 September 2020 kemarin, Pemerintah DKI Jakarta kembali… Read More

1 hari lalu

Kelebihan dan kekurangan Mobil Espass

Kelebihan dan kekurangan Mobil Espass - Mobil Daihatsu Espass ini adalah mobil yang masuk dalam… Read More

1 minggu lalu

Kenapa Ban Mobil Berisik Ketika Berbelok?

Ban Mobil Berisik - Pernahkah kamu ketika berkendara menggunakan mobil kesayangan tiba-tiba mobil kamu mengeluarkan… Read More

1 minggu lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik di Tahun 2020

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik - Seperti yang kita ketahui, dengan seiring perkembangan jaman yang… Read More

1 minggu lalu