Inilah Fungsi Lampu Hazard Pada Mobil!

Jangan Salah Kaprah, Inilah Fungsi Lampu Hazard Pada Mobil

Pada dasarnya, tak jarang banyak pengendara yang masih belum paham mengenai fungsi lampu hazard. Padahal, lampu ini seharusnya digunakan pada saat kendaraan kamu mengalami kondisi darurat. Namun ternyata, masih banyak yang salah kaprah mengenai hal tersebut. Oleh karena itu, simak berikut ini pemaparan lengkapnya.

Fungsi Lampu Hazard

Dalam hal ini, fungsi lampu hazard seharusnya digunakan untuk memberi isyarat kepada pengendara lain jika erdapat masalah pada kendaraan kamu sehingga mengharuskannya menepi. Oleh karena itu, dengan menyalakan lampu tersebut maka pengendara lain akan berhati-hati dan memberi jalan. Termasuk, bila ada kecelakaan atau pun suatu kondisi yang mengharuskan mobil berhenti secara tiba-tiba.

Kesalahan Penggunaan Lampu Hazard

Setelah mengetahui fungsi dari lampu hazard, nyatanya masih banyak pengendara yang menggunakan lampu tersebut pada kondisi yang salah. Nah berikut penjelasan lengkapnya.

Saat Kondisi Hujan

Tak jarang, beberapa pengendara menyalakan lampu ini saat kondisi hujan turun. Padahal, tidak terjadi kondisi darurat apapun. Tentunya, hal tersebut akan sangat membingungkan pengemudi lain. Sebab, pada saat kamu menyalakan lampu hazard maka lampu sein tidak akan berfungsi.

Selain itu, juga dapat mengganggu konsentrasi pengendara lainnya. Di mana pada saat kondisi tersebut, mereka seharusnya fokus untuk memperhatikan lampu rem kendaraan yang ada di depannya. Oleh karena itu, kamu bisa menghidupkan lampu utama ketika berkendara pada saat hujan turun dibandingkan dengan menyalakan lampu ini.  

Saat Berkendara di Lorong Gelap

Hal lain yang sering terjadi, yakni menyalakan lampu hazard pada saat berkendara di lorong yang gelap. Padahal, kamu hanya perlu untuk menyalakan lampu senja atau lampu utama saja. Nah dengan begitu, lampu merah yang ada di belakang mobil atau yang sering disebut dengan lampu reflektor akan ikut menyala.

Hal ini tentunya sudah menjadi pertanda kepada pengemudi di belakang bahwa ada kendaraan lain di depannya. Begitu pula saat kondisi berkabut. Kamu hanya perlu untuk menyalakan lampu kabut atau lampu utama.

Saat Memberi Tanda Lurus di Persimpangan

Kesalahan lainnya, yakni banyak pengemudi yang menyalakan lampu hazard ini untuk memberi tanda lurus di persimpangan. Hal tersebut tentunya tidak perlu kamu lakukan. Sebab tanpa menghidupkan lampu sein pun, sebenarnya pengendara lain juga sudah mengetahui bila kendaraan kamu bergerak lurus. Apalagi, sampai menghidupkan lampu hazard tersebut.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan