Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Body Roll Mobil

body roll

Pernahkah kamu mendengar istilah Body Roll? Body Roll merupakan keadaan terlemparnya mobil ke luar jalur. Body roll juga biasa disebut dengan istilah limbung atau terlempar. Permasalahan ini tidak boleh disepelekan, karena sering menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakan di jalan raya. Oleh sebab itu, ketahui penyebab dan cara mengatasi mobil yang mengalami limbung.

body roll

Apa Penyebab Body Roll Mobil?

Body roll bisa terjadi akibat bodi mobil dan ground clearance yang terlalu tinggi. Hal ini terjadi saat mobil sedang berada dalam kecepatan tinggi dan melakukan perpindahan jalur, sehingga bodi belakang mobil terasa lebih berat mengkuti gerakan kendaraan saat melakukan perpindahan di kecepatan yang tinggi.

Selain itu, mobil yang limbung bisa disebabkan oleh suspensi yang terlalu empuk. Suspensi yang terlalu empuk akan menimbulkan gaya sentrifugal saat mobil berada dalam kecepatan tinggi. Jika hal ini terjadi bodi mobil akan terlempar dan menjadi tidak stabil. Itulah sebabnya, mobil untuk kecepatan tinggi akan didesain menggunakan suspensi yang rigid.

Cara Mengatasi Body Roll Mobil


Jika limbung yang dialami sudah terasa parah, sebaiknya lakukan secepatnya pergantian suspensi dengan yang lebih keras. Hal ini dapat mengurangi gejala limbung dan membuat mobil terasa lebih aman. Akan tetapi kekurangannya suspensi yang keras tentu saja akan mengurangi tingkat kenyamanan bagi pengendara dan penumpang mobil.

Selain itu, kamu juga bisa memperkuat rangka menggunakan sway bay atau stabilizer ink. Cara menggunakannya juga tergolong mudah karena hanya perlu mengikat suspensi belakang bagian kanan dan kiri. Komponen ini ada banyak dijual di toko aksesoris mobil. Kekurangannya, warnanya seringkali terlihat sangat mencolok seperti warna orange atau merah.

Terakhir, kamu bisa menambahkan strut bar di bagian ruang mesin yang bentuk hampir sama seperti sway bar. Perbedaannya hanya terdapat di letak penyimpanan. Strut bar biasanya diletakan di depan dan mengikat bagian suspensi kanan dan kiri secara melintang di ruang mesin.

Jadi, itu dia uraian mengenai penyebab dan cara mengatasi limbung jika sewaktu-waktu terjadi pada mobil kesayangan kamu.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan