Inilah Perbedaan Muscle Car dan Pony Car

muscle car pony car

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi mendengar kata muscle car dan pony car. Istilah ini memang sering menjadi bahan pembicaraan penggemar otomotif. Tapi, tahukah kamu jika keduanya kerap kali pemaknaan istilahnya sering tertukar saat dibicarakan? Agar lebih paham, yuk ketahui perbedaan dari keduanya.

Apa Perbedaan Muscle Car dan Pony Car

Muscle Car dan Pony Car merupakan dua hal yang berbeda walaupun sekilas terlihat mirip. Agar lebih paham apa perbedaan dari keduanya. Simak pengertian keduanya terlebih dahulu di bawah ini.

Muscle Car

Muscle car merupakan mobil sport coupe dua pintu asal Amerika Serikat yang diciptakan untuk penggemar otomotif yang tergila-gila dengan mobil yang memiliki performa tingkat tinggi. Mobil berotot ini  memiliki dimensi eksterior yang ukurannya besar menggunakan big block V8 seperti Ford Galaxie atau Chevrolet Impala.

<

Muscle car sangat digandrungi di tahun 1960-an, tetapi memasuki tahun 80-an mobil ini mengalami masa-masa suram akibat isu konsumsi bahan bakar, sehingga membuat mobil ini mengalami penjualan anjlok dan semakin dihindari para peminatnya.

Pony Car

pony car

Mungkin banyak orang yang mendengar istilah pony car sering dikait-kaitkan dengan Ford Mustang. Yap, memang benar! Asal usul istilah tersebut memang berasal dari Ford Mustang ketika debut pertamanya pada tahun 1964. Mustang sendiri merupakan nama yang artinya adalah “kuda”, karena bentuknya tergolong kecil maka disebut lah “pony”. Maka tak heran jika mobil sport asal Amerika ini rata-rata memiliki desain stylish, berukuran kompak, dan performanya selalu di atas rata-rata.

Setelah paham pengertian keduanya, kamu pasti sudah mendapatkan gambaran jelas tentang perbedaannya bukan? Secara umum keduanya memiliki perbedaan dari ukuran bodinya.

Kedua istilah ini sering tertukar karena dari segi penampilan hampir terbilang mirip. Akan tetapi, perbedaan muscle car dan pony car kini tak lagi relevan digunakan. Hal ini terjadi akibat mobil-mobil tersebut tak lagi pakem pada aturan dasarnya. Justru seringnya kedua mobil ini disebut sebagai sportcar. Jadi, sudah paham kan apa perbedaan dari mobil keduanya?

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan