Berita Otomotif

Jangan Campur Nitrogen dan Udara Biasa Pada Ban, Kenapa ?

Nitrogen dan Udara Biasa – Ban adalah salah satu komponen yang sangat penting yang terpasang di kendaraan bermotor khususnya mobil. Ban sendiri adalah komponen yang sangat berkaitan dengan hal kenyamanan dan juga keamanan pada mobi. Hal ini dikarenakan, ban mobil adalah satu-satunya komponen yang bersentuhan secara langsung dengan aspal jalanan. Maka dari itu, kamu sebagai pemilik mobil jangan pernah lengah untuk memperhatikan kondisi ban mobil kamu.

Dan untuk menjaga kondisi ban mobil agar selalu optimal, mungkin ada beberapa hal yang sangat membingungkan pemilik kendaraan. Salah satunya adalah, bolehkah mencampur nitrogen dengan udara biasa saat mengisi angin ban mobil?

Bolehkah Nitrogen dan Udara Biasa Dicampur?

Untuk menanggapi kebingungan tersebut, dikutip melalui otomotif.kompas.com, Training Development Section Head PT Astra Daihatsu Motor, Aji Prima Barus Nurcahya mengatakan bahwa mencampur mencampur angin biasa dengan nitrogen boleh-boleh saja. Namun, fungsi nitrogen pada ban mobil akan tidak maksimal.

Dan apabila hal ini dilakukan secara terus menerus, maka akan berpotensi merusak ban walau memang kemungkinannya sangat kecil sekali. Bila berbicara fungsi, angin biasa dan nitrogen adalah sama, yaitu untuk menambah tekanan angin pada ban mobil.

Namun, ketika berbicara kualitas, maka nitrogen adalah jenis yang lebih baik dibandingkan dengan udara biasa. Nitrogen memiliki banyak sekali kelebihan daripada udara biasa, salah satunya adalah kestabilan suhu udara pada saat berkendara perjalanan jarak jauh yang tentunya lebih baik dari udara biasa.

Selain itu, daya tahan dari angin nitrogen ini sendiri lebih kuat dan lebih baik dari udara biasa. Sehingga walaupun mobil dalam keadaan diam atau tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka akan cenderung tahan lama.

Dan peningkatan suhu pada nitrogen sendiri lebih lambat dari pada udara biasa, dan ini tentunya membuat ban mobil tidak cepan panas apabila kendaraan menempuh perjalanan jarak jauh sekalipun. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, apabila kendaraan atau mobil disimpan dalam waktu yang lama, maka kandungan udara pada ban mobil yang diisi dengan nitrogen akan lebih sedikit berkurangnya dibandingkan dengan ban dengan isi udara biasa.

Jadi, pada intinya mencampurkan udara biasa dan nitrogen itu boleh-boleh saja. Namun, kamu mungkin akan kehilangan beberapa manfaat dan kelebihan dari nitrogen itu sendiri.

Artikel Terbaru

Begini Penyebab Kecelakaan Maut Di Balikpapan

Kecelakaan di Balikpapan. Akhir-akhir ini, kita sedang dihebohkan oleh berita mengenai kecelakaan maut yang terjadi di… Selengkapnya

28 Januari 2022

Cara Merawat Ban Mobil Agar Lebih Awet

Merawat Ban Mobil- Ban merupakan komponen terpenting untuk semua jenis kendaraan khususnya mobil. Bocornya ban… Selengkapnya

28 Januari 2022

Jual Aksesoris Mobil Terbaik & Berkualitas

Aksesoris Mobil. Bagi kamu yang memiliki kendaraan mobil dan suka berpergian jauh. Kamu wajib membeli… Selengkapnya

27 Januari 2022

Cara Membedakan Velg Original dan Replika

Velg Original - Bagi kamu pecinta otomotif, melakukan modifikasi kendaraan merupakan suatu kegemaran atau bahkan… Selengkapnya

27 Januari 2022

Tips Modifikasi Velg Mobil Agar Terlihat Keren

Tips Modifikasi Velg Mobil - Bagi kamu yang mempunyai kendaraan mobil. Kamu harus memperhatikan velg… Selengkapnya

26 Januari 2022

Jual Ban Mobil Terdekat di Jakarta Timur

Ban Mobil- Memiliki ban mobil yang berkualitas merupakan impian semua orang yang memiliki kendaraan mobil.… Selengkapnya

26 Januari 2022