Jangan Keliru, Kenali 7 Lampu Indikator Mobil

Lampu indikator mobil merupakan hal yang penting untuk kamu pahami. Tanda yang terletak pada dashboard mobil kamu ini dapat memberikan pertanda penting apabila terjadi sesuatu pada mobil kamu. Hal ini tentunya juga dapat berpengaruh terhadap kenyamanan dan keselamatanmu selama berkendara.

7 Lampu Indikator Mobil

Ada beberapa tanda pada lampu indikator yang dapat memberikan pertanda penting bagi keselamatan dan kenyamanan kamu selama berkendara. Nah, berikut ini penjelasannya.

Check Engine

Lampu Indikator Mobil Check Engine

Tanda ini dapat menunjukkan jika terjadi masalah pada mobil. Jika kamu memutarkan kunci ke posisi ON maka lampu indikator ini akan menyala. Setelah kamu menyalakan mesin, maka lampu indikator ini akan mati. Jika mesin sudah menyala, tetapi lampu indikator masih menyala berarti ada masalah pada mesin mobil kamu.

Suhu Mobil

Lampu Indkator Suhu Mobil

Jika indikator suhu ini menunjukkan warna kuning atau oranye berarti temperatur mesin masih dalam keadaan sedang. Sedangkan jika menunjukkan warna merah, maka kamu harus waspada. Segera matikan mesin mobil kamu dan menepilah. Jika kamu ingin menambahkan cairan pendingin, tunggu sekitar 30 menit hingga suhu radiatornya dingin. Hal ini bertujuan agar cairan panas serta uap tidak menyembur mengenai kamu.  

Tekanan Oli                  

Lampu Indikator Tekanan Oli

Jika indikator ini menyala, menandakan bahwa mesin sedang kekurangan oli. Penyebabnya adalah karena menurunnya tekanan atau jumlah oli di mesin. Hal ini dapat mengakibatkan mesin cepat rusak dan membuat kinerja mobil kurang optimal.

Sabuk Pengaman

Lampu Indikator Sabuk Pengaman

Jika tanda ini menyala, maka kamu harus segera memasang sabuk pengaman. Keamanan merupakan prioritas utama dalam berkendara. Biasanya, pada mobil-mobil keluaran terbaru, bukan hanya berupa lampu. Akan tetapi, juga terdapat suara yang menandakan kamu harus segera memasang sabuk pengaman.

Tangki Bahan Bakar

Lampu Indikator Tangki Bahan Bakar

Nah, indikator ini mungkin yang paling familiar dibandingkan indikator lainnya. Jika tanda ini menyala, maka bahan bakar di tangki mobil kamu terlalu rendah atau bahkan hampir habis. Biasanya, tanda ini menyala ketika isi tangki tersisa seperdelapannya.

Indikator Aki

Aki

Indikator ini berfungsi untuk menunjukkan bahwa kondisi baterai atau aki mobil kamu rendah. Biasanya, indikator ini berbentuk kotak seperti baterai disertai dengan gambar plus dan minus. Jika indikator ini menyala, maka tandanya aki mobil kamu sedang bermasalah dan kemungkinan perlu diganti.

Indikator Air Bag

Air Bag

Jika kamu melihat lampu indikator bertuliskan “SRS” atau gambar seperti orang duduk memangku bulatan, nah berarti mobil kamu sudah dilengkapi dengan airbag. Fungsi dari airbag ini adalah untuk melindungi penumpang apabila terjadi kecelakaan. Segera periksa apabila lampu indikator ini menyala agar airbag bisa berfungsi normal apabila terjadi tabrakan.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan