Jenis-Jenis Tapak Ban, Pahamilah Agar Tidak Salah Pilih

Pastinya Haiser sudah tahu bahwa ban merupakan sebuah komponen utama dari kaki-kaki mobil yang terbuat dari bahan karet. Ban mobil juga mempunyai ukuran-ukuran yang sudah dirancang secara khusus dan presisi. Hal ini pastinya berpengaruh dengan kinerja ban mobil ketika digunakan.

Selain ukuran, ban mobil juga memiliki ulir ban atau tapak ban yang memiliki fungsi untuk membuang air atau pasir lebih cepat ketika melewati jalanan yang licin maupun berpasir. Dengan adanya ulir ban ini, grip atau traksi yang baik ketika melewati kedua medan tersebut.

Ini dia Jenis-Jenis Tapak Ban Mobil Wajib Kamu Ketahui

Ini dia Jenis-Jenis Tapak Ban Mobil Wajib Kamu Ketahui

Tapak ban mobil atau ulir ban mobil ini memiliki fungsi untuk menjaga grip atau traksi ketika melewati jalanan licin, berpasir, ataupun berlumpur. Namun dengan seiringnya pemakaian, tapak ban pasti akan menipis dan kamu perlu segera menggantinya. Maka dari itu, kamu perlu ketahui jenis-jenis tapak ban mobil berikut ini agar tidak salah saat ingin membeli ban mobil untuk mobil kesayangan.

Tapak Ban Mobil Simetris

Seperti namanya, tapak ban jenis ini memiliki alur yang simetris, baik di bagian dalam ban ataupun bagian luar ban. Biasayanya tapak ban berjenis simetri ini hanya memiliki satu arah saja untuk membuang air. Selain itu, tapak ban jenis simetris ini bisa memberikan kenyamanan untuk berbagai medan jalanan. Kenyamanan tersebut didapat karena umumnya tapak ban simetris ini tidak menimbulkan getaran yang besar ketika mobil dipacu pada kecepatan yang tinggi.

Tapak Ban Mobil Asimetris

Berbeda dengan tapak ban simetris, tapak ban asimetris memiliki alur yang berbeda di bagian dalam maupun di bagian luar bannya. Perbedaan kedua bagian sisi ban tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Bagian luar berfungsi untuk membuang air ke arah luar, sedangkan bagian dalamnya berfungsi untuk perluas bidang yang bersentuhan dengan permukaan aspal.

Tapak Ban Mobil Satu Arah

Sebenarnya untuk mengenali tapak ban satu arah itu mudah. Caranya kamu hanya perlu melihat alur yang menyerupai huruf V. Alur yang berbentuk seperti V itulah yang membuat tapak tersebut disebut sebagai tapak ban satu arah. Tapak ban satu arah ini memiliki kelebihan dalam pembuangan air yang lebih baik dibandingkan dengan tapak ban lainnya karena tapak ban ini

Tapak Ban Eco

Mungin tapak ban ini merupakan tapak ban yang Haiser jumpai, karena tapan ban Eco ini umumnya terpasang pada mobil LCGC. Ban mobil Eco dipilih oleh pabrikan mobil karena termasuk ban yang relatif murah dan mampu menghemat bahan bakan. Tapak ban yang dimiliki ban Eco biasayanya cukup lebar dan cenderung kecil motif alurnya. Hal tersebut membuat tidak heran jika ban Eco terbilang mudah slip.

Dapatkan Jenis-Jenis Tapak Ban Mobil Tersebut di Toko Cabang TKB Group Indonesia

Jika tapak ban mobil Haiser sudah terasa tipis atau sudah mulai gundul, kamu bisa langsung datang ke toko cabang TKB Group Indonesia terdekat yang ada di kota kamu. Hanya di toko-toko cabang TKB Group Indonesia yang menjual beragam jenis-jenis tapak ban mobil dengan berbagai merk terbaik. Seperti Accelera, Forceum, Zeetex, dan Yokohama.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan