Memahami Jenis Velg Monoblok, 2 Pieces, dan 3 Pieces

jenis velg

Velg mobil merupakan salah satu komponen bagian kaki-kaki yang ada banyak jenisnya. Bisa berdasarkan bentuk, ukuran, desain, dan kontruksi bagian velg seperti monoblok, 2 pieces, dan juga 3 pieces. Jenis velg ini juga biasanya disebut dengan velg one piece dan multi piece.

Perbedaan Velg Monoblok, 2 pieces, dan 3 Pieces

monoblok 2 pieces 3 pieces

Setiap jenis velg memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tersedia berbeda-beda tergantung kebutuhan modifikasi setiap mobil. Maka, sebaiknya kamu memahami jenis velg one pice dan multi piece dengan mengetahui perbedaan dari setiap velg tersebut.

Velg Monoblok

Velg monoblok disebut juga dengan velg 1-pieces. Sebab, velg ini hanya memiliki satu bagian saja. Velg jenis ini dibuat dari hasil cetakan dengan menyatukan beberapa komponen velg menggunakan las. Perancangannya yang menggunakan las membuat velg jenis ini tidak memiliki banyak tampilan gaya. Selain itu, velg monoblock biasanya memiliki bobot yang lebih berat. Akan tetapi, velg monoblock ini lebih koko, kuat, dan sangat ramah dikantong karena dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Velg 2 Pieces

Velg 2-pieces terdiri dari dua bagian komponen yang disatukan. Komponen tersebut dapat dipisahkan dan modifikasi kembali sesuka hati. Velg dua bagian ini terbagi lagi menjadi dua macam, yaitu velg yang barellnya menjadi satu dengan palang atau barrelnya menjadi satu dengan lips velg. Kelebihannya bisa dilepas atau diganti dengan model lainnya dengan fleksibel.

Velg 3 Pieces

Sesuai namanya, velg 3 pieces terdiri dari tiga bagian komponen. Komponen tersebut terdiri dari center, lips, dan inner barrel. Velg 3 pieces ini biasanya bisa dibuat sesuai dengan permintaan pemilik mobil atau sesuai pesanan. Jadi, pemilik mobil bisa mengoptimalkan modifikasi velgnya dengan memilih ukuran inner, lebar lips, barrel, dan desain face.

Semuanya bisa dibuat bervariasi dengan pilihan warna yang berbeda-beda. Kelebihan lainnya, velg 3 pieces ini bisa memiliki bobot yang lebih ringan dari velg umumnya. Sebab pilihan bahannya disesuaikan setiap komponennya. Selain itu, velg ini juga diklaim memiliki kekuatan yang jitu karena memiliki 3 bagian. Idealnya velg jenis ini digunakan untuk mobil-mobil sport.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan