Jumlah Lubang Baut Velg Berbeda-Beda, Ini Alasan Teknisnya!

Salah satu aksesoris pelengkap bagian kaki-kaki mobil adalah lubang baut velg. Tapi pernahkah kamu memperhatikan jika setiap lubang baut velg berbeda-beda? Lubang baut velg pada setiap mobil yang berbeda biasanya berjumlah 3 baut, 4 baut, 5 baut, hingga ada yang berjumlah di atasnya. Hal ini dilakukan bukan tanpa sebab, ada alasan teknis dibaliknya. Simak alasan teknis yang diuraikan di bawah ini.

Jumlah Lubang Baut Velg Berdasarkan Bobot Mobil

jumlah lubang baut velg

Baut velg di ban mobil memiliki fungsi untuk mengunci ban di velg agar kuat dan tidak terlepas saat digunakan. Jumlahnya pun bervariasi pada setiap mobil. Namun, ternyata ada alasan teknis mengapa lubang baut velg bebeda-beda. Jumlah baut di velg ini diperhitungkan berdasarkan fungsi, jenis, dan bobot mobil.

Jumlah lubang baut pada mobil berkaitan erat dengan bobot kendaraan. Biasanya, mobil-mobil yang biasa mengangkut bobot berat seperti bus atau truk memiliki jumlah lubang baut velg yang cukup banyak hingga mencapai 6 baut ke atas. Sebab, semakin banyak jumlah lubang bautnya maka kekuatannya semakin besar. Sedangkan mobil-mobil biasa umumnya hanya memiliki 4 baut hingga 5 baut.

Bolehkah Modifikasi Lubang Baut Velg?

Para pecinta modifikasi biasanya banyak yang menambah lubang baut atau mengganti Pitch Circle Diameter (PCD) pada mobilnya yang diyakini mampu menambah kekuatan velg. Walaupun demikian, penambahan lubang baut tidak bisa dilakukan secara asal karena jelas membahayakan. Selama pengerjaan penambahan PCD oleh ahlinya, maka tingkat presisinya akan terjaga dan aman jika dilakukan. Selain itu, bisa juga melakukan ubahan lubang baut dengan menggunakan adaptor, spacer atau dengan membubut tromol dan knuckle-nya.

Penggunaan adaptor biasanya jarang dipilih karena rata-rata banyak yang memilih membubut tromol mobil agar kekuatannya lebih terjaga. Sedangkan adaptor memiliki kelebihan bisa dibongkar pasang kembali dan PCD bisa kembali seperti standar. Hanya saja kekurangannya kerja baut standar menjadi lebih berat karena kekuatan adaptor terletak di baut standar mobil.

Walaupun sah-sah aja memodifikasi lubang baut velg, sejatinya jumlah lubang baut mobil yang ditentukan pabikan sudah diperhitungkan dengan kekuatan bobot mobil. Oleh sebab itu, jangan sampai salah memperhitungkan lubang baut velg dan menggunakan mobil melebihi bobot maksimal yang telah ditentukan.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan