Tips Otomotif

Kaca Mobil Mengembun, Begini Cara Mengatasinya

Kaca mobil mengembun memang sangatlah mengganggu, terutama sektor visibilitas untuk pengemudi. Saat musim hujan seperti sekarang, visibilitas pengemudi memanglah perlu menjadi perhatian utama. Karena ketika air hujan mengguyur kaca mobil, maka jarak pandang pengemudi ke arah depan akan terbatas.

Walaupun memang sudah terdapat fitur wiper, namun tidak jarang terdapat beberapa masalah lain yang membuat jarak pandang pengemudi menjadi terganggu saat hujan. Salah satu masalah tersebut adalah kaca yang mengembun.

Kondisi ini tidak hanya terjadi pada kaca depan saja, kaca bagian samping hingga belakang juga bisa muncul embun yang sangat mengganggu. Perlu diperhatikan bersama, kondisi kaca mobil yang mengembun bisa muncul kapan saja tanpa perlu menunggu hujan datang. Pada saat mengemudi di daerah pegunungan yang dingin atau setelah hujan, kaca yang mengembun bisa saja terjadi.

Penyebab Kaca Mobil Mengembun

Lalu, apa saja penyebab kaca mobil mengembun ini? Dilansir melalui beberapa sumber, simak ulasan lengkap mengenai penyebab mengembunnya kaca mobil di bawah ini.

Santer terdengar sebuah kabar yang mengatakan bahwa penyebab munculnya embun pada kaca mobil adalah dikarenakan jamur. Padahal, adanya jamur dan embun tidaklah saling berkaitan sama sekali. Intinya kamu sebagai pengemudi perlu pintar-pintar mengatur AC yang dialirkan ke kaca.

Maksudnya adalah, kebanyakan pemilik mobil terkadang tanpa disadari mengarahkan kisi-kisi AC nya ke arah kaca mobil. Entah itu dilakukan secara sengaja atau tidak sengaja, embun ini terjadi karena adanya gap suhu yang cukup besar antara kabin dengan bagian luar kaca mobil. Jadi, apabila kaca mobil tidak ingin berembun, maka jangan posisikan AC langsung mengarah ke kaca mobil.

Cara Mengatasi Kaca Mobil Mengembun

Inti dari mengatur posisi dan suhu AC adalah seperti ini, ketika embun ini munculnya di bagian dalam kabin mobil, maka ini artnya suhu di luar lebih dingin. Maka cara menghilangkan embun pada kaca ini adalah dengan menyetel suhu AC ke posisi yang lebih dingin dengan 1 blower saja.

Berbeda ketika embun ini muncul di bagian luar kaca depan, ini artinya suhu di dalam kabin terlalu dingin dibanding di luar mobil. Cara menghilangkan embunnya pun cukup dengan menurunkan suhu AC mobil sembari mengamati perubahan embun tersebut.

Jadi, tidak ada cara pasti untuk menghilangkan kaca mobil yang mengembun. Karena memang perlu trial sendiri untuk setingan AC nya karena suhu di luar mobil berbeda-beda di setiap kondisinya.

Artikel Terbaru

8 Mobil MPV Terlaris di Indonesia Mei 2022

Mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) merupakan mobil yang paling diminati oleh pembeli di Indonesia dan… Selengkapnya

6 Agustus 2022

Modifikasi Audio Mobil, Apakah Membuat Konsumsi BBM Lebih Boros?

Modifikasi mobil merupakan hal yang sering dilakukan oleh pemilik kendaraan baik modifikasi velg mobilnya saja… Selengkapnya

5 Agustus 2022

BMW X4 2022 Resmi Meluncur, Ini Dia Spesifikasinya!

Perusahaan otomotif asal Jerman BMW, baru saja meluncurkan X3 M Competition X4 M Competition dengan… Selengkapnya

4 Agustus 2022

HSR Wheel Kembali Hadir Memeriahkan GIIAS 2022

HSR Wheel merupakan brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013 dan telah… Selengkapnya

4 Agustus 2022

5 Cara Merawat Sliding Door Mobil Yang Benar

Sliding door atau pintu geser merupakan salah satu fitur yang memudahkan pengemudi maupun penumpang untuk… Selengkapnya

3 Agustus 2022

Daftar Harga Mobil Listrik Termurah di Indonesia 2022

Segmen mobil listrik sedang berkembang di Tanah Air karena lahirnya bentuk-bentuk model baru. Salah satunya,… Selengkapnya

2 Agustus 2022