Tips Otomotif

Kaca Mobil Mengembun, Begini Cara Mengatasinya

Kaca mobil mengembun memang sangatlah mengganggu, terutama sektor visibilitas untuk pengemudi. Saat musim hujan seperti sekarang, visibilitas pengemudi memanglah perlu menjadi perhatian utama. Karena ketika air hujan mengguyur kaca mobil, maka jarak pandang pengemudi ke arah depan akan terbatas.

Walaupun memang sudah terdapat fitur wiper, namun tidak jarang terdapat beberapa masalah lain yang membuat jarak pandang pengemudi menjadi terganggu saat hujan. Salah satu masalah tersebut adalah kaca yang mengembun.

Kondisi ini tidak hanya terjadi pada kaca depan saja, kaca bagian samping hingga belakang juga bisa muncul embun yang sangat mengganggu. Perlu diperhatikan bersama, kondisi kaca mobil yang mengembun bisa muncul kapan saja tanpa perlu menunggu hujan datang. Pada saat mengemudi di daerah pegunungan yang dingin atau setelah hujan, kaca yang mengembun bisa saja terjadi.

Penyebab Kaca Mobil Mengembun

Lalu, apa saja penyebab kaca mobil mengembun ini? Dilansir melalui beberapa sumber, simak ulasan lengkap mengenai penyebab mengembunnya kaca mobil di bawah ini.

Santer terdengar sebuah kabar yang mengatakan bahwa penyebab munculnya embun pada kaca mobil adalah dikarenakan jamur. Padahal, adanya jamur dan embun tidaklah saling berkaitan sama sekali. Intinya kamu sebagai pengemudi perlu pintar-pintar mengatur AC yang dialirkan ke kaca.

Maksudnya adalah, kebanyakan pemilik mobil terkadang tanpa disadari mengarahkan kisi-kisi AC nya ke arah kaca mobil. Entah itu dilakukan secara sengaja atau tidak sengaja, embun ini terjadi karena adanya gap suhu yang cukup besar antara kabin dengan bagian luar kaca mobil. Jadi, apabila kaca mobil tidak ingin berembun, maka jangan posisikan AC langsung mengarah ke kaca mobil.

Cara Mengatasi Kaca Mobil Mengembun

Inti dari mengatur posisi dan suhu AC adalah seperti ini, ketika embun ini munculnya di bagian dalam kabin mobil, maka ini artnya suhu di luar lebih dingin. Maka cara menghilangkan embun pada kaca ini adalah dengan menyetel suhu AC ke posisi yang lebih dingin dengan 1 blower saja.

Berbeda ketika embun ini muncul di bagian luar kaca depan, ini artinya suhu di dalam kabin terlalu dingin dibanding di luar mobil. Cara menghilangkan embunnya pun cukup dengan menurunkan suhu AC mobil sembari mengamati perubahan embun tersebut.

Jadi, tidak ada cara pasti untuk menghilangkan kaca mobil yang mengembun. Karena memang perlu trial sendiri untuk setingan AC nya karena suhu di luar mobil berbeda-beda di setiap kondisinya.

Artikel Terbaru

Begini Penyebab Kecelakaan Maut Di Balikpapan

Kecelakaan di Balikpapan. Akhir-akhir ini, kita sedang dihebohkan oleh berita mengenai kecelakaan maut yang terjadi di… Selengkapnya

28 Januari 2022

Cara Merawat Ban Mobil Agar Lebih Awet

Merawat Ban Mobil- Ban merupakan komponen terpenting untuk semua jenis kendaraan khususnya mobil. Bocornya ban… Selengkapnya

28 Januari 2022

Jual Aksesoris Mobil Terbaik & Berkualitas

Aksesoris Mobil. Bagi kamu yang memiliki kendaraan mobil dan suka berpergian jauh. Kamu wajib membeli… Selengkapnya

27 Januari 2022

Cara Membedakan Velg Original dan Replika

Velg Original - Bagi kamu pecinta otomotif, melakukan modifikasi kendaraan merupakan suatu kegemaran atau bahkan… Selengkapnya

27 Januari 2022

Tips Modifikasi Velg Mobil Agar Terlihat Keren

Tips Modifikasi Velg Mobil - Bagi kamu yang mempunyai kendaraan mobil. Kamu harus memperhatikan velg… Selengkapnya

26 Januari 2022

Jual Ban Mobil Terdekat di Jakarta Timur

Ban Mobil- Memiliki ban mobil yang berkualitas merupakan impian semua orang yang memiliki kendaraan mobil.… Selengkapnya

26 Januari 2022