Info Velg Mobil

Kamu Harus Baca Ini Dulu, Jika Mau Ganti Velg Racing

Velg merupakan salah satu bagian terpenting dari suatu kendaraan khususnya mobil. Banyak dari pemilik mobil yang mengubah tampilan velgnya agar terlihat lebih menarik dan berbeda daripada sebelumnya.

Mengubah velg mobil merupakan sesuatu yang lazim dilakukan oleh pemilik kendaraan. Namun, mengganti velg bawaan pabrik dengan velg racing tidak boleh sembarangan. Apalagi jika kamu mengganti velg mobilmu hanya karena tampilan desainnya tanpa memperdulikan ukuran velg dan lain sebagainya terutama kenyamanan dalam berkendara.

Mengapa mengganti velg mobil tidak boleh sembarangan? Karena jika kamu asal mengganti velg mobilmu tanpa memperhitungkan ukuran velg mobil maka akan membuat mobil menjadi kurang nyaman dikendarai. 

Lalu hal-hal apa saja yang harus diperhatikan ketika ingin modifikasi velg mobil? Kali ini, HSR Wheel akan membagikan mengenai hal-hal apa saja yang harus diperhatikan saat memilih velg racing. Simak ulasan di bawah ini sampai selesai ya!

Baca Juga: Modifikasi Velg Avanza Pakai Velg Racing Ring 17

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Ganti Velg Racing

1. Diameter Velg

Apabila kamu ingin mengganti velg mobil, usahakan untuk mengikuti ukuran standar velg maksimal menaikan 2 inci dari ukuran sebelumnya. Semisal ukuran velg standardnya 14 inci maka kamu bisa menggantinya dengan ring 16. Jika melebihi ukuran yang disarankan maka kenyaman saat berkendara kemungkinan besar akan berkurang dikarenakan ban yang tentunya juga menipis seriring dengan bertambahnya diameter velg.

2. PCD

Hole atau yang disebut sebagai PCD. Hole ini digunakan sebagai panduan dalam memilih velg racing yang pas untuk jenis mobilmu. Semisalnya velg mobilmu memiliki PCD 4×100 maka velg mobilmu memiliki jumlah lubang sebesar 4 dengan diameter lubang 100 mm. 

Pilihlah velg racing yang sesuai dengan ukuran standar PCD jenis mobil kamu. Kamu bisa saja menggunakan adaptor jika ingin memakai velg dengan ukuran PCD berbeda. Namun, hal ini memiliki resiko kerusakan terhadap baut roda. Jika kamu menggunakan adaptor ini, diharapkan untuk sangat hati-hati dalam berkendara terutama pada jalan yang berlubang dan hindari memacu mobil dalam kecepatan yang tinggi. 

3. Lebar Velg

Memilih velg racing juga harus memperhatikan lebar velg. Lebar velg itu adalah tapak dari keseluruhan roda. Biasanya pada velg ada kode huruf yang digunakan untuk velg jenis mobil tertentu. 

Pilihlah lebar velg racing yang sesuai dengan ukuran lebar velg standar. Maksimal dua diatasnya karena jika lebih akan terkena bagian roda baik itu bagian dalam maupun luar. Jika kamu mengunjungi dealer resmi HSR Wheel, kami menyediakan layanan gratis fitting velg sepuasnya. Sehingga kamu bisa melihat tampilan dari velg yang kamu pilih agar bisa disesuaikan dengan selera, keinginan, dan kebutuhan modifikasi.

4. Offset

Fungsi offset yaitu sebagai jarak aman velg kamu dalam fender mobil. Offset memiliki hubungan erat dengan lebar velg. Jadi, semakin besar offset maka velg akan lebih masuk ke dalam fender dan semakin kecil ukuran velg maka akan keluar dari bibir fender. Sesuaikan pemilihan offset velg mobil dengan kenyamanan dan selera modifikasi kamu. Utamakan modifikasi velg yang masih mendapatkan kenyamanan dalam berkendara dan fitment look sesuai dengan keinginan kamu.

Baca Juga: Street Racing: Konsep Modifikasi Mobil Dambaan Kaum Muda

Artikel Terbaru

4 Gaya Modifikasi Double Cabin, Bisa Ditiru Nih!

Mobil double cabin merupakan mobil yang bisa digunakan untuk mengangkut banyak penumpang maupun barang. Selain… Selengkapnya

16 Agustus 2022

Wuling Air ev: Spesifikasi dan Harga

Wuling Air ev merupakan mobil hybrid yang diperkenalkan saat acara GIIAS 2022. Mobil listrik ini… Selengkapnya

15 Agustus 2022

Lebih Baik Pilih Kijang Innova 2020 Bekas atau Toyota Sienta Terbaru?

Kijang Innova 2020 bekas masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, karena performanya yang tangguh. Membuat… Selengkapnya

13 Agustus 2022

Fitur Keren Suzuki S Presso & Baleno Yang Meluncur di GIIAS 2022

Perusahaan otomotif Suzuki resmi meluncurkan dua mobil barunya pada pameran GIIAS 2022. Mobil tersebut adalah… Selengkapnya

12 Agustus 2022

Honda Perkenalkan 3 Mobil di GIIAS 2022

Pameran otomotif berskala internasional, Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, baru saja digelar mulai 11… Selengkapnya

11 Agustus 2022

Komponen Kaki-kaki Mobil: Fungsi & Gejala Kerusakan

Komponen kaki-kaki mobil memiliki peranan yang penting dalam kenyamanan berkendara. Oleh karenanya, perlu sekali untuk… Selengkapnya

10 Agustus 2022