Kapan Ban Mobil Perlu Spooring?

Kapan Ban Mobil Perlu Spooring?

Kapan Ban Mobil Perlu Spooring – Merawat mobil kesayangan agar tetap dalam kondisi optimal adalah sebuah kewajiban untuk kamu sebagai pemilik kendaraan, hal ini dilakukan untuk menjaga kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Terlebih jika mobil kesayangan kamu tersebut digunakan secara rutin untuk setiap harinya.

Salah satu komponen yang sangat penting untuk kamu perhatikan kondisinya adalah ban mobil. Ban sendiri adalah salah satu komponen vital yang memiliki fungsi menjadi alat bantu kendali ataupun navigasi. Ban mobil adalah satu-satunya komponen yang bersentuhan langsung dengan aspal jalanan, maka dari itu sangat penting sekali melakukan perawatan secara rutin.

Hal ini perlu dilakukan karena seiring dengan waktu penggunaan, roda mobil dapat berubah. Perubaha ini bisa menjadi tidak seimbang karena adanya pergeseran sudut kemiringan roda toe. Dikutip melalui otomotif.kompas.com, Training Development Section Head PT Astra Daihatsu Motor. Aji Prima Barus, menyebut bahwa setelan toe untuk mobil penumpang adalah nol dan dengan toleransi kurang lebih 2 mm.

Apabila toe terlalu tinggi ke sisi positif, maka akan terjadi keausan pada bagian ba dalam karena adanya kecenderungan tertarik ke bagian dalam. Toe sendiri adalah salah satu sisi pada roda yang menunjukkan selisih jarak antara roda depan dengan roda belakang.

Kapan Ban Mobil Perlu Spooring

Toe positif memiliki arti dua roda depan lebih condong ke sisi dalam, sedangkan toe negatif adalah roda depan lebih condong ke sisi luar. Dan ketika toe nol, maka dua toda depan akan lurus. Setelan toe ini bisa berubah seiring dengan berjalannya waktu, karena memang di dalamnya ada ball joint yang bisa mengalami keausan. Dan ketika sudah aus, maka panjang kanan dan kiri akan berbeda.

Lalu, kapan ban mobil perlu spooring? Mudahnya adalah ketika kendali mobil saat dikendaraai akan lebih berat ke satu arah saja. Karena ketika toe berubah, maka posisi kemudi akan condong ke kanan atau ke kiri. Misalnya adalah posisi toe pada awalnya lurus atau nol, lalu roda bagian kiri lebih positif posisinya, maka roda akan lebih narik ke arah kiri.

Maka dari itu, apabila posisi steering sudah condong ke salah satu arah kiri atau kanan, berarti tandanya ban perlu dilakukan spooring secepat mungkin. Namun, indikasi kemudi berat ke salah satu sisi ini juga bisa diakibatkan karena tekanan angin pada ban yang tidak pas untuk salah satu sisinya. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk spooring, silakan cek terlebih dahulu tekanan angin di masing-masing sisi ban mobil.

Tempat Spooring Terdekat

Apabila kamu mencari toko spooring terdekat dari kamu, maka kamu bisa datang saja ke salah satu diler resmi TKB Group. Ada beberapa toko velg dan ban mobil HSR ini yang memang menyediakan spooring untuk yang ingin melakukannya. Dan harga spooring nya sendiri cukup terjangkau dibandingkan yang lainnya.

Yuk, langsung datang saja ke diler resmi TKB Group. Untuk mengetahui alamatnya silakan klik disini yah.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan