Hindari 5 Kebiasaan Buruk yang Buat Mobil Cepat Rusak

Kebiasaan Buruk yang Buat Mobil Cepat Rusak – Mobil adalah kendaraan yang saat ini dibutuhkan oleh banyak kalangan. Kehadirannya sangat berguna oleh banyak sektor, mulai dari angkutan umum hingga menjadi mobil niaga. Namun, terkadang mobil akan mengalami kerusakan dan juga membutuhkan perbaikan. Jika hal tersebut terjadi, maka segeralah lakukan perbaikan, karena jika ditunda-tunda maka kerusakan tersebut akan semakin menyebar. Salah satu penyebab mobil cepat mengalami kerusakan adalah karena penggunaan pemilik yang mungkin kurang baik dan juga sembarangan. Padahal hal tersebut tentu saja dapat mempersingkat usia dari mobil itu sendiri.

Kebiasaan Buruk yang Buat Mobil Cepat Rusak

Berikut lima kebiasaan buruk yang dilakukan oleh pemilik mobil yang membuat mobil semakin cepat rusak :

Menggunakan Gigi Netral di Turunan

Menggunakan gigi netral di jalanan yang menurun adalah hal yang seharusnya dihindari. Karena jika sering melakukan ini maka risiko kecelakaan akan semakin tinggi. Karena memang mobil ketika di jalanan menurun dan menggunakan gigi netral akan melaju lebih cepat dan juga ringan. Karena menurun dengan kecepatan tinggi tersebut, dikhawatirkan pengemudi akan mengalami kesulitan untuk mengerem, memasukkan gigi, ataupun mengontrol mobil.

Hal tersebutlah yang mampu mengakibatkan terjadinya mobil slip dan berpotensi terjadinya kecelakaan. Alangkah baiknya gunakan transmisi yang terendah untuk menjaga laju mobil saat di turunan.

Kebiasaan Buruk yang Buat Mobil Cepat Rusak : Sering Rem Mendadak

Rem adalah komponen yang penting dalam mengendalikan mobil. Namun terlalu sering melakukan rem mendadak adalah salah satu tindakan buruk yang dapat merusak mobil. Hal tersebut dikarenakan akan merusak dan mempersingkat umur dari kampas rem mobil kamu. Biasakan lakukan pengereman dari jarak yang cukup jauh dari titik berhenti. Selain itu, kamu juga perlu menjaga kecepatan mobil kamu agar tetap aman untuk meminimalisir penggunaan rem secara mendadak.

Sering Injak Pedal Gas Mendadak

Dengan menginjak pedal gas secara mendadak ketika kondisi diam memang ada sensasi tersendiri ketika mendapat tarikan mobil yang kuat. Namun, dengan menginjak pedal gas secara mendadak akan membuat mesin mobil bekerja lebih keras dalam waktu yang singkat. Hal tersebut membuat RPM berputar dalam kecepatan tinggi secara tiba-tiba. Hasilnya, komponen mobil akan cepat rusak dan konsumsi BBM pun lebih besar ketika melakukan hal tersebut.

Lupa Matikan Lampu Kabin

Kebiasaan kecil ini juga memiliki potensi menyebabkan kerusakan pada mobil terutama pada kelistrikan khususnya pencahayaan di dalam kabin. Jika hal tersebut terjadi maka ketika mobil dinyalakan aliran listrik ke aki akan terputus sehingga aki akan menggunakan energy cadangan yang suatu waktu akan habis. Dan lebih parahnya lagi, tak jarang mesin mobil menjadi sulit untuk dinyalakan.

Jarang Servis Mobil

Kebiasaan yang satu ini juga adalah hal utama yang harus dihindari ketika tak ingin mobil kesayangan menjadi rusak. Dengan melakukan servis, maka mobil termasuk komponen-komponen lain juga akan mendapatkan perawatan dan pengecekan. Alhasil, risiko-risiko kerusakkan pada mobil dapat diminimalisir.

Pos Terbaru

Cara Kerja Kopling Mobil yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Kerja Kopling Mobil - Untuk kamu yang memiliki sebuah mobil dengan sistem transmisi manual,… Read More

1 jam lalu

Perbedaan Mobil SUV Dan MPV

Perbedaan Mobil SUV Dan MPV - Di Indonesia kini sedang ramai dengan persaingan antara mobil… Read More

2 hari lalu

Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin

Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin - Saat ini, mobil sendiri terbagi atas dua tipe.… Read More

2 hari lalu

Perbedaan Aki Kering dan Basah

Perbedaan Aki Kering dan Basah - Baterai atau aki yang terpasang pada sebuah mobil umumnya… Read More

3 hari lalu

Perbedaan Bea Dan Cukai yang Perlu Diketahui

Perbedaan Bea Dan Cukai - Nama bea cukai mungkin sering didengar oleh banyak orang, terlebih… Read More

3 hari lalu

Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil Hitam Dengan Benar

Bagaimana cara menghilangkan baret pada mobil hitam kamu? Timbul baret pada mobil yang memiliki warna… Read More

4 hari lalu