Berita Otomotif

Kelebihan & Kekurangan 3 Bahan Kaca Film Mobil

Sinar matahari yang langsung masuk ke dalam mobil tentu saja akan mengganggu selama berkendara. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu sebagai pemilik perlu memasang kaca film untuk mengurangi efek panas dari sinar matahari. Di pasaran sendiri setidaknya terdapat beberapa bahan dasar kaca film mobil. Beda bahan dasar, tentu beda juga manfaat yang didapat.

Pada dasaranya kaca film mobil memang memiliki beberapa manfaat yang bisa dirasakan. Manfaat kaca film yang paling utama adalah untuk mengurangi intensitas cahaya dari luar untuk panas. Efek cahaya matahari yang cukup panas tentu saja bisa menggangu perjalanan. Selain itu, menggunakan kaca film juga bisa berguna untuk kamu yang ingin menjaga privasi di dalam mobil.

Dengan memasang kaca film yang gelap, maka orang yang ada di luar mobil tidak bisa melihat aktivitas yang ada di dalam mobil secara langsung. Pemilihan kaca film sendiri biasanya dilakukan berdasarkan beberapa pertimbangan, yang pertama adalah visibilitas, kemampuan menolak panas, hingga terang-gelapnya jendela. Pemilihan kaca film ini perlu disesuaikan dengan kebutuhan serta selera masing-masing.

Bahan Dasar Kaca Film Mobil

Setidaknya untuk saat ini terdapat tiga bahan utama yang biasanya digunakan. Ketiga bahan ini memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing. Simak penjelasan lengkap dari tiga bahan dasar kaca film berikut ini.

1. Nano Metal

Nano metal adalah salah satu bahan dasar kaca film yang memiliki kelebihan menolak panas dengan baik. Dalam kondisi yang prima, warna dari kaca film nano metal juga sangat bagus. Namun, dibalik kemampuannya ini tentu saja terdapat kekurangan. Ketika dipasang pada mobil, nano metal bisa menghambat sinyal dari sensor yang ada di kabin mobil.

Untuk mobil modern sekarang, terdapat sensor yang umumnya memiliki fitur auto headlamp dan wiper. Dengan menggunakan kaca film berbahan nano metal ini akan menimbulkan risiko gangguan kerja sensor.

2. Nano Ceramic

Bahan dasar kaca film mobil yang kedua adalah nano ceramic. Bahan satu ini memiliki kelebihan untuk menolak panas yang hampir sama dengan nano metal. Tak hanya itu saja, nano ceramic juga memiliki warna yang gelap dan tidak bisa dilihat dari luar.

Kelebihan ini berfungsi untuk kamu yang ingin menjaga privasi di dalam mobil. Dengan menggunakan kaca film yang terbuat dari nano ceramic, maka keamanan juga bisa lebih terjaga. Namun bahan yang satu ini memiliki kekurangan dari segi visibilitas. Tingkat visibilitas dari dalam mobil ke arah luar akan berkurang.

3. Nano Carbon

Dari ke semua bahan kaca film mobil, nano carbon bisa dibilang sebagai bahan dasar yang paling baik. Nano carbon memiliki kemampuan untuk menolak panas yang tinggi dan juga visibilitas yang jernih. Namun, tingkat kegelapan dari nano carbon lebih rendah dibandingkan lainnya. Dengan kata lain, kaca film yang terbuat dari nano carbon akan terlihat lebih bening dari luar. Dan orang dari luar mobil akan lebih mudah melihat aktivitas yang terjadi di dalam mobil.

Artikel Terbaru

8 Mobil MPV Terlaris di Indonesia Mei 2022

Mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) merupakan mobil yang paling diminati oleh pembeli di Indonesia dan… Selengkapnya

6 Agustus 2022

Modifikasi Audio Mobil, Apakah Membuat Konsumsi BBM Lebih Boros?

Modifikasi mobil merupakan hal yang sering dilakukan oleh pemilik kendaraan baik modifikasi velg mobilnya saja… Selengkapnya

5 Agustus 2022

BMW X4 2022 Resmi Meluncur, Ini Dia Spesifikasinya!

Perusahaan otomotif asal Jerman BMW, baru saja meluncurkan X3 M Competition X4 M Competition dengan… Selengkapnya

4 Agustus 2022

HSR Wheel Kembali Hadir Memeriahkan GIIAS 2022

HSR Wheel merupakan brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013 dan telah… Selengkapnya

4 Agustus 2022

5 Cara Merawat Sliding Door Mobil Yang Benar

Sliding door atau pintu geser merupakan salah satu fitur yang memudahkan pengemudi maupun penumpang untuk… Selengkapnya

3 Agustus 2022

Daftar Harga Mobil Listrik Termurah di Indonesia 2022

Segmen mobil listrik sedang berkembang di Tanah Air karena lahirnya bentuk-bentuk model baru. Salah satunya,… Selengkapnya

2 Agustus 2022