Berita Otomotif

Kelebihan & Kekurangan 3 Bahan Kaca Film Mobil

Sinar matahari yang langsung masuk ke dalam mobil tentu saja akan mengganggu selama berkendara. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu sebagai pemilik perlu memasang kaca film untuk mengurangi efek panas dari sinar matahari. Di pasaran sendiri setidaknya terdapat beberapa bahan dasar kaca film mobil. Beda bahan dasar, tentu beda juga manfaat yang didapat.

Pada dasaranya kaca film mobil memang memiliki beberapa manfaat yang bisa dirasakan. Manfaat kaca film yang paling utama adalah untuk mengurangi intensitas cahaya dari luar untuk panas. Efek cahaya matahari yang cukup panas tentu saja bisa menggangu perjalanan. Selain itu, menggunakan kaca film juga bisa berguna untuk kamu yang ingin menjaga privasi di dalam mobil.

Dengan memasang kaca film yang gelap, maka orang yang ada di luar mobil tidak bisa melihat aktivitas yang ada di dalam mobil secara langsung. Pemilihan kaca film sendiri biasanya dilakukan berdasarkan beberapa pertimbangan, yang pertama adalah visibilitas, kemampuan menolak panas, hingga terang-gelapnya jendela. Pemilihan kaca film ini perlu disesuaikan dengan kebutuhan serta selera masing-masing.

Bahan Dasar Kaca Film Mobil

Setidaknya untuk saat ini terdapat tiga bahan utama yang biasanya digunakan. Ketiga bahan ini memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing. Simak penjelasan lengkap dari tiga bahan dasar kaca film berikut ini.

1. Nano Metal

Nano metal adalah salah satu bahan dasar kaca film yang memiliki kelebihan menolak panas dengan baik. Dalam kondisi yang prima, warna dari kaca film nano metal juga sangat bagus. Namun, dibalik kemampuannya ini tentu saja terdapat kekurangan. Ketika dipasang pada mobil, nano metal bisa menghambat sinyal dari sensor yang ada di kabin mobil.

Untuk mobil modern sekarang, terdapat sensor yang umumnya memiliki fitur auto headlamp dan wiper. Dengan menggunakan kaca film berbahan nano metal ini akan menimbulkan risiko gangguan kerja sensor.

2. Nano Ceramic

Bahan dasar kaca film mobil yang kedua adalah nano ceramic. Bahan satu ini memiliki kelebihan untuk menolak panas yang hampir sama dengan nano metal. Tak hanya itu saja, nano ceramic juga memiliki warna yang gelap dan tidak bisa dilihat dari luar.

Kelebihan ini berfungsi untuk kamu yang ingin menjaga privasi di dalam mobil. Dengan menggunakan kaca film yang terbuat dari nano ceramic, maka keamanan juga bisa lebih terjaga. Namun bahan yang satu ini memiliki kekurangan dari segi visibilitas. Tingkat visibilitas dari dalam mobil ke arah luar akan berkurang.

3. Nano Carbon

Dari ke semua bahan kaca film mobil, nano carbon bisa dibilang sebagai bahan dasar yang paling baik. Nano carbon memiliki kemampuan untuk menolak panas yang tinggi dan juga visibilitas yang jernih. Namun, tingkat kegelapan dari nano carbon lebih rendah dibandingkan lainnya. Dengan kata lain, kaca film yang terbuat dari nano carbon akan terlihat lebih bening dari luar. Dan orang dari luar mobil akan lebih mudah melihat aktivitas yang terjadi di dalam mobil.

Artikel Terbaru

Begini Penyebab Kecelakaan Maut Di Balikpapan

Kecelakaan di Balikpapan. Akhir-akhir ini, kita sedang dihebohkan oleh berita mengenai kecelakaan maut yang terjadi di… Selengkapnya

28 Januari 2022

Cara Merawat Ban Mobil Agar Lebih Awet

Merawat Ban Mobil- Ban merupakan komponen terpenting untuk semua jenis kendaraan khususnya mobil. Bocornya ban… Selengkapnya

28 Januari 2022

Jual Aksesoris Mobil Terbaik & Berkualitas

Aksesoris Mobil. Bagi kamu yang memiliki kendaraan mobil dan suka berpergian jauh. Kamu wajib membeli… Selengkapnya

27 Januari 2022

Cara Membedakan Velg Original dan Replika

Velg Original - Bagi kamu pecinta otomotif, melakukan modifikasi kendaraan merupakan suatu kegemaran atau bahkan… Selengkapnya

27 Januari 2022

Tips Modifikasi Velg Mobil Agar Terlihat Keren

Tips Modifikasi Velg Mobil - Bagi kamu yang mempunyai kendaraan mobil. Kamu harus memperhatikan velg… Selengkapnya

26 Januari 2022

Jual Ban Mobil Terdekat di Jakarta Timur

Ban Mobil- Memiliki ban mobil yang berkualitas merupakan impian semua orang yang memiliki kendaraan mobil.… Selengkapnya

26 Januari 2022