Kelebihan dan Kekurangan Air Suspension

Kelebihan dan Kekurangan Air Suspension

Kelebihan dan Kekurangan Air Suspension – Air suspensi saat ini memang diidamkan oleh banyak modifikator Indonesia, hal ini dikarenakan dengan menggunakan air suspension maka pengemudi bisa mengatur ketinggian mobil sesuai dengan selera masing-masing.

Karena memang belum banyak mobil yang sudah menyediakan air sus di dalamnya, maka langkah modifikasi dilakukan guna mendapatkan sensasi seperti mengendarai mobil ceper & mobil standar dengan satu kendaraan saja.

Air suspension atau airsus adalah salah satu jenis suspensi kendaraan yang mengandalkan udara bertekanan sebagai kinerja utamanya. Namun kekurangannya mungkin dari sisi harga yang masih bisa dibilang cukup mahal. Harga air suspension yang ada di pasaran saat ini ada di antara Rp 20-50 juta sudah termasuk pemasangan.

Kelebihan dan Kekurangan Air Suspension

Nah, untuk kamu yang ingin menggunakan air suspension pada mobil kesayangan, mungkin kamu membutuhkan beberapa referensi dari berbagai sudut. Mulai dari kelebihan, kekurangan, hingga penggunaan pada daily to use. Untuk itu, berikut di bawah ini kami berikan beberapa kelebihan dan kekurangan air suspension yang mungkin perlu kamu ketahu.

Kelebihan Air Suspension

1. Tampil Keren

Perubahan tampilan pada mobil setelah menggunakan air suspension memang tidak bisa dipungkiri. Semakin mobil ceper, maka tampilannya semakin sporty dan juga keren. Dengan air sus yang terpasang, bisa membuat mobil ceper hingga rapat dengan permukaan jalan. Maka tak heran, pemilik kendaraan yang mengutamakan tampilan akan memasang air sus guna meningkatkan sisi ganteng mobil kesayangan.

2. Form With Function

Cepernya airsun tentu tidak akan mengorbankan sisi kenyamanan saat berkendara. Ketika ingin jalan, maka naikkan air sus agar mobil bisa jalan dengan nyaman. Ketika ingin parkir dan pamer, turunkan air suspension agar tampil ganteng dan jadi pusat perhatian.

3. Kenyamanan

Cara kerja air suspension adalah dengan menggunakan udara agar mampu menyerap getaran yang berasal dari jalan. Walaupun beberapa brand coilover sudah menyematkan tipe comfort, namun kenyemanan dari suspensi udara ini tentu tidak bisa digantikan.

Kekurangan Air Suspension

1. Maintenance

Semakin banyaknya moving parts, maka maintenance mobil pun akan semakin repot. Terutama dari sisi biaya maintenance.

2. Reliability

Masih berkaitan dengan pon pertama, ketika moving parts terlalu banyak, maka risiko terjadinya kerusakan juga semakin tinggi. Selain itu, air suspension dikenal tidak setangguh dengan suspensi dari per pada penggunaan ekstrim seperti melewati jalanan rusak.

Walaupun memang saat ini teknologi air sus semakin berkembang, termasuk dari sisi ketahanannya. Tentu saja kembali lagi dengan pilihan brand air sus beserta harganya.

3. Harga

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, harga air suspension sendiri sangat mahal. Untuk brand ternaha dan dikenal dengan reputasi baik biasanya mematok harga Rp 40-80 juta. Dan itu belum termasuk biaya instalasi dan juga maintenance yang harus dilakukan. Namun ada beberapa brand yang memang mengeluarkan versi terjangkaunya alias entry level dengan kisaran harga Rp 10 juta saja.

4. Berat

Air sus memang memiliki bobot yang cukup berat. Dan dengan dipasangnya air sus ke dalam mobil, maka akan menambah berat mobil yang tentunya hal tersebut akan memengaruhi performa dan fuel economy mobil.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan