Kelebihan dan Kekurangan Ertiga Yang Harus Kamu Tahu!

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ertiga!

Suzuki Ertiga merupakan salah satu mobil keluaran Jepang yang masuk ke segmen mobil Low MPV. Mobil ini memiliki tampilan depan yang cukup gagah dengan bentuk khas Suzuki. Mobil ini cukup banyak peminatnya di Tanah Air. Bahkan kehadiran Ertiga menjadi penyumbang terbesar penjualan dari Suzuki.

Suzuki Ertiga secara resmi diperkenalkan pada tahun 2012, kemudian pada tahun 2015 diluncurkan kembali  dengan model facelift dengan fitur-fitur terbarunya. Pada versi terbarunya, telah banyak perubahan baik dari segi interior maupun eksterior. Apabila kamu ingin membeli mobil LMPV yang satu ini. Berikut ini kelebihan dan kekurangan Suzuki Ertiga yang bisa jadi bahan pertimbanganmu.

Baca Juga: Varian Mobil Suzuki: Harga & Spesifikasinya

Kelebihan Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga merupakan salah satu mobil terlaris bagi perusahaan Suzuki karena bentuk mobilnya yang gagah dan interior mobil yang terlihat sangat mewah. Berikut ini kelebihan Suzuki Ertiga dibandingkan kompetitornya yang bisa jadi bahan pertimbanganmu.

1. Irit Konsumsi BBM

Irit Konsumsi BBM
Irit Konsumsi BBM

Dalam membeli sebuah mobil, efisiensi konsumsi bahan bakar menjadi salah satu faktor penting. Suzuki Ertiga generasi pertama termasuk mobil yang irit konsumsi bahan bakar di kelas Low MPV. Hal ini dibuktikan dengan pengetesan di rute dalam kota dengan kecepatan 12 km untuk 1 liter BBM (12 km/liter).

Kemudian untuk pengetesan rute di luar kota tercatat 16.5 km/liter. Bahkan pada kecepatan kostan 100 kmjam pada jalan tol mencapai 18.3 km/liter. Teknologi VVT (Variable Valve Timing) memiliki peran yang sangat penting terhadap efisiensi konsumsi bahan bakar.

2. Memiliki Mesin Yang Bertenaga

Mesin Yang Bertenaga
Mesin Yang Bertenaga

Suzuki Ertiga generasi terakhir dilengkapi dengan mesin K15B DOHC-VVT  dengan kapasitas 1500 cc. Sehingga membuat performa Ertiga cukup responsif, baik saat dipasangkan pada transmisi manual 5 percepatan atau otomatis dengan 4 percepatan.

Dengan tenaga yang dihasilkan sebesar 104 PS pada putaran 6000 rpm dan torsi mencapai 138 Nm pada putaran 4000 rpm dengan perbandingan kompresi 1:10. Sementara untuk mesin VVT telah dilengkapi dengan fitur MPI, fitur Metal Timing Chain, dan fitur Drive Wire Technology. Hal ini membuat peforma mesin menjadi lebih maksimal dan irit konsumsi BBM.

3. Fitur Keamanan dan Keselamatannya Lengkap

Fitur Keamaan Suzuki Ertiga Lengkap
Fitur Keamaan Suzuki Ertiga Lengkap

Suzuki Ertiga memiliki fitur keamanan dan keselamatan yang lengkap dibandingkan dengan kompetitornya. Sehingga membuat pengemudi lebih tenang saat berkendara. Suzuki Ertiga generasi terbaru telah dilengkapi dengan 2 airbag yang terletak di bagian depan.

Sedangkan untuk fitur pengereman, Suzuki Ertiga telah dilengkapi dengan rem anti lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), sensor parkir saat mundur, pengait ISOFIX dan door open stoppers. Fitur-fitur tersebut tentunya sangat berpengaruh kepada kenyamanan saat berkendara.

Selain memiliki kelebihan, Suzuki Ertiga juga memiliki kelemahan. Berikut ini beberapa kelemahan yang bisa jadi bahan pertimbangan kamu saat ingin membelinya.

Kelemahan Suzuki Ertiga

Berikut ini beberapa kelemahan dari Suzuki Eriga generasi terbaru yang perlu kamu tahu. Simak ulasan di bawah ini sampai habis ya!

1. Kurangnya Soket Pengisian Daya

Minimnya Soket Pengisan Daya
Minimnya Soket Pengisan Daya

Kelemahan dari Suzuki Ertiga adalah kurangnya soket pengisian daya. Sehingga membuat pengemudi merasa menjadi tidak suka berlama-lama di dalam mobil. Hal ini tentu harus menjadi perhatian bagi perusahaan Suzuki apalagi untuk mobil keluaran terbaru. Bahkan mobil buatan China telah dilengkapi dengan banyak soket agar membuat penumpang merasa nyaman saat berada di dalam mobil.

2. Tidak Adanya Fitur Indikator Eco

Tidak Ada Fitur Indikator Eco
Tidak Ada Fitur Indikator Eco

Selain minimnya soket, kelemahan dari Suzuki Ertiga selanjutnya adalah tidak adanya fitur indikator Eco. Sementara rivalnya telah menggunakan fitur Indikator Eco. Fitur ini akan hidup pada panel instrumen apabila pengemudi mengendarai mobil dengan menghemat bahan bakar. Selain itu, informasi indikasi berkendara juga tidak ada.

3. Pengaturan AC Mobil Masih Menggunakan Model Kenop

Pengaturan AC Mobil Suzuki Ertiga
Pengaturan AC Mobil Suzuki Ertiga

Kekurangan Suzuki Ertiga yang terakhir terlihat dari pengaturan AC mobilnya. Suzuki Ertiga pengaturan AC mobilnya masih menggunakan model kenop. Hal ini dianggap tertinggal untuk mobil keluaran sekarang. Sementara kompentitornya Honda Mobilio dan Toyota Avanza untuk pengaturan AC telah menggunakan model digital. Selain itu, Suzuki Ertiga juga memiliki desain head unit  yang terlihat kecil dan terlalu minimalis sehingga membuat penumpang merasa kurang nyaman.

Nah itu dia kelebihan dan kekurangan Suzuki Ertiga yang bisa jadi bahan pertimbangan saat ingin membeli. Harga Suzuki Ertiga terbaru Rp 225,1. Sedangkan harga kompentitornya, yaitu Honda Mobilio 2020 baru sekitar Rp 206 juta sampai Rp 261 jutaan. Harga Toyota Avanza sekitar Rp 200 juta hingga Rp 230 jutaan.

Baca Juga: Upgrade Velg dan Ban Suzuki Ertiga

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan