Kelebihan dan Kekurangan Mobil Ceper, Ketahui Sebelum Modifikasi!

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Ceper, Ketahui Sebelum Modifikasi!

Bagi kamu yang berniat melakukan modifikasi mobil ceper, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan yang nantinya akan ditanggung setiap pemilik mobil. Sebab, mobil dengan ground clreance yang lebih rendah bagi beberapa orang membuat mobil terlihat lebih menarik.

Biasanya, mobil ceper akan banyak ditemukan pada mobil-mobil sport. Tapi, di samping itu mobil ceper juga banyak digunakan pada mobil harian untuk tampil lebih bergaya. Namun, kamu juga harus mempertimbangkan matang-matang, jangan sampai malah jadi menyusahkan saat digunakan untuk sehari-hari. Berikut di bawah ini kelebihan dan kekurangan dari mobil ceper.  

Kelebihan Mobil Ceper

kelebihan mobil ceper

Mendongkrak Tampilan Mobil

Mobil yang dimodifikasi ceper dapat mendongkrak tampilan mobil menjadi lebih keren dari sebelumnya. Mobil akan tampak terlihat proporsional atau lebih proper dengan jarak fender dan dinding roda yang tidak terpaut jauh dengan gground clearance yang rendah.

Meningkatkan Aerodinamis

Mobil ceper memiliki tingkat aerodinamis yang lebih baik saat digunakan karena pengaruh ground clearance yang dimilikinya. Sebab, aliran angin yang berada di bagian kolong mobil saat berpacu di jalan lebih rendah, sehingga membuat mobil memiliki kemampuan mencengkram aspal lebih baik.

Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar

Mobil dengan ground clearance rendah juga mampu memaksimalkan gerak dan meningkatkan bahan bakar pada mobil. Sebab, hambatan udara di mobil menjadi lebih baik dibandingkan mobil yang memiliki postur tinggi.

Mobil Lebih Stabil

Mobil ceper menjadi lebih stabil karena memiliki pusat gravitasi yang lebih rendah. Sebab, mobil yang pusat gravitasinya tinggi akan menjadi kurang stabil saat berbelok di tikungan hingga pada kecepatan tinggi. Mobil ceper juga dapat meminimalisir resiko tergulingnya mobil saat terjadi tabrakan di jalan.

Kekurangan Mobil Ceper

Kekurangan Mobil Ceper

Bodi Mobil Ceper Cepat Rusak

Mobil ceper harus digunakan hati-hati saat berada di jalanan Indonesia yang banyak lubang dan polisi tidur. Jika tidak, bagian bawah bodi mobil akan menggasruk aspal dan mengakibatkan bodi mobil cepat rusak dan baret-baret. Selain itu, bagian bumper depan dan belakang juga rentan mengalami kerusakan serupa.

Lebih Sensitif Terhadap Guncangan

Saat mobil ceper melintasi jalanan berlubang dengan tekstur permukaan jalan yang kasar maka guncangan di mobil ceper akan lebih terasa dan membuat tidak nyaman. Oleh sebab itu, mobil ceper memang tidak dianjurkan digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Sulit Didongkrak

Saat mobil ceper mengalami pecah ban di jalanan, tentu saja mobil harus didongkrak untuk diganti dengan ban serep. Saat didongkrak ini lah yang membuat mobil ceper kesulitan didongkrak akibat sulit menemukan posisi tumpu untuk dipasang dongkrak.

Mengurangi Umur Sparepart Lainnya

Saat melakukan modifikasi mobil ceper, kamu harus mencari bengkel yang sudah mahir dalam bidangnya. Sebab, modifikasi mobil ceper yang asal akan mengurangi umur sparepart bagian kaki-kaki yang lainnya, seperti meningkatkan beban kerja di shockbreaker mobil.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan