Kelebihan dan Kekurangan Mobil Panther

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Panther

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Panther – Isuzu Panther merupakan mobil model Multi Purpose Vehicle atau biasa disebut dengan mobil MPV legendaris yang memiliki usia sangat panjang di Indonesia. Mobil ini pertama kali diproduksi pada tahun 1991. Dan mobil ini khusus dikembangkan dan juga diproduksi di Indonesia. Uniknya, desain mobil ini dari dulu tak mengalami banyak perubahan. Hal tersebut lah yang menjadi daya tarik dari mobil ini.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Panther

Untuk kamu yang ingin membeli mobil ini, sebaiknya perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan mobil Panther yang bisa berguna untuk kamu dalam hal mengambil keputusan. Untuk itu, berikut ulasan lengkap tentang plus minus mobil Panther yang bisa kamu simak di bawah ini :

Kelebihan Mobil Panther

Mesin Bandel

Mayoritas mobil MPV saat ini menggunakan mesiin berbahan bakar bensin. Namun, dari dulu hingga saat ini Panther selalu konsisten menggunakan mesin Diesel. Alasannya karena memang mesin diesel bisa menghasilkan torsi yang besar.

Mesin Panther memiliki kapasitas 2.5 liter turbocharged yang mampu mengeluarkan power maksimal hingga 60 Ps pada putaran mesin 3.500 rpm. Dan untuk torsi maksimalnya sendiri mencapai 191 Nm pada putaran 1.800 rpm. Walaupun tenaga dari mobil ini sedikit di bawah dibandingkan MPV lainnya. Namun untuk torsinya, mobil ini mampu mendapatkan nilai lebih besar dari Toyota Innova Diesel 2.4 liter.

Untuk urusan bahan bakarnya sendiri, Isuzu Panther ini dikenal dengan mobil yang tergolong irit. Karena untuk penggunaannya sendiri setiap 1 liter bahan bakar, mobil ini mampu menempuh jarak 10 hingga 13 kilometer.

Dimensi Luas

Kelebihan selanjutnya adalah mobil ini memiliki dimensi yang besar. Isuzu Panther sendiri memiliki dimensi panjang 4.535 mm, lebar 1.770 mm, dan juga tinggi 1.920 mm. Walaupun ukurannya tak sebesar dengan mobil lain dikelasnya. Namun tetap cukup untuk menampung 7 penumpang dengan nyaman di dalam kabinnya.

Monitor di Atap dan Kamera Parkir

Sebagai mobil yang memiliki usia yang cukup lawas, Isuzu Panther memang tak dilengkapi fitur entertainment yang banyak. Walau begitu, Isuzu tetap melakukan upaya agar memberikan pelayanan maksimal kepada penghuni kabin Panther. Untuk varian tertingginya, head unit yang dimiliki masih single-DIN. Namun terdapat layar monitor di atap untuk digunakan memutar DVD.

Lalu ada teknologi yang disematkan oleh Isuzu pada Panther yaitu menempatkan layar monitor untuk kamera parkir di spion tengah. Fitur ini mampu membuat Isuzu Panther menjadi lebih menarik. Mobil ini juga dilengkapi dengan sensor parkir yang terpasang di belakang mobil untuk memudahkan pengemudi ketika ingin parkir.

Jok Kulit

Interior mobil ini memang jauh dari kata mewah. Tapi setidaknya Isuzu telah melapisi jok, kemudi, dan juga konsol tengah untuk Panther varian tertinggi dengan material kulit. Hal tersebut guna mendukung kenyamanan penumpang dari mobil ini ketika di dalam kabin. Selain menambah kenyamanan, lapisan kulit juga lebih mudah dibersihkan ketika terkena tumpahan cairan.Untuk varian di bawahya, mobil ini memiliki jok yang masih dilapisi dengan bahan kombinasi antara kulit dan juga vinyl.

Kekurangan Mobil Panther

Suara Berisik dan Emisi yang Tinggi

Kebanyakan mobil dengan mesin diesel memang memiliki getaran yang mengakibatkan suara berisik terdengar hingga dalam kabin. Hal tersebut tentu saja mengganggu kenyamanan penumpang yang ada di dalamnya. Lalu produksi mobil Isuzu Panther ini pun terancam dihentikan apabila pada tahun 2021 nanti Standar Emisi Euro-4 akan di terapkan di Indonesia. Jika Isuzu Panther tak melakukan penyempurnaan dari sisi emisi gas yang dibuang, maka kehadiran Isuzu Panther akan terancam saat itu juga.

Minim Sekali Fitur Keselamatan

Untuk fitur keselamatannya sendiri di mobil ini bisa dibilang tidak ada. Yang dimiliki mobil ini untuk fitur keselamatannya hanya ada Sabuk pengaman saja, Sedangkan untuk airbag, Rem ABS plus EBD, dan juga BA (Brake Assist) mobil iniĀ  tak memilikinya.

Minim Fitur

Untuk mobil dengan harga yang cukup mahal hingga Rp 300 jutaan. Fitur yang dimiliki Isuzu Panther sangat terbatas. Seperti belum adanya kunci pintar untuk akses pintu mobil, tombol start engine tidak ada, lampu utama yang masih menggunakan bohlam halogen multireflektor. Lalu mobil ini juga tak memiliki sistem multimedia layar sentuh dengan tombol navigasi yang menempel di lingkar kemudi. Lalu untuk tombol pengaturan AC Digital dengan mode otomatis tidak ditemui, soket listrik untuk mengisi daya di kursi baris kedua dan ketiga tidak ada.

Dan itu dia kelebihan dan kekurangan mobil Panther yang mungkin bisa kamu jadikan sebagai referensi ketika ingin membeli mobil ini. Semoga bermanfaat.

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan