Kelebihan dan Kekurangan Nissan Grand Livina

Kelebihan dan Kekurangan Nissan Grand Livina

Nissan Grand Livina sendiri pertama kali di resmikan di Indonesia pada tahun 2007. Kehadirannya diperkenalkan oleh Presiden dan CEO Nissan Global, Carlos Ghousn. Grand Livina dihadirkan di Indonesia untuk menyaingi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Lalu, apa kelebihan dan kekurangan dari Nissan Grand Livina ini?

Hingga kini, walaupun sudah satu decade lebih usia Grand Livina di Indonesia. Mobil ini sama sekali belum berganti generasi, padahal lawan rivalnya sudah banyak berubah. Bahkan sudah banyak kompetitor baru yang datang menawarkan fitur lebih modern. Untuk menangani hal tersebut, Small MPV (Multi Purpose Vehicle) besutan Nissan ini mengalami beberapa penyegaran.

Kelebihan dan Kekurangan Nissan Grand Livina

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk membeli mobil Nissan Grand Livina ini. Sebaiknya kamu perlu mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada pada mobil ini. Dan berikut kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Nissan Grand Livina yang bisa kamu simak di bawah ini :

Kelebihan Nissan Grand Livina

Ketika pertama kali mobil ini diluncurkan, mobil ini memang disiapkan untuk menyaingin Toyota Avanza dan juga Daihatsu Xenia. Namun, Nissan Grand Livina memiliki beberapa perbedaan dibanding kompetitornya tersebut.

Pertama, ada ada bagian eksteriornya. Desain mobil ini mengusung konsep mirip station wagon atau sedan tanpa memiliki buntut yang berdimensi panjang. Dengan memakai konsep tersebut, Grand Livina diakui sebagai mobil MPV ternyaman bahkan hingga saat ini. Posisi berkendara yang rendah semakin memberikan stabilitas berkendara yang baik karena minim terjadinya gejala limbung. Untuk kendalinya juga lebih enak dibandingkan dengan MPV lainnya yang memiliki ground clearance lebih tinggi. Tentunya hal tersebut dibantu dengan terpasangnya suspensi yang berkualitas.

Beralih ke bagian interior dari Nissan Grand Livina ini, bagian kabinnya memiliki fitur hiburan terbaik di kelasnya. Untuk sampai saat ini juga hanya Grand Livina yang berani memberi gratis roof monitor untuk varian tertingginya. Head unit yang digunakannya juga sudah versi terbaru dan bisa mirroring dengan smartphone.

Untuk jok dan lingkar kemudinya juga dilapisi kulit, dan untuk kuris baris ke tiga dari Grand Livina ini bisa dilipat rata sejajar dengan lantai mobil. Mobil ini juga memiliki banyak ruang penyimpanan di dalam kabin, salah satunya pada arm rest di kursi tengan yang memiliki dua lubang untuk cupholder.

Kekurangan Nissan Grand Livina

Memiliki ground clearance yang rendah membuat terlihat kurang dibanding dengan rivalnya. Dengan Ground Clearance yang rendah, maka tidak cocok dengan kondisi jalanan yang ada di Indonesia yang memang memiliki beragam medan dan juga berlubang. Ground Clearance yang tinggi sendiri bisa membantu mobil untuk memiliki daya jelajah yang baik dan bisa diajak menerjang genangan air yang sedikit dalam.

Untuk Ground Clearance mobil Grand Livina sendiri berukuran 175 mm, bandingkan dengan mobil keluaran Mitsubishi yaitu Xpander dengan memiliki Ground Clearance dengan ukuran 205 mm.

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Nissan Grand Livina adalah tidak memiliki kunci immobilizer. Walaupun tanpa kunci aslinya, mobil ini bisa dengan mudah dibobol bahkan dibawa kabur oleh pencuri. Fitur tersebut tentunya butuh perhatian khusus untuk Nissan jika memang berniar untuk memperbaharui Grand Livina nantinya.

Dan itu dia kelebihan dan kekurangan dari mobil Nissan Grand Livina yang mungkin bisa dijadikan bahan pertimbangan kamu ketika ingin membelinya. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan