Berita Otomotif

Kelebihan Velg Kaleng yang Wajib Diketahui

Pada tahun 90-an, velg kaleng mungkin masih menjadi primadona dikalangan pecinta otomotif Indonesia. Namun untuk saat ini, penggunaan pelek kaleng sudah mulai jarang ditemukan untuk mobil-mobil pribadi.

Pabrikan mobil hingga pabrikan velg mobil aftermarket saat ini lebih mengutamakan untuk memproduksi pelek alloy atau biasanya disebut dengan velg racing. Dengan begitu, penggunaan pelek kaleng memang menjadi terbatas. Biasanya pelek kaleng digunakan untuk jenis mobil varian terendah atau untuk kendaraan yang dikhususkan niaga.

Walaupun memang pelek kaleng terdapat beberapa kekurangan dibandingkan dengan pelek alloy, namun bukan berarti pelek kaleng ini tidan memiliki kelebihannya sendiri. Lalu apa saja kelebihan pelek kaleng dibandingkan dengan pelek alloy? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Kelebihan Velg Kaleng

1. Biaya Reparasi Lebih Murah

Pelek alloy memang memiliki kelebihan di konstruksi yang lebih kokoh dan kuat karena penggunaan bahan pencampuran. Sedangkan pelek kaleng memang cenderung lebih lentur dan juga mudah penyok. Namun pelek alloy juga tergantung dari kualitas produksinya, pelek alloy sendiri bisa menjadi lebih mudah retak apabila terkena benturan yang sangat keras. Sementara pelek kaleng hanya akan penyok dan tidak sampai retak.

Apabila sama-sama rusak seperti ini, maka pelek kaleng lebih mudah dan juga murah pada saat harus diperbaiki dibandingkan dengan pelek alloy yang memakan biaya lebih mahal.

2. Bobot Pelek

Perbedaan selanjutnya ada pada bobot pelek itu sendiri, palek kaleng memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan pelek alloy di ukuran yang sama. Dan ketika mobil menggunakan pelek kaleng, maka mobil akan butuh tenaga yang lebih untuk dikendarai.

Namun, karena bobotnya yang berat ini, pelek kaleng sering dianggap lebih kuat untuk mengangkut barang berat walaupun memang pelek alloy tidak kalah asalkan load rating atau kekuatan beban yang diangkut cukup mumpuni.

3. Harga

Saat ini harga pelek kaleng dengan ukuran 15 inci memiliki harga sekitar Rp 1,2 juta untuk per pcs pelek. Dibandingkan dengan pelek alloy, pelek kaleng memiliki harga 20 persen lebih murah di pasaran. Dan pelek juga memiliki target pasar sendiri di dunia otomotif Indonesia.

Itu dia kelebihan pelek kaleng dibandingkan pelek alloy yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Artikel Terbaru

Mobil Termurah di Indonesia Cuma 100 Juta

Daihatsu Ayla 1.0 D MT merupakan mobil termurah di Indonesia pada masa kini. Daihatsu Alya… Selengkapnya

28 Mei 2022

Rekomendasi Velg All New Avanza Agar Tambah Gahar

Avanza merupakan salah satu mobil idaman bagi masyarakat Indoesia. Selain karena fitur-fiturnya yang lengkap,  Harga… Selengkapnya

28 Mei 2022

Sunroof Bocor? Apa Sebabnya?

Sunroof merupakan salah satu fitur yang terletak di atap mobil. Fungsinya untuk melihat pemandangan dari… Selengkapnya

27 Mei 2022

Kenapa Sunroof HR-V Terbaru Hanya Bisa Dibuka Secara Manual?

Panoramic sunroof merupakan salah satu fitur yang terletak pada bagian atas mobil. Fitur ini berfungsi… Selengkapnya

26 Mei 2022

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Mobil Taruna!

Mobil Taruna merupakan salah satu jenis mobil SUV yang diproduksi oleh perusahaan Daihatsu dan diperkenalkan… Selengkapnya

26 Mei 2022

Apakah Velg Replika Aman Digunakan?

Velg merupakan salah satu komponen kaki-kaki mobil yang memiliki peran penting dalam meningkatkan performa kendaraan.… Selengkapnya

25 Mei 2022