Kenalan dengan Toyota Glanza 2019, Mobil Hybrid Murah Kembaran Baleno!

toyota glanza

Toyota Glanza digadang-gadang kembaran dengan Suzuki Baleno Hatchback karena dibuat sangat mirip. Ibarat anak kembar, walau mirip tapi tentu saja ada perbedaan-perbedaan dari keduanya, termasuk pada mobil Glanza ini.

Mobil Glanza ini telah diluncukan versi faceliftnya dengan beberapa elemen yang baru dari sebelumnya. Mungkin bagi beberapa orang nama mobil ini masih terdengar asing ditelinga mereka. Nama Glanza sendiri berasal dari bahan Jerman yang memiliki arti Brialiancy atau kecerdasan dan Radiance atau Cahaya.

Sesuai namanya, mobil ini dirancang untuk segmen anak muda yang saat ini sedang “bersinar” di masyarakat. Sejak peluncurannya, mobil Glanza cukup sukses menarik perhatian. Berdasarkan data permintaan pemesanan mobil ini mencapai angka yang cukup tinggi yaitu mencapai 2000-an unit. Sebenarnya, mobil Glanza ini merupakan merek bersama yang diproduksi oleh Maruti Suzuki sebelum akhirnya dikirim ke Toyota.  

Desain Interior dan Eksterior

toyota glanza

Terbilang mirip dengan Suzuki Baleno, mobil Glanza memang tidak menunjukan banyak perbedaan pada tampilan eksteriornya, hampir menyerupai baleno dan hanya terlihat beberapa perubahan kecil di bagian depan selain lencana merek.

Terdapat lampu depan LED dengan DRL yang mampu memberikan visibilats yang lebih baik. Kemudian terdapat gril yang dibawahnya disisipkan front airdam yang dikombinasikan dengan kedua lampu kabut pada sisi kanan dan kiri. Untuk bodi sampingnya tidak mendapat banyak perubahan dari Baleno, hanya saja pada bagian belakangnya ditambahkan rear garnish sehingga tampak terlihat lebih mewah.

Termasuk interior, tidak ada perbedaan yang cukup signifikan. Tampilan dasbornya pun terlihat minimalis dengan warna hitam yang cukup elegan seperti Baleno. Terlihat ada beberapa tombol dan beberapa fitur seperti AC, radio, dan lainnya. Perbedaannya, mobil Glanza sudah memiliki sisten infotaiment dengan teknologi layar sentuh atau smart playcast yang lebih terdepan.

Tapi, soal fitur keamanan mobil Glanza sudah memiliki dual airbag, ABS dengan EBD, tersedia tempat duduk anak standar ISOFIX, kamera dan sensor parkir mundur, hingga sistem pengingat kecepatan.

Mesin Toyota Glanza

Soal mesin, mobil Glanza hanya tersedia untuk mesin bensin saja, tapi tersedia varian G dan V. Varian G untuk versi manual dengan mesin 1.2 liter Dual Het Dual VVT seperti Baleno dengan kemampuan menghasilkan tenaga sebsar 90 daya kuda dengan torsi 113 Nm. Untuk varian V dibekali dengan mesin 1.2 liter VVT yang mampu menghasilkan 83 daya kuda dengan 113 Nm. Kedua mesin tersebut dikombinasikan dengan MT 5 percepatan dengan perpaduan sistem smart hybrid.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Glanza

Mobil Glanza dibanderol dengan harga kisaran Rp 143 jutaan. Harga tersebut memang cukup terjangkau, untuk segmentasi anak muda sekelas mobil hybrid hasil kolaborasi Toyota dan Suzuki. Mobil ini juga sudah memiliki teknologi dengan varian teratas dari Baleno, ditambah memiliki garansi yang lebih panjang dibandingkan dengan mobil kembarannya, Baleno.

Akan tetapi disisi lain, mobil ini memang menyediakan varian yang terbatas dan tidak banyak pilihan. Apalagi jika melirik pada keseluruhan mobil Glanza yang memang sangat terkesan mirip Baleno tanpa ada banyak penyegaran atau modifikasi yang signifikan. Namun dengan harga yang cukup terjangkau dengan tahun keluaran baru, mobil ini cukup worth it untuk digunakan sehari-hari.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan