Kenali Apa Itu Odometer Pada Mobil

Orang awam mungkin kurang familiar dengan istilah otomotif ini. Biasanya, orang lebih banyak mengetahui spidometer dibandingkan dengan odometer. Ditambah, terkadang banyak juga orang yang belum paham mengenai indikator di instrument cluster, sehingga banyak yang salah mengartikannya. Jadi sebenarnya apa itu odometer?

Apa itu Odometer?

Odometer adalah alat penunjuk jarak tempuh kendaraan yang terletak di panel meter dasbor mobil. Persisnya, odometer berada dekat dengan bundaran informasi soal kecepatan mobil (spidometer), putaran mesin mobil (takometer), dan jumlah bensin (fuel level).

Biasanya, odometer juga digunakan sebagai indikator untuk jangka waktu service atau penggantian oli. Cara kerja odometer terbagi menjadi dua, yaitu secara mekanik (analog) dan elektronik. Odometer yang bekerja secara mekanik mengandalkan bundaran-bundaran yang bergerak secara mekanis. Sedangkan untuk elektronik angka-angkanya sudah tersedia di layar elektronik panel meter.

Fungsi dari odometer sendiri untuk mengetahui berapa jumlah jarak yang telah ditempuh dari awal kendaraan tersebut hingga saat ini. Satuan yang digunakan odometer berupa kilometer (KM). Artinya, jika odometer menunjukan angka 40456, maka kendaraan telah menempuh jarak sebanyak 40.456 KM.

Angka yang tertera di odometer seringkali dijadikan pertimbangan penting ketika ingin membeli mobil bekas. Sebab, odometer menggambarkan mobil tersebut telah menempuh jarak yang pendek atau yang sangat jauh. Jika jarak yang sudah ditempuh sangat jauh, maka mobil biasanya sudah tidak bertenaga lagi.

Tanda Odometer Tidak Normal

Beberapa oknum yang tidak bertanggungjawab sengaja memutar atau mengutak-atik odometer mekanik maupun elektronik agar angka kilometernya terlihat masih muda dan fit.

Odometer mekanik dan elektronik memang dapat dibuat menjadi lebih muda kembali, istilahnya “dimundurkan”. odometer analog bisa dilakukan secara manual, sedangkan untuk yang digital terdapat software khusus untuk mengubahnya.

Untuk melihat tanda dari odometer yang tidak normal, cukup mudah jika dilakukan pada odometer mekanis. Sebab, pasti akan ada jejak tanda jika odometer dibuka secara manual. Namun, berbeda dengan odometer elektronik, sebab lebih sulit untuk dideteksi dan harus ditangani oleh ahli khusus.

Dampak dari odometer yang tidak normal atau dimundurkan, akan membuat jadwal service berkala menjadi berantakan. Tentu saja hal ini dapat membahayakan keselamatan pengendara. Itulah penjelasan mengenai apa itu odometer.

Tips Cek Keaslian Odometer

Seperti yang sudah kami bahas, para oknum yang tidak bertanggungjawab dengan mengutak-atik odometer ini cukup meresahkan masyarakat, terutama yang ingin membeli mobil bekas. Berikut ini kami berikan tips agar kamu tidak tertipu ketika memeriksa odometer , yang dikutip melalui laman SEVA.ID :

1. Goresan Pada Instrumen Cluster Odometer

Agar dapat mengutak-atik odometer, para oknum ini sebelumnya harus membuka instrumen cluster odometer. Apabila terdapat goresan, kamu dapat meminta penjelasan kepada penjual mengenai penyebabnya. Jika dirasa kurang memuaskan jawabannya, ada baiknya mulai mempertimbangkan opsi mobil lain. Sayangnya, hal ini hanya dapat diterapkan pada mobil bekas yang masih menggunakan odometer analog.

2. Buku Servis Mobil

Buku servis berfungsi untuk menyimpan rekam jejak servis mobil. Pencatatan kilometer pada buku servis, mengacu pada odometer mobil. Apabila angka yang tertera pada buku dan odometer berbeda, baiknya anda cek lebih lanjut perihal kebenaran angka, dengan penjual mobil.

3. Kondisi Fisik Mobil

Tentunya, ketika membeli mobil bekas, kondisi fisik sangat berpengaruh dalam penilaian kita terhadap harga yang ditawarkan penjual. Kamu bisa mulai dari cek kondisi interior, eksterior, kaki-kaki, mesin, dan juga ban mobil, Angka odometer mobil dengan kondisi fisik yang bagus juga pasti rendah. Untuk kamu yang masih awam dalam dunia otomotif, bisa melihat tutorial youtube mengenai kondisi yang layak untuk sebuah mobil bekas. Opsi lain adalah dengan membawa teman atau mekanik kepercayaan yang sudah paham mengenai mobil.

Artikel Terbaru

4 Gaya Modifikasi Double Cabin, Bisa Ditiru Nih!

Mobil double cabin merupakan mobil yang bisa digunakan untuk mengangkut banyak penumpang maupun barang. Selain… Selengkapnya

16 Agustus 2022

Wuling Air ev: Spesifikasi dan Harga

Wuling Air ev merupakan mobil hybrid yang diperkenalkan saat acara GIIAS 2022. Mobil listrik ini… Selengkapnya

15 Agustus 2022

Lebih Baik Pilih Kijang Innova 2020 Bekas atau Toyota Sienta Terbaru?

Kijang Innova 2020 bekas masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, karena performanya yang tangguh. Membuat… Selengkapnya

13 Agustus 2022

Fitur Keren Suzuki S Presso & Baleno Yang Meluncur di GIIAS 2022

Perusahaan otomotif Suzuki resmi meluncurkan dua mobil barunya pada pameran GIIAS 2022. Mobil tersebut adalah… Selengkapnya

12 Agustus 2022

Honda Perkenalkan 3 Mobil di GIIAS 2022

Pameran otomotif berskala internasional, Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, baru saja digelar mulai 11… Selengkapnya

11 Agustus 2022

Komponen Kaki-kaki Mobil: Fungsi & Gejala Kerusakan

Komponen kaki-kaki mobil memiliki peranan yang penting dalam kenyamanan berkendara. Oleh karenanya, perlu sekali untuk… Selengkapnya

10 Agustus 2022