Kenali Jenis-Jenis Alur Ban Mobil!

alur ban mobil

Ban mobil dirancang dengan alur yang berbeda-beda oleh setiap pabrikan. Perbedaan alur ban ini sengaja didesain untuk menyesuaikan kebutuhan para pengguna mobil di Indonesia. Sebab, setiap alur ban yang didesain biasanya mempunyai fungsi masing-masing.

Selain itu, bisanya alur ban mobil memiliki kedalaman yang berbeda sebagai pengalir air saat melintasi jalanan basah. Semakin dalam celah, semakin baik air yang dialirkan. Lalu semakinĀ  baik desain alur ban, semakinĀ  baik juga kemampuan cengkramannya pada permukaan jalan. Agar menggunakan ban sesuai dengan kebutuhan, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis-jenis alur ban di bawah ini.

Jenis-Jenis Alur Ban Mobil

alur ban mobil

Ada berbagai macam jenis alur ban yang harus kamu ketahui agar tidak salah saat memilih ban sesuai kebutuhan. Berikut uraiannya di bawah ini

Alur Rib

Alur ban jenis ini merupakan alur yang paling banyak ditemukan pada kendaraan niaga. Bentuknya vertikal mengelilingi permukaan ban yang fungsi baik untuk stabilitas saat melaju lurus. Bentuk alurnya yang searah ini membuat ban menjadi lebih awet, namun memiliki daya cengkram yang kurang pada permukaan jalan.

Alur Lug

Alur ban jenis Lug berbentuk horizontal yang berfungsi untuk memberikan cengkraman yang lebih baik. Jenis alur ini memiliki kemampuan menikung dan pengereman yang sangat optimal, namun alur ban seperti ini dapat menimbulkan getaran dan suara bising saat digunakan dalam kecepatan tinggi.

Alur Rib Lug

Sesuai namanya, alur ini merupakan perpaduan antara alur rib dan lug. Fungsinya dapat memberikan kestabilan saat bejalan lurus dan mampu memberikan kemampuan pengereman yang cukup optimal dan cocok digunakan untuk berbagai medan jalan mulai dari aspal rata, bebatuan, hingga medan licin dan berlumpur sekalipun.

Alur Block

Alur jenis ini memiliki bentuk yang sangat khas kotak-kotak kecil. Biasanya alur jenis ini akan banyak ditemukan pada kendaraan penumpang karena memiliki tingkat kestabilan yang baik pada perubahan cuaca dan nyaman digunakan. Untuk alur block dalam biasanya digunakan untuk mobil-mobil offroad karena kemampuannya yang baik melewati jalanan berlumpur. Saat menggunakan alur ini, dianjurkan untuk selalu mengecek ketebalan ban karena ban ini cepat mengalami keausan.

Alur Cross

Alur ban jenis ini bentuknya menyilang. Sangat berfungsi untuk memecah air dan udara saat melintasi jalanan basah dengan daya cengkram dan pengereman yang optimal. Namun, penggunaan ban jenis ini cukup menguras bahan bakar mobil.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan