Kenali Kerusakan Mobil Dari Warna Asap Knalpot!

asap knalpot mobil

Taukah kamu kalau kerusakan mobil bisa dideteksi dari warna asap knalpot mobil? Biasanya asap knalpot mobil akan keluar secara berlebihan jika mobil sedang mengalami masalah. Selain itu, warna asap knalpot yang dikeluarkan juga bisa menjdi salah satu indikator atau tanda masalah apa yang sedang dialami mobil kesayangan kamu. Sebab, warna asap knalpot normal biasanya tidak terlihat atau berwarna.

Asap knalpot mobil yang bermasalah bisa berbeda-beda warnanya, ada putih, hitam, abu, hingga kebiruan. Setiap warna tentu saja memiliki penyebab yang berbeda juga. Oleh sebab itu, penting untuk kamu mengetahui kerusakan mobil dari warna asap knalpot di bawah ini.

asap knalpot mobil

Asap Knalpot Putih

Mungkin kamu paling sering melihat asap knalpot berwarna putih, biasanya mobil seperti ini ditentukan lagi oleh ketebalan asapnya. Jika asap knalpot mobil ini berwarna putih tipis, terjadi maslah di bagian kondensasi kanal knalpot. Sedangkan asap knalpot yang cukup tebal dan pekat, artinya ada masalah di ruang pembakaran akibat oli masuk ke ruang pembakaran mesin.

Asap Knalpot Hitam

Mobil yang mengeluarkan warna asap knalpot hitam diindikasikan oleh masalah pada sistem pembakarannya. Tetapi, asap knalpot hitam ini berbeda dengan asap knalpot dari mobil diesel. Asap berwarna hitam ini merupakan hasil dari pembakaran yang tidak sempurna karena bahan bakar yang bersirkulasi terlalu banyak. Selain itu, asap hitam ini juga merupakan tanda bahwa terdapat masalah di saringan udara, injector, hingga karburator yang mengalami kebocoran kompresi.

Asap Knalpot Abu-abu

Knalpot mobil yang mengeluarkan warna abu diindikasikan kerusakan pada oli transmisi. Biasanya asap knalpot ini sering terjadi pada mobil bertransmisi otomatis atau matik. Kemungkinan oli dalam tangki rembes sehingga oli pada sistem transmisi menjadi berkurang. Selain itu, asap abu juga menjadi tanda bahwa adanya kerusakan pada PCV atau positive crankcase ventilation. Hal ini terjadi karena adanya kemacetan uap dan gas yang berada di ruang mesin menjadi tak terkendali.

Asap Knalpot Kebiru-biruan

Beberapa orang mungkin baru mengetahui ada warna asap knalpot kebiru-biruan. Warna asap ini biasanya dialami oleh mobil yang menggunakan turbo. Hal ini merupakan tanda bahwa ada oli yang ikut terbakar ke dalam mesin mobil. Maka sudah bisa dipastikan juga terjadi kerusakan di bagian ring piston yang aus atau blower turbo yang sudah lama.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan