Berita Otomotif

Kenapa Lampu Pop Up Dilarang Untuk Digunakan Lagi?

Lampu pop up pernah tren pada era ’80-an sampai ’90-an. Lampu ini tidak hanya dipasangkan pada supercar. Namun juga dipasangkan pada beberapa kendaraan lainnya. Penampakan lampu pop up yang sangat menawan membuat tampilan depan mobil menjadi lebih keren.

Bahkan fitur lampu pop up sempat menjadi ikon di era ’80-an sampai awal ’90-an. Selain itu, keberadaan lampu pop up pada mobil akan menaikkan gengsi pemilik mobil. Lantas mengapa keberadaan lampu pop up sekarang menghilang? Mengapa lampu pop up dilarang untuk digunakan? Berikut ini beberapa alasan mengapa tidak boleh menggunakan lampu pop up pada mobil. Simak artikel di bawah ini sampai habis ya Haiser!

Baca Juga: Mobil Era 90an Yang Masih Populer di Tanah Air

Alasan Kenapa Lampu Pop Up Dilarang

Keberadaan lampu pop up sudah jarang ditemukan lagi, bukan karena terlalu usang atau jadul namun karena regulasi. Regulasi melarang produksi mobil dengan lampu pop up setelah era 80an. Alasannya karena lampu pop up tidak aerodinamis sehingga belum memenuhi aspek keselamatan untuk pejalan kaki. Selain itu, regulasi ini diterapkan juga untuk menghindari malfungsi motor lampu saat dibutuhkan.

Biaya produksi lampu model biasa dinilai lebih murah ketimbang lampu pop up. Untuk mengenang keberadaan lampu pop up yang menghiasi era ’80-an. Berikut ini desain lampu pop up terbaik sepanjang sejarah.

5 Desain Lampu Pop Up Terbaik

Untuk mengenang era ’80an, berikut ini 5 desain lampu pop up terbaik sepanjang sejarah. Simak terus ulasan di bawah ini sampai akhir ya!

1. Ferrari Testarossa

Ferrari Testarossa

Ferrari Testarossa sering disebut sebagai tunggangan Sonny Crockett di Miami Vice. Mobil ini telah menggunakan lampu pop up dari tahun ’70-an dengan Ferrari 365 GTB/ 4 Daytona sampai era 90an dengan 456M.

2. Ford Probe

Ford Probe

Lampu pop up juga ada pada mobil Ford Probo. Mobil ini merupakan generasi pertama yang hampir menggantikan keberadaan mustang. Dengan hadirnya varian Probe, membuat Ford bisa bersaing dengan kompetitornya, seperti Honda Prelude, Mitsubishi Eclipse, dan Toyota Celica.

3. Lamborghini Countach

Lamborghini Countach

Selain dua mobil di atas, lampu pop up juga menghiasi mobil Lamborghini Countach. Tanpa hadirnya, fitur lampu pop up akan membuat tampilan Lamborghini Countach terlihat kurang menarik dan sporty.

4. Lotus Esprit

Lotus Esprit

Lotus Esprit memperoleh perubahan style dari Peter Stevens pada tahun 1987. Dengan adanya kombinasi wedge dan lampu pop up membuat Lotus Esprit terlihat lebih tajam untuk tampilan depannya.

5. Mazda MX-5 Miata

Mazda MX-5 Miata

Mazda MX-5 Miata merupakan generasi pertama yang dikenal sebagai NA dan mobil pertama yang menggunakan lampu pop up sampai saat ini. Di dukung dengan aftermarket besar yang memungkinkan roadster kecil ini berada di jalan selama bertahun-tahun ke depan.

Nah, itu dia alasan mengapa lampu pop up sudah dilarang lagi penggunaanya. Selain itu, HSR Wheel juga menyajikan 5 mobil  zaman dulu yang menggunakan lampu pop up agar kamu bisa bernolstagia ke era ’80-an.

Artikel Terbaru

Modifikasi Calya Silver Agar Terlihat Racing Dengan Velg HSR

Toyota Calya merupakan salah satu mobil LCGC yang paling laris di pasaran Indonesia. Mobil ini… Selengkapnya

2 Desember 2022

Ingin Beli Calya? Ini Dia Kelebihan dan Kekurangannya

Toyota Calya merupakan salah satu mobil LCGC yang paling famous dan banyak peminatnya dibanding mobil… Selengkapnya

1 Desember 2022

Ingin Calya Kamu Tampil Lebih Sporty? Ini Dia Tips Modifikasinya!

Skema Toyota Calya 2021 mirip dengan beberapa model mobil Toyota lainnya. Calya 2021 sendiri memiliki… Selengkapnya

30 November 2022

Velg Alloy Mobil: Definisi, Jenis-jenis, Kelebihan, dan Kelemahan

Velg alloy mobil merupakan velg yang terbuat dari beberapa material, seperti aluminium, tembaga, titanium dan… Selengkapnya

29 November 2022

5 Velg Mobil Yang Akan Membuat Honda BRV Kamu Tampil Lebih Beda!

All New Honda BRV adalah mobil yang masuk ke dalam segmen Low Sport Utility Vehicle… Selengkapnya

26 November 2022

Rekomendasi Merek Ban Mobil Honda Jazz Terbaik

Ban mobil merupakan salah satu komponen kaki-kaki mobil yang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan… Selengkapnya

25 November 2022