Kenapa Lubang Baut Velg Mobil Berbeda?

Lubang Baut Velg Mobil

Lubang Baut Velg Mobil – Masing-masing komponen yang terpasang pada sebuah mobil pasti sudah melewati pengujian dan juga pertimbangan yang cukup matang, tidak terkecuali pada bagian kaki-kaki mobil seperti velg dan ban mobi. Komponen tersebut diproduksi dengan menentukan dimensi, bobot, hingga tenaga mobilnya.

Lubang Baut Velg Mobil Berbeda?

Apabila kamu perhatikan dengan benar, jumlah lubang baut pada velg mobil memiliki perbedaan. Banyaknya lubang baut ini sebenarnya cukup variatif, sebut saja ada yang 3, 4, 5, hingga lebih dari 8. Jumlah ini tentunya dibuat secara tidak sembarangan, akan tetapi dibuat dengan mempertimbangkan aspek kenyamanan dan keamanan penumpang. Jumlah baut pada pelek mobil ini adalah tergantung dengan beban dan tenaga yang dihasilkan oleh mobil.

Maka dari itu, mobil dengan dimensi yang kecil serta bobot yang tingan memiliki empat lubang baut. Sebut saja seperti mobil jenis MPV dan juga hatchback. Sedangkan mobil jenis SUV ataupun kendaraan khusus niaga ringan bisa memiliki lubang baut enam. Dan mobil truk sendiri karena memiliki bobot yang lebih berat, maka peleknya memiliki lubang 8 hingga lebih.

Apabila penggunaan jumlah baut ini tidak sesuai dengan spesifikasi yang sesuai, maka akan berisiko pada sisi keselamatan dan performa mobil pun tidak akan semaksimal seperti biasanya. Tak hanya jumlah lubang yang berbeda, melainkan jarak antar lubang pelek bisa berbeda. Biasanya ukuran lubang ini dikenal dengan Pitch Circle Diameter (PCD).

Perbedaan angka pada PCD sendiri dibuat dan dipengaruhi oleh dimensi, performa, dan juga bobot mobil yang menggunakannya. Sebut saja seperti mobil Toyota Innova yang memiliki dimensi besar dengan memiliki PCD sebesar 5×114,3. Artinya adalah mobil ini menggunakan velg mobil 5 baut dengan ukuran hole 114,3 mm.

Walaupun angka pada PCD dipengaruhi oleh dimensi sebuah mobil, hal tersebut bukan berarti seluruh mobil yang berukuran kecil memiliki ukuran lubang PCD yang sama. Nilai PCD mobil kecil yang sering banyak dijumpai adalah ukuran 100. Namun ada juga mobil dengan ukuran kecil namun memiliki ukuran PCD 120 dan juga PCD 139.

Toko Velg Mobil Terdekat

Untuk kamu yang memang menyukai modifikasi, khususnya bagian kaki-kaki, mengetahui ukuran PCD adalah hal yang wajib. Maka dari itu, pahami betul ukuran standar PCD mobil kamu agar saat ingin membeli velg mobil tidak salah ukuran PCD.

Dapatkan velg mobil berkualitas hanya di HSR Wheel, menyediakan banyak model dan juga ukuran yang tentunya sesuai dengan selera kamu. Harganya juga sangat terjangkau, namun kualitas tak perlu diragukan lagi. Dapatkan velg HSR hanya melalui diler resmi HSR Wheel yang sudah tersebar di seluruh Indonesia. Atau kamu bisa mengecek langsung alamatnya dengan mengunjungi HSR Wheel Store.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan