Sunroof hr-v

Kenapa Sunroof HR-V Terbaru Hanya Bisa Dibuka Secara Manual?

Panoramic sunroof merupakan salah satu fitur yang terletak pada bagian atas mobil. Fitur ini berfungsi untuk melihat pemandangan alam dari atap mobil dan untuk mengurangi bau tidak sedap dalam kabin. Beberapa jenis mobil memiliki sunroof yang terpasang. Salah satunya adalah mobil keluaran Honda, HR-V.

All New Honda HR-V merupakan mobil yang cukup familiar di kalangan masyarakat Indonesia. HR-V terkenal akan desain interior maupun eksterior yang sangat menggoda. Selain itu, HR-V juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang canggih dan terkini.

Baru-baru ini, All New Honda HR-V  meluncurkan produk terbarunya. Namun, terdapat perubahan pada bagian panoramic sunroof. Pada generasi sebelumnya, panoramic sunroof masih dibuka secara elektrik. Akan tetapi, pada generasi terbarunya malah dibuka secara manual. Hal ini membuat para pecinta otomotif bertanya-tanya mengenai alasan kenapa sunroof HR-V terbaru hanya bisa dibuka secara manual?

Ada yang menganggap perubahan fitur tersebut pertanda bahwa HR-V mengalami kemunduran dari generasi sebelumnya. Apakah benar begitu?

Menurut Yoshitomo Ihashi, Large Project Leader of All-new Honda HR-V Honda Motor Co., Ltd., Automobile Operations, Monozukuri Center menyatakan bahwa apabila sunroof dibuka secara elektrik akan mengurangi space untuk melihat alam. Karena jika dioperasikan secara elektrik akan ada space yang digunakan untuk memasang rel agar sunroof bisa dibuka tutup secara otomatis.

Namun, jika menggunakan sunroof secara manual maka akan ada ruang untuk memandang alam yang lebih luas lagi. Karena tidak ada space yang digunakan untuk memasang rel.

Meski begitu, sunroof HR-V terbaru memiliki beberapa keunggulan diantaranya dapat menahan sinar ultraviolet dan infra merah sampai 75 persen serta dapat meredam panas yang berlebihan. Sehingga, membuat penumpang maupun pengendara tetap nyaman dan tidak kepanasan saat berada di dalam mobil meski sunroof dalam kondisi dibuka.

Baca Juga: Sunroof Mobil HRV Butuh Dirawat Ya! Gini Caranya!