Kesulitan Buka Baut Velg, Hindari dengan 4 Tips Ini!

buka baut velg

Baut (lug nut) velg merupakan komponen yang sangat penting walaupun ukurannya terbilang kecil. Baut velg berguna untuk menguci ban dengan tromol penggerak roda, sehingga pemasangan baut tersebut harus diperhatikan. Pastikan memasang bautnya tidak terlalu kencang ataupun kurang kencang.

Sebab, jika baut velg kurang kencang akan menyebabkan ban terlepas. Sedangkan jika terlalu kencang membuat baut sulit ketika akan dilepas. Jika baut velg sulit dilepas tentu saja ini merepotkan apalagi saat kamu sedang mengalami masalah di jalan. Oleh sebab itu, berikut dibawah ini beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mencegah kesulitan buka baut velg.

4 Tips Hindari Kesulitan Buka Baut Velg

Kamu bisa menghindari kesulitan buka baut velg dengan melakukan beberapa tips di bawah ini. Lebih baik mencegahnya sebelum tejadi kan? Yuk simak uraiannya di bawah ini.

Teliti Memilih Ulir Baut

Saat akan memasang baut, pastikan ulir atau derat baut sesuai. Sebab, ulir baut yang tidak sesuai ataupun ukurannya beda satu angka akan membuat baut sulit dibuka. Hal ini terjadi akibat pemasangannya dipaksakan. Selain itu, kamu juga harus perhatikan ukuran yang ada di bagian cones (tonjolan) baut agar ukuran bautnya tidak lebih besar daripada drat.

Pasang Baut Teknik Menyilang

pasang baut velg

Memasang baut juga tidak boleh asal-asalan karena ada tekniknya. Mengencangkan baut tidak boleh dilakukan secara berurutan. Sebab, hal ini dapat membuat daya ikatnya menjadi tidak merata dan bisa beresiko membuat ban mobil menjadi goyang saat berada dalam kecepatan tinggi. Oleh sebab itu, memasang baut harus dilakukan secara menyilang agar beban atau daya tekan dari baut velg menjadi merata.

Kencangkan Baut Secara Ideal

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, memasang baut tidak boleh kendur ataupun terlalu kencang. Apalagi saat memasang bautnya ada tambahan menginjak kunci roda lagi menggunakan kaki. Hal ini hanya akan menyulitkan saat akan dilepas dalam keadaan darurat atau sedang berada di jalan tol dengan keadaan ban mobil yang bermasalah.

Lakukan Pencegahan Baut Berkarat

Baut yang sudah terpasang baiknya dilakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan tidak terjadi korosi atau baut berkarat. Sebab, baut yang berkarat hanya akan menyulitkan saat akan dilepas. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cairan WD dalam mobil.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan