Ketahui 3 Penyebab Speedometer Mobil Mati

Penyebab Speedometer Mobil Mati

Pernahkah kamu merasakan kondisi dimana speedometer mobil kesayangan tiba-tiba mati? Jika pernah maka ada baiknya segera cari penyebab speedometer mobil mati untuk diperbaiki. Jangan abai dan acuh ketika fitur ini mengalami kerusakan, karena jika abai maka kondisi berkendara pun tidak akan aman.

Kamu jadi tidak bisa mengukur kecepatan laju mobil karena tidak adanya indikator jarum penunjuk karena imbas matinya speedometer. Meskipun jarum ini bisa bergerak, namun gerakannya tidak stabil alias gerakannya sangat cepat.

Penyebab Speedometer Mobil Mati

Karena risiko yang diakibatkan sangat tinggi pada saat berkendara, maka kamu sebagai pemilik mobil perlu mengetahui penyebab speedometer tidak berfungsi. Berikut di bawah ini adalah ulasan lengkap mengenai penyebab speedometer mobil mati. Setidaknya ada 3 poin yang akan kita bahas, simak selengkapnya berikut ini.

1. Masalah Sistem Kelistrikan

Panel yang tersemat pada speedometer mobil memang terhubung langsung dengan sistem kelistrikan kendaraan. Bisa dibilang bahwa keduanya memiliki hubungan yang tidak bisa dipisahkan. Ketika sistem kelistrikan mengalami eror atau konslet, maka hal tersebut bisa menjadi penyebab speedometer mobil mati.

Masalah yang terjadi pada sistem kelistrikan mobil tentunya akan memengaruhi kondisi speedometer mobil itu sendiri. Untuk memastikan penyebab dari matinya speedometer karena ada masalah pada sistem kelistrikan, ada baiknya kamu melakukan pengecekan terhadap jalur kabel yang menuju speedometer.

2. Panel Eror

Selain berasal dari sistem kelistrikan mobil, penyebab speedometer mobil mati sendiri bisa datang dari panel yang eror. Pada umumnya, ketika terdapat panel speedometer yang rusak, maka indikator petunjuknya secara otomatis akan tidak berfungsi alias mati. Andaikan hanya satu panel saja yang rusak, hal ini tetap akan memengaruhi cara kerja dari indikator pada panel.

Untungnya, saat ini untuk melakukan pengcekan kondisi panel speedometer sudah cukup mudah untuk dilakukan. Kamu bisa menggunakan alat yang bernama scan tool untuk mengetahui bagian panel speedometer mana yang terkena kerusakan atau eror. Apabila bagian rusak sudah ditemukan, maka ada baiknya segera lakukan penggantian panel tersebut dengan komponen baru.

3. Sensor Speedometer Rusak

Sensor speedometer yang rusak juga bisa menjadi sebab dari matinya speedometer mobil. Sensor ini biasanya ditempatkan pada bagian transmisi. Jadi ketika sensor mengalami kerusakan, soketnya longgar, atau transduser aus, maka kecepatan kendaraan menjadi tidak diketahui.

Timbulnya masalah ini juga membuat lampu check engine menyala terutama untuk mobil dengan Engine Fuel Injection (EF). Selain itu untuk tipe kendaraan yang menggunakan rem ABS, snsor kecepatan juga dipasang pada bagian roda-roda. Imbasnya apabila sistem rem ABS mengalami kerusakan, maka akan berpengaruh juga terhadap speedometer.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan