Ketahui Fungsi dan Tugas Odometer

Fungsi dan Tugas Odometer

Fungsi dan Tugas Odometer – Odometer merupakan sebuah alat yang tepasang di dalam mobil dan digunakan sebagai petunjuk dari jarak tempuh mobil selama digunakan. Mungkin untuk sebagian orang sudah sering melihat alat ini untuk mengecek jarak tempuh yang sudah dilalui oleh mobil. Namun ttidak mengetahui apa nama dari alat pengukur jarak tersebut. Disini kita akan bahan tuntas mengenai fungsi dan juga tugas dari alat odometer.

Dikutip dari auto2000, pada dasarnya di dalam panel indikator yang terpasang pada dashboard mobil memiliki banyak bagian dengan fungsi yang berbeda-beda. Diantaranya ada speedometer, tachometer, indikator mesin, dan yang lainnya. Namun untuk kali ini kita akan membahas terlebih dahulu tentang odometer yang memiliki fungsi cukup besar pada mobil.

Fungsi dan Tugas Odometer

Untuk ulasan lengkap tentang fungsi dan tugas odometer bisa kamu simak di bawah ini :

Fungsi Odometer

Setelah membaca penjelasan di atas, sedikitnya kamu sudah tahu mengenai fungsi odometer. Fungsi utamanya adalah mengukur total jarak tempul mobil. Namun, sebenarnya fungsi odometer ini tak hanya itu saja. Setidaknya masih ada dua fungsi krusial yang mungkin tidak disadari oleh banyak orang. Berikut fungsi lain dari odometer mobil yang bisa kamu simak di bawah ini :

– Ketika Membeli Mobil Bekas

Ketika kamu membeli mobil bekas, kamu pasti memperhatikan kondisi mobil terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya. Fungsi odometer pada kasus ini adalah untuk mengetahui sudah berapa jarak yang ditempuh oleh mobil tersebut. Semakin tinggi angka, maka harganya pun akan lebih murah.

– Jadi Patokan Servis Rutinan

Dengan melihat jarak total mobil yang ditempuh, maka kamu bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membawa mobil kesayangan ke bengkel untuk dilakukan servis berkala. Setiap mobil tentu saja memiliki aturan tersendiri perihal waktu servis berkala. Servis rutinan ini sangatlah penting dilakukan agar kondisi mobil selalu dalam kondisi prima dan siap untuk digunakan sehari-hari.

Biasanya, mobil perlu dilakukan servis berkala ketika mencapai angka jarak tempuh sejauh 10.000 kilometer dan setiap kelipatannya. Dengan adanya odometer ini, kamu bisa mengetahui apakah mobil yang kamu tunggangi sudah bisa dibawa ke bengkel atau belum.

Tugas Odometer

Setiap mobil pasti memiliki panel indikator pada dashboard mobil yang diletakkan tepat di depan pengemudi. Dengan letak yang bisa dijangkau oleh mata pengemudi dengan mudah, maka fungsi setiap indikator yang ada didalamnya menjadi sangat penting. Termasuk juga odometer.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, odometer adalah alat ukur yang secara khusus memiliki fungsi untuk mengukur dan menunjukan total jarak tempuh mobil selama dikendarai. Total jarak tempuh yang dilalui memang terkadang tidak disadari tiba-tiba sudah belasan ribu saja. Maka dari itu, odometer ini hadir untuk memberi informasi tersebut kepada pengemudi.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan