Fungsi Towing Bar Pada Sebuah Mobil

towing bar

Towing bar merupakan salah satu aksesoris atau perlengkapan menderek yang digunakan beberapa orang untuk pemilik mobil yang memiliki trailer atau caravan. Towing bar berbentuk seperti batang besi yang dipasang menyatu dengan rangka kendaraan yang letaknya ada di bagian belakang mobil. Umumnya banyak digunakan oleh mobil-mobil jenis SUV. Akan tetapi saat ini sudah banyak mobil yang memasang towing bar walaupun hanya digunakan untuk harian.

Selain itu, ada dua jenis towing bar banyak paling banyak digunakan di Indonesia, yaitu triangular shaped system dan tow hitch system. Perbedaannya terlihat dari posisi diletakannya towing bar pada mobil.

Triangular shaped system merupakan towing bar yang disambungkan pada bagian depan mobil agar lebih mudah diderek menggunakan metode kait dan tarik. Sedangkan tow hitch system disambungkan di belakang mobil dan digunakan untuk menderek trailer dan berbagai jenis kendaraan lainnya. Simak di bawah ini urain mengenai fungsi towing bar.

Apa Saja Fungsi Towing bar ?

Bagi kamu yang ingin memasang towing bar, penting untuk mengetahui apa saja fungsi yang bisa kamu gunakan, dari salah satu komponen mobil ini nantinya. Berikut penjelasannya di bawah ini.

Titik Tumpu Pengait Mobil Derek

Fungsi paling umum dari towing bar yaitu digunakan sebagai titik tumpu pengait yang digunakan oleh mobil derek untuk menarik kendaraan atau beban. Sehingga towing bar harus dipastikan menempel kuat pada kerangka mobil karena beban yang akan ditarik bisa mencapai lebih dari 1-3 ton. Akan tetapi, jika dalam keadaan darurat, mobil pribadi kamu harus menderek mobil pastikan beban yang ditarik atau diderek tidak lebih dari 85% dari berat kendaraan kamu.

Pelindung Benturan

Towing bar yang diletakan di bumper bagian belakang dapat menjadi pelindung mobil saat mengalami benturan ringan. Hal ini bisa terjadi saat kamu akan memparkirkan atau sedang memundurkan mobil. Selain itu, saat di jalanan juga bisa melindungi mobil dari benturan sepeda motor.

Sebagai Braket Sepeda

Towing bar juga paling sering digunakan sebagai braket atau dudukan sepeda. Biasanya para pecinta olahraga sepeda wajib memiliki towing bar. Hal ini dilakukan agar tak perlu bingung atau repot-repot membawa sepedanya jika akan bersepeda ke tempat-tempat alam. Selain itu, biasanya spot yang digunakan untuk bersepeda jaraknya cukup jauh dari perkotaan atau pemukiman.

Meningkatkan Tampilan Mobil

Towing bar bisa meningkatkan tampilan mobil menjadi lebih gagah dari sebelumnya. Biasanya towing bar memang digunakan untuk mobil-mobil SUV yang bodinya sangat gahar dan maskulin, sehingga mobil lainnya yang menggunakan towing bar pun mendapat image yang serupa dari hal tersebut.

Towing Bar pada Pasar Otomotif Dunia 

Penggunaan towing bar pada mobil di Indonesia memang bukan hal yang baru. Namun, penggunaan perlengkapan yang satu ini jauh lebih banyak jumlahnya di pasar otomotif Amerika yang mempunyai tradisi menarik caravan. Mobil keluaran Eropa seperti Jerman dan Inggris juga kerap terlihat memiliki towing bar. Pada mobil Eropa, towing bar berbentuk seperti huruf J dan terbuat dari besi cor. Sementara di Amerika, berbentuk tow hook dengan model bola. Salah satu merek yang cukup mendunia dalam kategori aksesoris towing bar adalah ARB asal California, Amerika Serikat. ARB tidak hanya menyediakan towing bar, tetapi juga air locker, air compressor, suspensi, bumper, roofrack, perlengkapan recovery dan sebagainya. 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan