Kategori: Tips Otomotif

Ketahui Fungsi Tune Up pada Mobil

Tune up pada mobil dibutuhkan untuk menjaga kinerja mesin tetap prima dan bekerja secara optimal. Sebab, mobil memang perlu dirawat minimal satu kali dalam setahun. Sebenarnya, tune up sekilas mirip dengan servis, padahal berbeda.

Tune up merupakan proses standarisasi komponen mobil agar kembali seperti sedia kala secara menyeluruh. Sedangkan servis dilakukan hanya sebatas pengecekan pada beberapa komponen tanpa melibatkan pengecekan di bagian mesin.

Apa Saja Fungsi Tune Up pada Mobil?

Proses tune up mobil dilakukan lebih detail, mulai dari bagian mesin hingga katup. Berikut fungsinya di bawah ini.

Memaksimalkan Perfoma Mesin

Fungsi utama melakukan tune up untuk memaksimalkan performa mesin kendaraan, sebab kendaraan yang sering digunakan dalam jangka waktu yang panjang akan mengalami penurunan performa mesin seiring waktu, apalagi jika tidak dilakukan perawatan.

Maka, tune up dapat membantu mesin memiliki performa yang prima lagi dan membantu meningkatkan kenyamanan saat berkendara. Ada banyak bengkel yang menawarkan jasa tune up, bahkan kamu juga bisa melakukannya sendiri di rumah.

Meminimalisir kerusakan yang Lebih Parah

Fungsi kedua dari tune up untuk meghindari kerusakan yang terjadi semakin parah. Maka tune up memang dianjurkan untuk dilakukan secara rutin agar kerusakan yang terjadi tidak semakin parah.

Kerusakan yang parah terjadi akibat adanya kerusakan kecil yang dibiarkan terus menerus. Setelah dibiarkan lama, kerusakan ini menjadi lebih parah dan memberikan pengaruh buruk pada komponen lainnya.

Memastikan Saringan Udara Berfungsi Baik

Saat saringan udara risak, maka suhu otomatis akan meningkat dan menyebbkan performa mesin mobil menurun. Untuk mengatasinya, dibutuhkan tune up agar kerusakan pada saringan udara bisa dicegah dan tidak semakin parah. Tune up juga berfungsi untuk memastika saringan idara berfungsi dengan optimal.

Memastikan Komponen Mobil Stabil

Terakhir, tune up juga bisa membantu memastikan komponen mobil kamu lebih stabil sesuai dengan spesifikasi yang ada pada buku manual kendaraan kamu. Jika komponen mobil stabil maka kinerjanya pun akan maksimal dan nyaman digunakan.

Tune up juga dilakukan berbeda-beda tergantung umur mobil, biasanya mobil lawas akan lebih banyak pengerjaan, sebab hal ini meliputi pembersihan thrtottle, penggantian busi dan filter, pemeriksaan komponen modul elektronik dan yang lainnya. Sedangkan untuk mobil modern biasanya sebagian besar meliputi penggantian cairan rem, pelumas, transmisi, dan komponen sederhana lainnya.

Pos Terbaru

Inilah Perjalanan Mitsubishi Lancer Evolution dari Generasi ke Generasi

Mitsubishi Lancer merupakan salah satu sedan legendaris yang pernah eksis di Indonesia pada jamannya. Mobil… Read More

1 hari lalu

Porsche Macan S, Lebih Kencang dengan V6 Turbo!

Porsche Macan S merupakan SUV yang berasal dari Jerman. Seperti yang kita ketahui, mobil ini… Read More

2 hari lalu

5 Bahaya Menyimpan Hand Sanitazer di Mobil

Menyimpan hand sanitizer di mobil kerap kali dilakukan sebagai upaya pencegahan virus covid-19. Situasi pandemi… Read More

2 hari lalu

All New BMW 320i, Mobil Sport Premium Penuh Inovasi

Tahun 2019 lalu, BMW Group Indonesia merilis varian terbaru dari sedan seri 3 andalannya, yaitu … Read More

3 hari lalu

Ketahui Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panorama Roof Sebelum Modifikasi!

Apa bedanya sunroof, moonroof, dan panorama roof? Mungkin sekilas terlihat sama, namun ketiga hal tersebut… Read More

3 hari lalu

5 Mobil Bekas di Bawah 80 Juta yang Berkualitas dan Tahun Muda

Jika saat ini kamu punya budget terbatas  tapi ingin memiliki mobil. Ada banyak mobil bekas… Read More

4 hari lalu