Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza

Toyota avanza

Siapa yang tidak tahu Toyota Avanza? Mobil MPV yang sering menempati tahta mobil terlaris di Indonesia setiap tahunnya. Bahkan, digadang-gadang mobil ini menjadi paling favorit sebagai pilihan mobil keluarga di tanah air.

Mobil yang sering disebut sebagai kendaraan sejuta umat ini kian eksis, sehingga tak jarang beberapa orang banyak yang semakin kritis untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan Toyota Avanza ini. Hal tersebut wajar dilakukan, sebab dapat membantu kamu mempertimbangkan sesuai kebutuhan.

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza

Kelebihan Toyota Avanza

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki mobil Avanza, yaitu:

Desain Simpel Tapi Tetap Stylish

Mobil ini memiliki tampilan eksterior yang sekilas terlihat simpel tapi tetap stylish dan elegan. MPV ini juga telah mengalami banyak perubahan dan penyegaran desain, seperti penyegaran headlamp depan dan new front aerokit yang semakin stylish pada tipe 1.5 G Luxury hingga penambahan desain baru cover foglamp pada tipe 1.3 G. Semuanya tampak terlihat menawan dengan desainnya yang simpel.

Fitur yang Modern

Mobil MPV berukuran panjang, biasanya memiliki masalah pada blower AC yang tidak tersedia di row belakang, sedangkan Avanza sudah memiliki fitur ini. Beberapa tipe Avanza fiturnya sudah modern sehingga tidak perlu dilakukan dengan cara memutar-mutar kenop AC, cukup klik dan selesai!

Selain itu, varian Avanza Veloz yang terbarunya sudah memiliki fitur rear seats entertainment (RSE) berupa TV kabin yang terletak di bawah blower AC row belakang. Ditambah, untuk Avanza 2019 sudah tidak menggunakan kunci kontak lagi untuk starter, melainkan sudah tersedia tombol srat engine yang semakin memudahkan pengemudi.

Harga Jual yang Stabil

Toyota Avanza dikenal dengan harga jual yang stabil, sehingga jika kelak kamu berniat menjual mobil ini, harganya tidak akan jatuh drastis. Mobil ini juga sudah memiliki target pasarnya tersendiri karena mobil bekasnya masih diincar banyak orang. Harga jual yang stabil ini menjadi kelebihan tersendiri dari mobil lainnya, sebab tidak semua mobil memiliki kelebihan seperti ini.

Layanan Service dan Spare Part Mudah Dicari

Banyaknya bengkel atau dealer resmi Toyota memudahkan kamu dalam melakukan layanan service. Pasalnya, dealer servicenya sudah tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, spare partnya pun mudah dicari mengingat mobil ini paling laris dan banyak yang menggunakan di Indonesia.

Layanan service dan spare part yang mudah dicari ini menjadi sebuah kelebihan yang sangat menguntungkan untuk setiap konsumennya. Tak heran jika mobi ini semakin diminati karena jangkauan maintenance yang lebih mudah.

Kekurangan Toyota Avanza

Selain kelebihan, tentu saja Toyota Avanza juga memiliki kekurangan, yaitu:

Fitur Keselamatan yang Minim

Kekurangan yang dimiliki mobil Avanza ini terletak pada fitur keselamatan yang disediakan cukup minim. Hal ini dibuktikan dengan data yang tercatat bahwa Toyota Avanza memiliki rekor persentase kecelakaan yang cukup tinggi di Indonesia.  

Fitur keselamatan seperti ABS yang sangat penting untuk menghindari kecelakaan saat terjadi pengereman mendadak tak dimiliki mobil sejuta umat ini. Padahal fitur-fitur keselamatan serupa dapat menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang. Kamu bisa jadikan kekurangan ini sebagai pertimbangan yang penting.

Mobil Limbung dalam Kecepatan Tinggi

Jika Avanza berada dalam kecepatan tinggi, mobil ini menjadi kurang stabil dan terasa limbung. Sedangkan dalam kecepatan rendah mobil ini terasa empuk. Hal tersebut bukan terjadi tanpa alasan. Mobil ini memang memiliki pegas spiral yang lebar sehingga akan membuat mobil terlihat sangat besar dibandingkan dengan dimensi shock absrobernya.

Kabin Kurang Senyap

Saat berada dalam kabin mobil, umumnya suara dari luar teredam dengan baik. Berbeda dengan Avanza yang memiliki kabin kurang senyap. Hal ini membuat suara mesin masih terdengar berisik saat berkendara. Selain itu, kualitas bahan kedap suaara di interior kabin mobil pun memang kurang berkualitas, sehingga wajar bila suara gemuruh dari luar masih terdengar cukup jelas.

Aki Mudah Bermasalah

Saat memiliki mobil Avanza, jangan heran jika kerap kali timbul masalah pada bagian aki. Apalagi jika mobil memang berada dalam kondisi jarang dipakai. Tentu saja mobil menjadi sulit dihidupkan. Masalah ini memang jarang terjadi pada mobil Avanza keluaran terbaru, tapi tentu saja tidak menutup kemungkinan terjadi juga. Hal ini juga penting kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli mobil Avanza.

Nah, itu dia beberapa kelebihan dan kekurangan Toyota Avanza yang penting kamu ketahui. Semoga membantu ya!

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan