Kategori: Tips Otomotif

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Bergetar Saat Berkendara

Mobil bergetar merupakan salah satu indikator adanya masalah pada mobil kesayangan kamu. Apalagi jika terjadi saat kamu sedang berada di kecepatan tinggi, tentu sangat membahayakan keselamatan jiwa.

Selain itu, jika tidak ditangani secara serius dapat menyebabkan kondisi kerusakan pada komponen mobil lebih parah lagi.  Oleh sebab itu, sebaiknya kamu ketahui penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi untuk segera mengantisipasi kerusakan tersebut.  

Ban Mobil  Benjol

Mobil yang bergetar saat sedang melaju bisa disebabkan akibat ban mobil mengalami beberapa masalah. Masalah yang timbul biasanya terjadi akibat ban mengalami keausan dan juga terdapat benjolan di beberapa permukaan sehingga sangat berpengaruh ketika melintasi jalanan yang tidak rata.

Getaran ditimbulkan akibat ban mobil sudah tidak mampu lagi menahan bobot mobil dan optimal dalam pengereman. Oleh sebab itu, sebaiknya periksa terlebih dahulu bagian ban mobil jika mobil mengalami getaran saat digunakan. Jika ban terlihat bermasalah sebaiknya segera ganti dengan yang baru.

Kampas Kopling Aus

Getaran dapat disebabkan oleh kampas kopling yang habis. Hal ini terjadi akibat permukaan flywheel tidak rata dan akhirnya berpengaruh pada performa kopling yang kurang optimal. Untuk menghilangkan getarannya, kamu bisa menghaluskan permukaan flywheel menjadi lebih rata. Ciri mobil yang kehabisan kampas kopling biasanya akan tercium bau hangus hingga sulitnya mengoper gigi mobil. Segera ganti kampas kopling yang baru jika terdaapat tanda-tanda tersebut.

Shockbreaker Rusak

Mobil yang bergetar bisa disebabkan akibat shocbreaker yang mengalami kerusakan. Sebab, shockbreaker berfungsi untuk meredam getaran saat mobil sedang berjalan, sehingga jika terdapat masalah pada bagian ini tentu saja mobil akan otomatis mengalami getaran.

Tandanya, jika kamu sedang berkendara dengan kecepatan rendah namun terasa getaran sudah bisa dipastikan shockbreaker mengalami kerusakan yang cukup parah. Maka dianjurkan untuk mengganti shockbreaker dengan yang baru untuk meredam getaran saat mobil melaju di kecepatan rendah maupun tinggi.

Piston Harus Diganti

Ketika piston mengalami kerusakan, kinerjanya otomatis menurun dan menyebabkan getaran saat mobil sedang melaju. Piston ini sangat berkaitan dengan mesin mobil, sehingga akan berdampak juga pada performa mesin. Sebaiknya, piston diganti secara berkali, termasuk pada mobil baru. Mobil baru biasanya harus melakukan pergantian piston jika sudah menempuh jarak 5000 km, sedangkan mobil lama diganti ketika sudah menempuh jarak 3000 km.

Engine Moulting Bermasalah

Saat engine moulting mengalami masalah, maka akan terjadi getaran di kabin mobil. Sebab fungsi engine moulting ini untuk meredam getaran yang ada di kabin mobil. Jika rusak tentu saja getaran akan sangat terasa. Bisanya hal ini terjadi akibat bantalan karet menjadi pecah akibat aus atau kendornya baut pada bagian ini.

Pos Terbaru

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Terios

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Terios - Perusahaan produsen mobil Daihatsu adalah salah satu produsen mobil… Read More

8 jam lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil KIA Carnival

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Kia Carnival - KIA Carnival adalah mobil jenis MPV keluarga yang… Read More

14 jam lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Sigra

Daihatsu Sigra adalah mobil MPV yang pertama kali diluncurkan pada GIIAS 2016 lalu. Kehadirannya dengan… Read More

1 hari lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic - Mobil matic adalah mobil yang saat ini sedang banyak… Read More

1 hari lalu

3 Tips Merawat Bodi Mobil Selama PSBB

Tips Merawat Bodi Mobil - Pada tanggal 14 September 2020 kemarin, Pemerintah DKI Jakarta kembali… Read More

2 hari lalu

Kelebihan dan kekurangan Mobil Espass

Kelebihan dan kekurangan Mobil Espass - Mobil Daihatsu Espass ini adalah mobil yang masuk dalam… Read More

1 minggu lalu