Ketahui Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panorama Roof Sebelum Modifikasi!

Apa bedanya sunroof, moonroof, dan panorama roof? Mungkin sekilas terlihat sama, namun ketiga hal tersebut jelas berbeda. Apalagi saat ini, tren modifikasi mobil kaca di atap mobil sering dilakukan karena dianggap dapat membuat tampilan mobil menjadi lebih mewah.

Kaca di atap mobil ini memiliki fungsi yang sama untuk melihat pemandangan atau langit di atas mobil. Tapi, ketiga memiliki perbedaan yang harus kamu ketahui terlebih dahulu sebelum melakukan modifikasi bagian atap mobil. Berikut uraiannya di bawah ini

Sunroof

Jenis kaca atap mobil ini merupakan jendela atau kaca di atap yang mampu membentuk sudut tertentu saat dibuka. Layaknya ventilasi, tetapi bagian belakang sunroof akan naik saat dibuka. Fungsi dari sunroof bisa digunakan untuk melihat pemandangan dan sebagai sirkulasi udara pada kabin mobil. Sehingga nantinya kamu akan menghirup udara segar dan terkena sinar matahari dari luar.

Menggunakan sunroof akan melengkapi perjalanan kamu jika berkendara ke wilayah pegunungan atau pemandangan yang indah, pastinya hal ini juga akan membuat perjalanan kamu di mobil semakin berkesan.

Jika kamu berminat memasang sunroof, ada banyak jasa pasang model kaca atap ini. Biasanyanya, budget yang harus disiapkan sekitar Rp 15 juta hingga 25 juta, ini juga tergantung dari jenis sunroof yang digunakan.

Moonroof

Jenis kaca atap mobil model ini sebenarnya tidak banyak berbeda seperti sunroof, hanya saja perbedaannya terletak dari cara membukanya. Jika sunroof dibuka dengan cara diangkat ke atas, moonroof memiliki rel yang fungsinya menggerakan kaca.

Moonroof akan masuk ke dalam kaca ketika dibuka, sehingga pandangan menjadi semakin luas dan sirkulasi udara juga semakin luas. Untuk menggerakan moonroof, disediakan sebuah tombol. Kekurangannya bila rel macet, maka moonroof tidak bisa ditutup lagi. Oleh sebab itu, dibutuhkan perawatan rutin agar selalu terjaga kualitasnya.

Panorama Roof

Berbeda dengan sunroof dan moonroof, kaca atap jenis panorama roof ini memiliki ukuran yang lebih besar, bahkan bisa seukuran atap mobil. Akan tetapi, panorama roof tidak dapat dibuka tutup.

Panorama roof merupakan sebuah kaca yang terbentang di atap mobil, berukuran besar, dan biasanya telah dilengkapi dengan lapisan anti ultraviolet. Jadi, kamu bisa menikmati pemandangan dengan puas melalui panorama roof.

Pos Terbaru

Tips Cegah Mobil Menjadi Sarang Tikus Selama PSBB

Tips Cegah Mobil Menjadi Sarang Tikus - Tanggal 14 September 2020 kemarin, Pemprov DKI Jakarta… Read More

7 menit lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda Accord

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda Accord - Honda Accord adalah mobil berjenis sedan premium yang… Read More

12 menit lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Geely

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Geely - Untuk pasaran otomotif khususnya mobil di Indonesia. mungkin masyarakat… Read More

2 hari lalu

Tips Rawat Mobil Ketika Terparkir Lama Saat PSBB

Tips Rawat Mobil Ketika Terparkir Lama - Pada tanggal 14 september 2020 kemarin, Pemerintah Provinsi… Read More

2 hari lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Terios

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Terios - Perusahaan produsen mobil Daihatsu adalah salah satu produsen mobil… Read More

4 hari lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil KIA Carnival

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Kia Carnival - KIA Carnival adalah mobil jenis MPV keluarga yang… Read More

4 hari lalu