Kategori: Pilihan Editor

Ketok Magic, Beginilah Cara Kerjanya

Ketok magic seringkali dikaitkan dengan hal-hal yang berbau gaib. Hal ini dikarenakan proses pengerjaannya yang dilakukan secara tertutup. Namun menariknya, dengan waktu yang relatif singkat kamu bisa mendapatkan hasil yang tidak mengecewakan.

Asal Mula Ketok Magic

Awalnya, ketok magic berasal dari kota Blitar, Jawa Timur. Kenteng teter merupakan nama asli dari Ketok Magic dan sudah berdiri sejak tahun 1960-an. Sebutan ini pertama kali diperkenalkan oleh Ahmad Kalsan atau biasa dipanggil dengan sebutan Mbah Turut.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Banyak masyarakat yang bertanya-tanya, bagaimana sih sebenarnya cara kerja dari ketok magic ini. Nah, berikut ini penjelasannya.

Cek Kondisi Kerusakan

Sebelum memulai perbaikan, biasanya mereka akan memeriksa terlebih dahulu seberapa parah kondisi kerusakan pada body mobil kamu. Setelah itu, mobil kamu akan dimasukkan ke dalam tempat khusus. Di sini yang membuatnya menjadi menarik, kamu tidak boleh masuk atau melihat secara langsung proses pengerjaannya. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar para pekerja tidak merasa risih dan canggung saat sedang memperbaiki mobil tersebut.

Menggunakan Alat Sederhana

Dalam proses pengerjaan, ketok magic tidak menggunakan mesin canggih ataupun alat pendukung berteknologi tinggi. Mereka hanya menggunakan alat-alat bengkel sederhana. Hal ini lah yang membuatnya tergolong unik.

Melepaskan Body Mobil

Nah, bagian body mobil yang rusak atau penyok akan dilepas terlebih dahulu untuk mempermudah dalam proses perbaikan. Kemudian, bagian body yang telah dilepaskan itu diberikan pelat besi baja lalu diketok dengan menggunakan palu. Dalam hal ini, banyak yang salah persepsi bahwa pada dasarnya mereka tidak memukul langsung pada bagian body mobil. Namun, hanya pada kerangka tempat body yang rusak.

Proses Pengecatan

Setelah selesai, maka body mobil kamu yang sudah mulus tersebut akan dicat. Mereka akan menyamakan warna cat tersebut dengan warna asli pada body mobil kamu agar tidak terlihat belang. Setelah kering, permukaan catnya akan dibersihkan agar tidak ada debu yang menempel. Setelah itu, poles dengan menggunakan cairan pembersih agar catnya terlihat mengkilap.

Harga Bengkel Ketok Magic

Untuk harganya sendiri, semua itu tergantung pada tingkat kerusakannya. Untuk kerusakan yang ringan, estimasi harganya dimulai dari kisaran Rp 100.000 sedangkan jika kerusakannya cukup serius kemungkinan mencapai kisaran harga Rp 500.000 ke atas. Namun yang perlu diingat, harga tersebut masih bisa dinego dan proses pengerjaannya dilakukan secara cepat.

Pos Terbaru

Memilih Carbon Cleaner yang Tepat untuk Mesin Mobil

Bagaimana caranya memilih carbon cleaner yang tepat? Banyak orang belum mengetahui tentang cairan pembersih mesin… Read More

3 hari lalu

Fungsi Frit Band di Sekeliling Pinggiran Kaca Mobil

Kaca mobil merupakan salah satu komponen penting yang dapat menunjang keselamatan. Sebab, hal ini sangat… Read More

4 hari lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Ceper, Ketahui Sebelum Modifikasi!

Bagi kamu yang berniat melakukan modifikasi mobil ceper, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan… Read More

5 hari lalu

Sering Pegal Saat Berkendara? Lakukan 3 Tips ini!

Pegal-pegal saat berkendara memang merupakan hal lazim dialami bagi para pengemudi, apalagi jika harus menempuh… Read More

6 hari lalu

Ketahui Sistem Penggerak Pada Mobil (2WD, 4WD dan AWD)

Sistem penggerak pada mobil ada berbagai macam dengan setiap perbedaan didalamnya. Biasanya disebut juga dengan… Read More

1 minggu lalu

3 Resiko Cat Ulang Mobil Jika Sembarangan

Banyak orang yang melakukan cat ulang mobil dengan berbagai macam alasan. Penyebabnya bisa terjadi karena… Read More

1 minggu lalu