KIA dan Mercedes ‘cabut’ dari Gaikindo

KIA dan Mercedes – Sebagai organisasi non-profit, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo dipandang sebagai badan yang cukup vital dalam pendataan jual beli kendaraan bermotor. Peran Gaikindo sendiri menghasilkan simbiosis mutualisme.  Dimana sebagai produsen atau Agen Pemegang Merk di Indonesia dan tentunya negara Indonesia sebagai otoritas dalam sektor pajak hasil penjualan kendaran bermotor.

Diawal tahun 2018 berita mengejutkan datang dari Mercedes Benz Distribution Indonesia (red: MBDI). Dimana mereka melanggar ketentuan dan regulasi yang diberikan Gaikindo soal data penjualan oleh MBDI. Gaikindo sebagai badan pengawas jual-beli kendaraan bermotor mengadopsi peraturan Menkeu no 79 tahun 2013.  Peraturan Menkeu no 79 tahun 2013 berisi tentang aturan dan format baku laporan dan data penjualan yang berkenaan dengan pajak.

Pihak MBDI melalui perwakilannya Daimler mengatakan bahwa terjadi perbedaan pendapat antara Gaikindo dengan pemasok Mercedes Indonesia. Perbedaan pendapat itu membahas terkait laporan data penjualan. Kebijakan Daimler sebagai otoritas pemasok MBDI di Jerman menyatakan bahwa mereka tidak perlu memberikan laporan terperinci terkait penjualan Mercedez di Indonesia. Standar dari data penjualan Mercedez di seluruh dunia memang tidak mencantumkan organisasi atau asosiasi otomotif sebagai pihak yang sah. Untuk Mercedes memberikan informasi soal Wholesales, dan sebagai solusinya MBDI memilih untuk menyerahkan data tersebut kepada Menteri Perindustrian.

Dari KIA sendiri, keluarnya KIA dari keanggotaan Gaikindo dikarenakan mereka tidak menyerahkan data penjualan terhitung dari bulan April 2018 sampai Juni 2018. Harry Yanto sebagai General Manager Business & Development KIA Mobil Indonesia enggan memberikan alasannya.

Penulis : Fauzan Perdana

Editor : Muhammad Iqbal Abdul Ghofur

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *