Kategori: Tips Otomotif

Knalpot Bocor, Ketahui Penyebab dan Dampaknya

Knalpot adalah sebuah komponen dari mobil yang berfungsi untuk mengeluarkan gas buang. Perlu kamu ketahui juga, knalpot sangat berkaitan dengan tenaga mobil. Jadi, ketika sistem pembuangan bermasalah atau menyebabkan knalpot bocor sehingga akan membuat mesin menjadi kurang bertenaga.

Penyebab Knalpot Bocor

Untuk menghindari knalpot bocor, kamu perlu ketahui beberapa hal yang bisa menyebabkan knalpot mobil kesayangan bocor. Inilah beberapa penyebabnya:

Usia Pakai Knalpot

Hampir semua komponen yang ada pada suatu mobil pasti memiliki batas usia pakainya. Usia pakai knalpot juga bisa ditentukan dari kualitas knalpotnya. Umumnya knalpot yang memiliki kualitas baik akan memiliki usia pakai yang lebih panjang dibandingkan kualitas yang kurang baik.

Korosi Pada Pipa Knalpot

Knalpot terbuat dari bahan material besi, sehingga bukan tidak mungkin knalpot mengalami korosi. Korosi pada knalpot disebabkan oleh reaksi kimia dari emisi gas buang dari mesin. Apa lagi jika ada kebocoran oli dari mesin ke knalpot dan jarang dibersihkan, pasti akan membuat knalpot akan menjadi mudah korosi.

Lontaran Batu

Posisi knalpot berada di bawah atau di kolong mobil juga rentan untuk terkena lontaran batu. Biasanya hal ini terjadi ketika mobil kamu sedang melaju di jalan berbatu atau berpasir.

Dampak dari Bocornya Knalpot

Ketika knalpot mengalami kebocoran, pastinya mempunyai pengaruh untuk mobil kamu. Untuk itu kamu perlu ketahui dampak dari knalpot mobil yang mengalami kebocoran berikut ini.

Mesin Kurang Bertenaga

Knalpot mobil yang bocor akan membuat tenaga mobil melemah. Kondisi tersebut akan semakin memburuk jika kebocoran pada knalpot tidak segera diperbaiki. Selain itu, konsumsi bahan bakar juga bisa menjadi lebih boros dari sebelumnya. Hal ini terjadi karena knalpot yang bocor membuat mesin tidak beranjak dari putaran rpm yang rendah.

Mesin Menjadi Berisik

Ketika knalpot mobil kamu mengalami kebocoran, pasti akan terdengar suara yang lebih yang lebih berisik dari bagian bawah mobil. Awalnya memang tidak terlalu keras, tapi jika tidak segera diperiksa atau diperbaiki bisa semakin keras dan berisik.

Bau Menyengat Masuk ke Dalam Kabin

Bau menyengat yang masuk ke dalam mobil bisa menjadi salah satu tanda bahwa knalpot mobil kamu mengalami kebocoran. Bau asap pembuangan yang masuk ke kabin cukup berbahaya untuk kesehatan. Asap pembuangan yang terus menerus terhirup akan menyebabkan kematian.

Pos Terbaru

Perbedaan Poles,Waxing, dan Sealant pada Cat Mobil

Mobil yang ingin tampil kinclong tak cukup jika hanya dicuci saja. Kamu juga bisa melakukan… Read More

13 jam lalu

Ketahui Fungsi Towing Bar Pada Mobil

Towing bar merupakan salah satu aksesoris atau perlengkapan menderek yang digunakan beberapa orang untuk pemilik… Read More

1 hari lalu

Jenis-Jenis Antena Mobil yang Beredar di Pasaran

Antena mobil digunakan untuk menangkap sinyal pada perangkat elektronik yang berada di dalam mobil, seperti… Read More

3 hari lalu

“Ingat Velg, Ingat HSR” Official Theme Song HSR Wheel

HSR Wheel telah meluncurkan official theme song-nya yang berjudul “Ingat Velg, Ingat HSR”. Lagu ini… Read More

4 hari lalu

Cairan Water Repellent, Bikin Kaca Mobil Lebih Jelas Saat Hujan

Kaca mobil merupakan salah satu komponen penting penunjang keselamatan saat berkendara. Sebab, hal ini sangat… Read More

5 hari lalu

Pakai Ban Beda Merek, Apakah Aman?

Ban adalah salah satu komponen yang perannya sangat penting dalam menunjang keselamatan. Maka, ban yang… Read More

6 hari lalu